Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Manchester United: Menjelaskan Kesepakatan Sir Jim Ratcliffe dengan Glazers dan Apa Artinya Bagi Klub Liga Premier |  berita sepak bola

Manchester United: Menjelaskan Kesepakatan Sir Jim Ratcliffe dengan Glazers dan Apa Artinya Bagi Klub Liga Premier | berita sepak bola

Berita Olahraga Langit Kepala koresponden Café Solhichol menjelaskan apa arti pengambilalihan 25 persen saham Manchester United oleh Sir Jim Ratcliffe bagi klub di masa depan…

Apakah kesepakatan telah ditandatangani sepenuhnya?

Rumit sekali, mereka membeli 25 persen saham Kelas B milik keluarga Glazer.

Sekarang ini adalah saham dengan hak suara super, jadi meskipun keluarga Glazer hanya memiliki 69 persen saham Manchester United, saham mereka sudah memiliki hak suara, artinya mereka memiliki 97 persen saham klub tersebut. Mereka bisa membuat semua keputusan besar.

Ratcliffe dan Ineos membeli 25 persen saham tersebut, dan juga menawarkan untuk membeli 25 persen saham Kelas A – saham yang tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek New York.

Mereka menawarkan $33 per saham, yaitu sekitar £26, jumlah yang sama dengan yang mereka tawarkan kepada Glazers, dan dewan direksi merekomendasikan kepada pemegang saham NYSE untuk menerima tawaran $33 per saham ini, karena itu jauh dari itu. lebih dari yang mereka perdagangkan.

Saya kira hal itu akan terwujud dan memerlukan waktu karena harus melalui proses regulasi di New York Stock Exchange. Mereka juga harus melalui proses regulasi Liga Premier yang memakan waktu enam hingga delapan minggu.

Berapa sebenarnya nilai Sir Jim Ratcliffe?

Kekayaannya dikatakan antara £10 miliar dan £20 miliar.

Apakah dia akan mengambil alih secara langsung?

Tidak ada perjanjian resmi yang memperbolehkan Sir Jim Ratcliffe membeli salah satu saham keluarga Glazer di masa depan, namun bos Ineos berhak menolak terlebih dahulu atas saham apa pun yang mereka jual di masa depan.

Siapa yang akan membawanya?


gambar:
Mantan CEO Juventus dan Paris Saint-Germain Jean-Claude Blanc

Akan ada CEO baru, karena Richard Arnold sudah hengkang. Ada kemungkinan orang tersebut adalah Jean-Claude Blanc, seseorang yang sudah bekerja di INEOS dan juga pernah memegang posisi eksekutif senior di Juventus dan Paris Saint-Germain. Hal ini sangat dihargai. Dia mungkin menjadi CEO berikutnya, dia telah terlibat dalam diskusi.

Direktur perekrutan sepak bola yang baru bisa jadi adalah Paul Mitchell, seseorang yang sebelumnya juga sukses di Southampton, Tottenham, dan Monaco. Dia saat ini menganggur dan tinggal di dekat Old Trafford, juga di barat laut.

Ada juga nama-nama lain yang ikut bergabung. Ada pembicaraan tentang Dan Ashworth, yang telah melakukan pekerjaan fantastis di FA, Brighton, dan sekarang Newcastle United. Namun saya tidak yakin dia ingin hengkang, karena Newcastle berada dalam posisi bagus saat ini.

Apa peran Dave Brailsford?

Sir Dave Brailsford diperkirakan akan duduk di dewan klub Inggris Manchester United bersama Jean-Claude Blanc.

Brailsford berperan di INEOS di mana dia mengawasi semua minat olahraga mereka. Sekarang dia adalah seseorang yang mengenal Sir Alex Ferguson, dan Jim Ratcliffe juga mengenalnya dan pernah bertemu dengannya.

READ  Kejuaraan Gulat Sepuluh Besar 2023, Hasil

Saya hanya ingin tahu apakah Sir Alex Ferguson juga terlibat dalam hal ini, mungkin menggunakan pengaruhnya untuk meyakinkan keluarga Glazer bahwa Jim Ratcliffe dan Eneos adalah orang yang tepat untuk dihadapi.


gambar:
Rekor bersepeda Sir Dave Brailsford

Namun Dave Brailsford adalah seseorang yang meraih kesuksesan luar biasa dalam bersepeda, dan dia mencoba menerjemahkan kesuksesan itu ke dalam olahraga lain, dan juga sepak bola.

Dia adalah seseorang yang memikirkan keuntungan marjinal – 'Saya akan pergi ke Manchester United dan saya bisa meningkatkan segalanya sebesar 2% dan kita bisa mengubahnya.'

Bagaimana cara kerjanya?

Kepala koresponden Sky Sports News Kaveh Solhekol menyelidiki mengapa keluarga Glazer dengan senang hati menyerahkan operasi sepak bola kepada INEOS sebagai bagian dari pengambilalihan 25% dan bagaimana hal itu akan berhasil dalam hal transfer dan keputusan klub besar.

Kita akhirnya sampai di sana, tapi sudah sampai di mana?

Ini adalah sebuah langkah menuju ketidakpastian, karena kita telah mencapai situasi di mana seseorang membeli 25 persen saham sebuah klub sepak bola. Tapi dia mendominasi operasi sepak bola, dan keluarga Glazer memberikan 25 persen operasi sepak bola, yang menurut saya merupakan pengakuan kegagalan.

Mereka pada dasarnya mengatakan, sejak Sir Alex Ferguson pergi, kami belum melakukan tugas kami di lapangan, kami sudah mencoba segalanya, kami mendukung manajer, kami memberi mereka uang – namun tidak berhasil. Sekarang orang-orang baru ini telah masuk, mereka hanya akan memiliki 25% saham klub, tapi kami akan memberi mereka kendali atas sepak bola.

Garis waktu pengambilalihan Manchester United

  • 22 November 2022: Keluarga Glazer mengkonfirmasi bahwa mereka terbuka untuk menjual, namun mengatakan opsi lain “termasuk investasi baru” akan dipertimbangkan.
  • 17 Februari 2023: Sir Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani mengajukan tawaran bersaing untuk Manchester United. Pemain asal Qatar itu ingin membeli 100% saham klub.
  • 18 Februari 2023: Dana lindung nilai AS Elliott Management mengajukan tawaran untuk berinvestasi di Manchester United
  • 28 Februari 2023: Keluarga Glazer telah dipecah untuk dijual setelah tawaran gagal memenuhi penilaian £6 miliar.
  • 5 Maret 2023: Sheikh Jassim dan Ratcliffe mencapai tahap proses selanjutnya dengan presenter yang tidak disebutkan namanya.
  • 10 Maret 2023: Elliott Management telah mencapai tahap kedua penjualan Manchester United.
  • 16 dan 17 Maret 2023: Grup Qatar dan Sir Jim Ratcliffe bertemu dengan Grup Ryan di Old Trafford sebelum diberikan akses terhadap informasi keuangan rinci. Syekh Jassim menjauh.
  • 22 Maret 2023: Rennes memperpanjang batas waktu penawaran kedua menyusul permintaan dari Sheikh Jassim dan Ratcliffe. Elliott Management mengajukan penawaran untuk saham minoritas sebelum batas waktu yang ditentukan.
  • 23 Maret 2023: Ratcliffe mengajukan tawaran keduanya.
  • 24 Maret 2023: Sheikh Jassim melakukan upaya keduanya.
  • 11 April 2023: Keluarga Glazer membawa penjualan ke putaran ketiga di mana pihak yang berkepentingan diminta untuk menyerahkan penawaran akhir pada akhir April.
  • 28 April 2023: Sheikh Jassim mempersembahkan penampilan rekor dunia. Ratcliffe pun mengajukan tawarannya sebelum batas waktu.
  • 16 Mei 2023: Sheikh Jassim mengajukan tawaran keempat sekitar 5 miliar pound sterling. Tawaran INEOS menilai Manchester United dengan harga lebih tinggi tetapi tidak untuk seluruh klub dan akan memberi kesempatan kepada Glazers untuk mempertahankan 20 persen saham.
  • 7 Juni 2023: Sheikh Jassim menyajikan tawaran perbaikan kelima.
  • 14 Oktober 2023: Sheikh Jassim menarik diri dari operasi tersebut.
  • 14 Oktober 2023: Sir Jim Ratcliffe akan menyetujui kesepakatan senilai £1,2 miliar untuk 25 persen
  • 24 Desember 2023: Sir Jim Ratcliffe mengakuisisi 25% saham Manchester United
READ  Abramovich menawarkan Chelsea FC untuk dijual saat tuntutan sanksi meningkat

Dengan cara yang juga cocok untuk keluarga Glazer, karena mereka bisa mengambil langkah mundur dan berharap jika terjadi kesalahan di lapangan, bukan mereka yang harus disalahkan, melainkan Ratcliffe dan Eneos yang akan disalahkan.

Namun ketika saya berbicara dengan orang-orang tentang kesepakatan ini selama beberapa hari terakhir, mereka berkata, 'Bagaimana cara kerjanya?'

Pemodal sepak bola Kieran Maguire menjelaskan keuntungan yang diperoleh keluarga Glazer dari menjual 25% saham Manchester United kepada Sir Jim Ratcliffe.

Anda hanya memiliki suara tambahan di ruangan itu sekarang. Jadi, ketika menyangkut perekrutan pemain, misalnya, atau memecat manajer, Anda hanya memiliki lapisan tambahan, pemilik tambahan yang akan ikut campur dalam pengambilan keputusan tersebut.

Kita diberitahu bahwa Ratcliffe dan Eneos akan mengendalikan operasi sepak bola, namun pada akhirnya, mereka hanya memiliki 25 persen saham klub. Akankah hal ini benar-benar terjadi di masa depan jika keadaan menjadi lebih buruk?

Bagaimana rekam jejaknya dalam berbisnis?

Jurnalis Andy Mitten menjelaskan apa arti pengambilalihan Manchester United oleh Sir Jim Ratcliffe bagi Erik Ten Hag dan apa yang dibutuhkan tim untuk membalikkan keadaan.

Rekam jejaknya dalam bisnis luar biasa, sebagai seseorang yang kuliah, memulai bisnis, mulai membeli aset dari perusahaan minyak yang tidak lagi diinginkannya, dan membangun salah satu perusahaan petrokimia terbesar di dunia.

Rekornya dalam olahraga beragam. Dia membeli Team Sky (tim bersepeda), menamainya INEOS Grenadiers, memiliki rekor yang beragam, dan tidak lagi sesukses dulu.

Di Formula 1, mereka membeli saham besar di Mercedes F1, yang tidak berjalan baik karena Red Bull memimpin, dan juga terlibat dalam pelayaran.

Itu sangat beragam. Tapi dia adalah seseorang yang mengira dirinya dikelilingi oleh orang-orang yang sangat pintar, dan dia juga sangat pintar.

READ  Senator meminta Monahan, Elramian, dan Norman untuk menghadiri sesi 11 Juli

Bagaimana dengan sepak bola?

Dia berinvestasi dalam sepak bola. Saya tidak berpikir Lausanne adalah permainan yang serius untuk memasuki dunia sepak bola, ini lebih tentang membantu klub populer yang dekat dengan kantor pusat INEOS di Swiss. Situasi di sana sangat beragam, mereka pernah terdegradasi beberapa kali, namun saya pikir ini tentang membantu generasi muda Swiss dan sepak bola Swiss di tingkat akar rumput.

Dia menerimanya, dia ingin menjadikan mereka klub Liga Champions dan menantang PSG. Itu sangat beragam. Saya pikir mereka finis di urutan keenam, kesembilan, kelima, dan kesembilan.

Mereka berada dalam kondisi yang jauh lebih baik saat ini, mereka memiliki direktur olahraga baru yang akan berusaha mencari pemain muda yang sangat bagus, mereka juga memiliki manajer muda baru yang sangat menjanjikan dan berada di urutan kedua di Ligue 1.

Mengapa menurutnya dia bisa mengembalikan masa-masa indah?

Dia telah mencapai kesuksesan luar biasa dalam bisnis.

Dia melihat sepak bola dan apa yang dilakukan orang-orang dalam sepak bola dan percaya bahwa dengan pengalaman saya dalam bisnis, saya bisa menerjemahkannya ke dalam sepak bola juga – dan apa yang akan saya lakukan di Manchester United adalah meningkatkan segalanya sebesar dua persen: pelatihan, rekrutmen, analisis data , nutrisi., pelatihan, infrastruktur, semuanya akan membaik.

Jika Anda meningkatkan segalanya sebesar 2%, secara umum, Anda akan meningkatkan segalanya sepenuhnya dan Anda dapat mengubah Manchester United kembali ke kejayaannya.

Berapa banyak yang akan dihabiskan untuk stadion?


gambar:
Old Trafford telah menjadi markas Manchester United sejak tahun 1910

Kami diberitahu bahwa mereka akan segera menginvestasikan $200 juta setelah kesepakatan di bidang infrastruktur selesai, yaitu sekitar £158 juta.

Jika berbicara tentang Old Trafford, apa yang Anda dapatkan dengan harga £158 juta? Atap baru jika Anda beruntung. Anda tidak akan mendapatkan stadion baru.

Stadion Tottenham mungkin adalah stadion terbaik di dunia, dengan biaya hingga £1 miliar. Stadion di Amerika Serikat, salah satu yang terbaik di dunia, menelan biaya sekitar £2 miliar.

Jadi, ini tidak akan mengubah apapun. Saya pikir Syekh Jassim mengklaim bahwa dia akan menginvestasikan £1,5 miliar untuk infrastruktur, jadi ini bukanlah sebuah terobosan.

Akankah rival United khawatir?

Orang-orang yang menjalankan Manchester City, Liverpool, Chelsea, Arsenal, dan orang-orang yang menjalankan Tottenham tidak akan kehilangan waktu tidurnya atas fakta bahwa Jim Ratcliffe telah tiba.

Dia seorang pebisnis yang brilian, namun penilaiannya masih belum jelas mengenai apa yang telah dia capai dalam sepak bola dan apa yang bisa dia capai dengan hanya memiliki 25 persen saham di klub.