Sorong, Semarak.News –  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia mencanangkan gerakan aksi bagi sejuta masker kepada masyarakat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. Untuk mewujudkan itu, dilakukan aksi secara serentak di seluruh Indonesia.

Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kemenkes Sorong pun turut ambil bagian dalam gerakan bagi sejuta masker tersebut. Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Sorong, Ariani Pongoh, S.ST. M.Kes menjelaskan tujuan dari berbagi 1 Juta masker kepada masyarakat ini, untuk mengedukasi masyarakat bahwa masker itu, merupakan salah satu cara  yang tepat dan benar untuk menghindari diri dari penularan virus Covid-19.

Pembagian masker ini, kata Ariani, dilakukan dibeberapa titik buat penguna jalan yang memakai kendaraan roda dua yang tidak mengunakan masker, lalu ke panti-panti asuhan, nelayan, petani yang kebetulan sedang berkebun, dan ke rumah-rumah ibadah seperti gereja, mesjid dan pura.  “Pembagian masker dilakukan dibeberapa titik sebagai perkenalan atau menginformasikan tujuan dari pengunaan masker dimasa pandemik saat ini, jelas Ariani ketika ditemui Papua barat Pos, di lingkungan Poltekkes Sorong, Kamis (27/8).

Kemudian dalam aksi tersebut, Ariani katakan pihaknya, turut  menginformasikan mengunakan masker, dan cara-cara lain yang tepat dan benar yaitu sering mencuci tangan mengunakan sabun, menyediakan hand sanitizer, dan berolahraga ringan, karena hal itu mudah sekali dilakukan seperti berjemur dibawah terik matahari pada jam 10.00-11.00 WIT dengan berjemur sekitar 30 menit untuk meninggalkan daya tahan tubuh. Selain itu, tetap menjaga jarak minimal 1 meter itu adalah hak yang sangat penting dilakukan untuk menghindari diri dari penyebaran Covid-19.

Untuk kegiatan hari ini yang dilakukan hanya membagikan masker, namun untuk pembagian lainnya telah disalurkan sebelum saat terjadi pandemik Covid-19. Dirinya berharap melalui gerakan sejuta masker ini, menjadi salah satu kebiasaan dan pada akhirnya menjadi suatu kebutuhan untuk melindungi diri dan orang disekitar. “Kalau semuanya sehat maka rakayat Indonesia akan kuat dalam menghadapi covid-19,”tutupnya.

Sumber: https://papuabaratpos.com/poltekes-kemenkes-sorong-aksi-bagi-sejuta-masker/

LEAVE A REPLY