Sorong, Semarak.News – Tim Satuan tugas (Satgas)  Covid-19 Kota Sorong menegaskan orang yang baru datang dari luar daerah yang masuk ke kota Sorong wajib hukumnya untuk dipantau secara serius dan harus dikarantina secara mandiri untuk dicek kesehatannya lebih lanjut.

“Kondisi saat ini jangan kita main-main , dan ini masalah serius. Covid-19 ini adalah masalah virus yang sangat berbahaya dan penularannya sangat cepat. Sehingga siapapun dia kembali setelah bepergian, itu wajib hukumnya harus isolasi mandiri,” tegas Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Sorong yang juga merupakan kepala dinas Kesehatan Kota Sorong, Herman Kalasuat dalam pertemuan Satgas di gedung Samusiret, Senin (23/3).

Rencana kegaiatan-kegaiatan di luar daerah,baik itu ASN ataupun masyarakat pada umumnya, kata dia, untuk sementara ini dihentikan. “Ini kita waspada tinggi dan kita tidak main-main lagi, butuh pengawasan kita bersama,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Sorong, Hendrikus Momot juga menambahkan pihaknya akan mengumpulkan semua ketua dan kepala Organisasi, LSM dan lembaga-lembaga masyarakat, dan tokoh agama di Kota Sorong agar mulai saat ini hentikan kegiatan yang melibatkan banyak orang.

“Ini perlu kita serius menindak lanjuti sebagaimana instruksi pemerintah pusat dan pemerintah daerah bahwa untuk sementara masyarakat kurangi aktivitas di luar rumah yang melibatkan banyak orang,” jelasnya.

Pihaknya menegaskan untuk masalah pernikahan untuk sementara tidak dilarang, namun hanya acara resepsi tidak diperbolehkan untuk sementara waktu sampai situasi betul-betul pulih. “Jadi boleh nikah, tapi kalau buat acaranya untuk sementara waktu jangan. Akan kita pantau. Kalau ada cara akan kita bubarkan,” tegasnya.

Sumber: https://papuabaratpos.com/satgas-tegaskan-orang-datang-dari-luar-daerah-harus-dipantau/

LEAVE A REPLY