Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Listrik padam sebentar di New York City

Listrik padam sebentar di New York City

Pemadaman listrik sementara menyebabkan lampu berkedip-kedip di sebagian besar Kota New York pada Kamis malam, diikuti oleh apa yang digambarkan oleh para saksi sebagai ledakan dan asap yang mengepul di gardu listrik di Brooklyn, kata pihak berwenang.

Con Edison, perusahaan listrik, gas dan uap yang melayani 10 juta orang di New York City dan Westchester County, mengatakan sebuah peralatan listrik bertegangan tinggi mengalami korsleting, menyebabkan arus listrik besar di gardu induk dekat Jembatan Manhattan di New York. Sungai Timur pada 11:55 malam

Sebuah sistem perlindungan diaktifkan untuk mengisolasi peralatan yang rusak tersebut, sehingga menyebabkan penurunan tegangan singkat yang menyebabkan lampu di seluruh kota berkedip selama sekitar satu detik, kata presiden perusahaan Matthew Kitschke kepada wartawan Jumat pagi.

“Mungkin sebagian besar warga New York melihatnya,” katanya, seraya menambahkan bahwa orang-orang di daerah sekitar mungkin juga mengalami kilatan petir, karena Con Edison terhubung ke jaringan listrik yang lebih luas.

“Sistem kelistrikan di seluruh Amerika Utara benar-benar saling berhubungan,” lanjutnya. “Jadi energi yang mengalir di sini juga terhubung ke sistem yang melayani Long Island, Westchester County, dan New Jersey.”

Con Edison mengatakan dalam sebuah pernyataan Jumat pagi bahwa pemadaman listrik disebabkan oleh “kerusakan pada saluran transmisi tegangan tinggi,” dan bahwa kru sedang menyelidiki penyebab pasti dari korsleting tersebut. Ia menambahkan, tidak ada gangguan layanan, kecuali gangguan sesaat.

Sebelum listrik padam, karyawan Con Edison sedang memulihkan saluran transmisi di gardu induk, kata juru bicara Departemen Kepolisian New York, mengutip hasil penyelidikan awal.

Pemadaman listrik menyebabkan lonjakan listrik di seluruh kota, namun tidak ada laporan korban cedera, aktivitas kriminal, atau gangguan lain terhadap layanan apa pun, kata juru bicara tersebut melalui telepon.

READ  Saham Bumble jatuh ketika pendiri Wolfe Herd mengundurkan diri sebagai CEO

Departemen Pemadam Kebakaran New York mengatakan petugas pemadam kebakaran sedang merespons pemadaman listrik dan kerusakan elevator di lokasi-lokasi di seluruh kota pada Jumat pagi.

Semua lift dan eskalator di Stasiun Grand Central tidak berfungsi selama beberapa waktu, menurut A penyataan dari Long Island Rail Road, sistem kereta api yang membentang dari Manhattan ke ujung timur Suffolk County di Long Island.

Ketschke mengatakan, operasi penyelamatan elevator dilakukan di sekitar 10 lokasi di kota tersebut akibat pemadaman listrik. Ia mengatakan beberapa peralatan listrik untuk elevator dan eskalator sensitif terhadap fluktuasi daya sesaat dan perlu diatur ulang.

Saksi mata yang melihat ke dalam gardu induk menggambarkan lampu di apartemen mereka berkedip dua kali dengan cepat, diikuti dengan ledakan di gardu induk. Orang-orang membagikan kisah mereka tentang pemadaman dan ledakan di media sosial.

“Lampu menyala sebentar dua kali,” Sean Scott, 30, seorang insinyur perangkat lunak yang berada di rumahnya di Manhattan, mengatakan melalui telepon. “Saya melihat ke luar dan melihat beberapa lampu jalan berkedip.”

“Kemudian saya merasakan sedikit ledakan dan saya melihat bola api dan saya melihat asapnya,” tambah Mr. Scott, yang mengatakan bahwa dia dapat melihat sebagian besar Brooklyn dari apartemennya.

Anna Dee, 32, seorang ahli osteopati Manhattan, menggambarkan ledakan itu sebagai “cahaya oranye” yang menghilang dalam hitungan detik, meninggalkan asap abu-abu mengepul dari gardu induk.

“Sungguh mengejutkan melihat bola api itu menembus air,” katanya melalui telepon.