Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

‘Luar biasa besar’: Temui titanosaurus yang mengerdilkan Dippy si Diplodocus | dinosaurus

Ini akan menjadi salah satu pameran terbesar yang pernah menghiasi museum Inggris. di musim semi , Museum Sejarah Alam Di London, kerangka titanosaurus, makhluk yang sangat besar sehingga harus tanpa sepatu, akan dipajang di Waterhouse Gallery setinggi 9 meter.

Salah satu makhluk terbesar yang pernah berjalan di Bumi. Walikota Patagotitan Itu adalah raksasa seberat 57 ton yang akan mengguncang bumi saat menginjak-injak tanah kelahirannya yang sekarang menjadi Patagonia modern. Kerangka itu berukuran panjang 37 meter dan tinggi 5 meter – jauh lebih besar dari dinosaurus paling terkenal di museum, Diplodocus, yang menjulang di pameran utamanya.

“Ukuran makhluk ini luar biasa,” kata pakar dinosaurus di museum, Profesor Paul Barrett. “Bahkan ketika Anda melihatnya di samping salah satu hewan raksasa saat ini, seperti gajah, itu hanya membuat mereka kerdil. Dia rendah hati.”

apa yang tersisa dari Walikota Patagotitan Terungkap pada tahun 2010 ketika seorang pemilik peternakan di Patagonia menemukan tulang paha raksasa yang menonjol dari tanah. Ahli paleontologi Argentina kemudian menggali lebih dari 200 potongan kerangka, sisa-sisa setidaknya enam hewan individu.

Cetakan tulang ini dibuat oleh Museo Paleontológico Egidio Feruglio di Trelew, Patagonia, dan cetakan ini membentuk kerangka yang akan dipajang di London pada bulan Maret.

“Jumlah tulang yang telah ditemukan merupakan harta karun material,” kata Sinead Maron, kurator utama. “Ini berarti kita sekarang tahu lebih banyak tentang spesies ini daripada banyak dinosaurus lainnya.”

Walikota Patagotitan Itu hidup sekitar 100 juta tahun yang lalu, selama periode Cretaceous akhir, menjelang akhir pemerintahan dinosaurus di Bumi. Itu adalah salah satu dari tiga atau empat spesies titanosaurus terbesar yang sekarang dikenal sains. Makhluk-makhluk ini dibangun seperti jembatan gantung dengan tulang punggung besar, leher lebar untuk mengumpulkan makanan dari pohon, dan ekor untuk memberikan keseimbangan.

READ  Ilmuwan menumbuhkan tanaman di tanah bulan untuk pertama kalinya

“Mereka adalah herbivora yang melahap tanaman dan daun dan memfermentasinya di perut mereka yang besar, menghasilkan metana dalam jumlah besar sebagai produk sampingan – jadi Anda tidak ingin berada di belakang salah satu hewan ini,” kata Barrett. “Faktanya, beberapa orang berpendapat bahwa dinosaurus pemakan tumbuhan seperti ini memuntahkan banyak metana yang berkontribusi pada efek rumah kaca yang kemudian dikendalikan planet ini.”

Maroun menambahkan bahwa meskipun makhluk besar ini memiliki berat lebih dari sembilan gajah, mereka terlihat lebih kecil dari bayi. Ia menambahkan, “Sebagai bagian dari pameran, kami menampilkan fosil telur dinosaurus dengan diameter sekitar 15 cm, yang lebih kecil dari bola sepak.” “Sejak itu hewan itu tumbuh hingga sepanjang 37 meter.”

Banyak misteri masih menyelimuti Walikota Patagotitan, Namun. “Anda menemukan sisa-sisa dinosaurus besar di banyak tempat, tetapi di Patagonia Anda menemukan dinosaurus yang sangat besar, seperti titanosaurus,” kata Barrett. “Apakah ada sesuatu yang istimewa tentang lingkungan di daerah tersebut saat ini atau apakah kita sangat sial karena tidak menemukan sisa-sisa titanosaurus di tempat lain?”

Juga tidak jelas mengapa keenam hewan itu mati begitu berdekatan. “Mereka semua tumbuh hampir mati total dan mati di lokasi yang sama,” kata Maroun. “Tapi kenapa? Apa yang bisa melakukan itu? Tidak jelas, meski misteri memberi dimensi tambahan pada kisah hewan luar biasa ini.”

Titanosaurus: Life as the Greatest Dinosaur dibuka pada 31 Maret tahun depan sampai 7 Januari 2024.