Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Mobil bekas semakin mahal

Mobil bekas semakin mahal


New York
Bisnis CNN

Harga tinggi dan kenaikan suku bunga membuat mobil bekas tidak terjangkau oleh semakin banyak pembeli mobil.

Ini kabar buruk bagi CarMax, dealer mobil bekas terbesar di Tanah Air. CarMax melaporkan Kamis bahwa labanya turun 54% karena jumlah mobil yang terjual pada kuartal tersebut turun 6,4% dibandingkan tahun lalu.

Perusahaan menyalahkanTantangan Keterjangkauan Mobil yang berasal dari tekanan inflasi yang meluas, serta suku bunga yang lebih tinggi dan kepercayaan konsumen yang lebih rendah.”

Meskipun harga yang lebih tinggi mendorong pendapatan perusahaan secara keseluruhan, hasilnya jauh dari ekspektasi analis yang disurvei oleh Refinitiv. Ini telah memicu lonceng alarm bagi investor. Carmax

(KMX)
Saham turun lebih dari 24% Kamis, dan saham pengecer mobil lainnya juga terpukul. Stok mobil bekas pesaing Carvana

(kain kafan)
menurun sekitar 23% dan AutoNation

(SEBUAH)
, dealer mobil baru terbesar di negara itu, turun 10%. Saham banyak pembuat mobil, termasuk General Motors

(GM)
s, Ford

(F)
dan Stellantis dan Tesla

(TSLA)
Itu juga kurang.

Harga mobil terus meningkat selama dua tahun terakhir, karena kelangkaan suku cadang, terutama chip komputer, memiliki pasokan terbatas dalam menghadapi permintaan konsumen yang kuat. Harga tinggi itu adalah faktor utama secara umum tekanan inflasi Hampir 40% rumah tangga Amerika membeli mobil setiap tahun.

Upaya untuk menurunkan harga diminta Federal Reserve menaikkan suku bunga pada kecepatan bersejarah dalam beberapa bulan terakhir karena bank sentral mencoba untuk meredakan permintaan konsumen dan memperlambat ekonomi.

Harga mobil bekas – meskipun turun 2% pada Agustus dari level rekor yang ditetapkan pada Januari – masih 48% lebih tinggi daripada Agustus 2019, menurut Indeks Harga Konsumen, ukuran inflasi utama. Harga Mobil Baru Ini mencapai rekor pada bulan Agustus, naik 30% selama tiga tahun terakhir.

READ  Apakah resesi akan datang? Tanda-tanda ekonomi mulai runtuh

CarMax melaporkan harga jual rata-rata kendaraan sebesar $28.657 dalam tiga bulan hingga Agustus, naik 9,6% dari tahun sebelumnya, tetapi turun 1% dari kuartal sebelumnya.

Menurut eksekutif CarMax, bukan hanya biaya pembelian dan pembiayaan mobil yang membebani penjualan. Tekanan keseluruhan pada anggaran keluarga dari kenaikan harga di seluruh papan telah menjadi masalah.

toko grosir CEO CarMax William Nash mengatakan pada panggilan dengan investor. “Kepercayaan konsumen, tentu saja selama kuartal, yang merupakan level terendah dalam sejarah baru-baru ini, maksud saya itu di bawah puncak epidemi. Jadi saya pikir konsumen memprioritaskan pengeluaran mereka sedikit berbeda.”

Hasil perusahaan juga dirugikan oleh peningkatan cadangan untuk menutupi potensi kerugian pinjaman di lengan keuangannya. CarMax lebih dari dua kali lipat dari $35,5 juta yang disimpan sebagai cadangan setahun yang lalu menjadi $75,5 juta pada akhir kuartal terakhir.