April 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Meskipun ketegangan meningkat, China akan bergabung dengan latihan angkatan laut multilateral Indonesia

Meskipun ketegangan meningkat, China akan bergabung dengan latihan angkatan laut multilateral Indonesia

BEIJING, 31 Mei (Reuters) – China akan mengirim kapal perang ke latihan angkatan laut multilateral bulan ini oleh Indonesia, yang juga mengundang Korea Utara, Rusia, Korea Selatan dan Amerika Serikat, di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan Asia-Pasifik. wilayah.

Latihan itu dilakukan ketika China dan Amerika Serikat meningkatkan diplomasi militer di kawasan itu, dengan seringnya pertempuran kecil dengan sekutu dan mitra di sekitar Taiwan, Laut China Selatan yang sibuk, dan Pasifik barat.

Angkatan Laut China akan mengirim kapal perusaknya Zhanjiang dan fregat Xuchang, keduanya dilengkapi dengan peluru kendali, ke Latihan Angkatan Laut Multilateral Komodo (MNEK) 2023, kata Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu.

Desember lalu, Indonesia mengatakan telah mengundang angkatan laut dari 47 negara, termasuk China, untuk mengikuti latihan di Makassar dari 4 hingga 8 Juni. Latihan ini merupakan latihan keempat setelah latihan pertama pada tahun 2014 lalu.

Latihan Komodo terakhir dilakukan pada 2018 sebelum penangguhan terkait Covid-19. China juga mengerahkan dua kapal perang pada saat itu, kapal perusak Changsha dan fregat Liuzhou, keduanya dilengkapi dengan peluru kendali.

Pekan lalu, militer China mengatakan sedang merencanakan latihan bersama, Amanah Yui-2023, dengan beberapa negara di kelompok regional ASEAN, termasuk Kamboja, Laos, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Amerika Serikat, Jepang, dan Filipina mengadakan latihan maritim tiga arah di Laut Cina Selatan minggu ini.

China dan AS saling menuduh melakukan manuver militer, mulai dari latihan militer China di sekitar Taiwan, yang dianggapnya sebagai provinsi, hingga pangkalan baru AS di Filipina yang memicu ketegangan dan mengancam perdamaian di wilayah tersebut.

Dilaporkan oleh Albee Zhang dan Ryan Wu; Diedit oleh Clarence Fernandez

READ  Persaingan internasional yang ketat di industri furnitur mendorong meningkatnya daya saing Himki Indonesia

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.