Oktober 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Lira Turki jatuh karena perubahan kebijakan Erdogan gagal diterapkan

Lira Turki jatuh karena perubahan kebijakan Erdogan gagal diterapkan

Lira Turki jatuh ke rekor terendah baru pada 23 Juni setelah bank sentral menaikkan suku bunga kemarin sebesar 6,5 persen, Reuters tersebut.

Kenaikan tajam suku bunga, yang membalikkan kebijakan moneter Presiden Recep Tayyip Erdogan sebelumnya yang tidak konvensional, jauh dari ekspektasi pasar, menyebabkan lira ambruk 2,8 persen hari ini.

Pada level terendahnya di awal perdagangan, lira telah kehilangan 27 persen terhadap dolar sejak awal tahun.

Bank sentral Turki menaikkan suku bunga utamanya sebesar 6,5 persen menjadi 15 persen penuh pada Kamis, 22 Juni, dengan harapan dapat menjinakkan inflasi. Namun, para analis memperkirakan gubernur bank sentral yang baru, Hafiz Gay Erkan, akan menaikkan suku bunga menjadi hampir 21 persen.

Tetap saja, Erkan, mantan eksekutif Wall Street di Goldman Sachs dan First Republic, tampaknya siap menaikkan suku bunga di masa depan.

Komite Kebijakan Bank Sentral Dia berkata Pengetatan moneter “akan diperkuat sesuai kebutuhan secara tepat waktu dan bertahap sampai peningkatan ekspektasi inflasi yang signifikan tercapai.”

Komite mengatakan menaikkan suku bunga “untuk membangun jalan memerangi inflasi sedini mungkin, untuk menetapkan ekspektasi inflasi, dan untuk mengendalikan penurunan perilaku harga.”

Kenaikan suku bunga adalah pembalikan tahun pelonggaran moneter. Erdogan memangkas suku bunga menjadi 8,5% dari 19% pada tahun 2021 dengan harapan memacu produksi dan ekspor dalam negeri, tetapi kebijakannya yang tidak ortodoks telah membuat inflasi dalam ekonomi Turki melaju ke level rekor.

Tingkat inflasi tahunan turun menjadi 40 persen di bulan Mei setelah mencapai level tertinggi dalam 24 tahun lebih dari 85 persen di bulan Oktober tahun lalu.

Erdogan menunjuk Kepala Bank Sentral Erkan setelah memenangkan pemilihan bulan lalu, dan tidak jelas berapa banyak kebebasan yang dia miliki untuk membuat keputusan independen dari presiden Turki.

READ  Metaverse: Anda tidak bisa berjalan di tanah ini atau membangun rumah, tapi sebidang tanah masih bisa dijual seharga ribuan pound | berita sains dan teknologi

Tokoh Barat ramah lainnya, ekonom dan politikus, Mehmet Simsek, juga diangkat menjadi Menteri Keuangan setelah terpilihnya Erdogan.

Meskipun Ergodan berhasil mempertahankan kekuasaan selama 5 tahun lagi, dia mendapat kecaman keras dari para pemilih karena salah urus ekonominya baru-baru ini, yang mendorong perubahan kebijakannya baru-baru ini.

Reuters pria bahwa “beberapa analis telah menyatakan keraguan tentang komitmen Erdo─čan untuk meninggalkan dirinya yang tidak ortodoks, dengan mengutip contoh pergeseran masa lalunya dalam politik ortodoks hanya untuk segera berubah pikiran.”