Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

hulu

Ledakan besar di Akuarium Berlin, menimbulkan banjir kehancuran

Berlin — Sebuah akuarium besar di Berlin meledak, menumpahkan puing-puing, air, dan lebih dari seribu ikan tropis dari objek wisata AquaDom di jantung ibu kota Jerman, Jumat pagi.

Polisi mengatakan bagian bangunan, yang juga berisi hotel, kafe, dan toko cokelat, rusak ketika satu juta liter (264.000 galon) air menyembur keluar dari cekungan sesaat sebelum pukul 06:00 (0500 GMT). Dinas pemadam kebakaran Berlin mengatakan dua orang luka ringan.

Perusahaan yang memiliki Aqua Dome, Union Investment Real Estate, mengatakan dalam sebuah pernyataan Jumat sore bahwa penyebab kecelakaan itu “masih belum jelas.”

Walikota kota, Franzisca Giffe, mengatakan kecelakaan itu melepaskan “tsunami nyata” air tetapi waktu dini hari mencegah lebih banyak cedera.

“Terlepas dari semua kehancuran, kami sangat beruntung,” katanya. “Kita bisa mengalami kerusakan manusia yang parah,” katanya, “kalau akuarium meledak satu jam kemudian, dan segera setelah orang-orang di hotel dan sekitarnya terbangun.”

AquaDom setinggi 25 meter (82 kaki) digambarkan sebagai tangki silinder terbesar di dunia dan merupakan rumah bagi lebih dari seribu ikan tropis sebelum kecelakaan itu. Di antara 80 spesies ikan di dalamnya terdapat blue tang dan ikan badut, dua spesies berwarna yang dikenal dari film animasi populer “Finding Nemo”.

Sayangnya, tidak satu pun dari 1.500 ikan yang diselamatkan, kata Giffy.

Upaya sedang dilakukan Jumat sore untuk menyelamatkan 400 hingga 500 ikan kecil yang berada di akuarium di bawah lobi hotel. Pejabat mengatakan tangki mereka tanpa listrik tidak menerima oksigen yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

“Sekarang pertanyaannya adalah mengevakuasi mereka dengan cepat,” Almut Neumann, seorang pejabat kota yang bertanggung jawab atas masalah lingkungan untuk distrik Mitte Berlin, mengatakan kepada dpa.

READ  Rishi Sunak akan menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya setelah mengalahkan saingannya dalam perlombaan untuk menggantikan Trus

Berbagai organisasi, termasuk Kebun Binatang Berlin, menawarkan untuk mengambil ikan yang masih hidup.

Sea Life, operator akuarium, mengatakan sedih dengan kejadian tersebut dan berusaha mendapatkan lebih banyak informasi tentang kejadian tersebut dari pemilik AquaDom.

Akuarium Sea Life pribadi terletak di gedung yang sama dan pengunjung dapat mengunjunginya dan AquaDom dengan satu tiket.

Ada spekulasi bahwa suhu beku yang turun hingga minus 10 °C (14 °F) dalam semalam menyebabkan retakan pada tangki kaca akrilik, yang kemudian pecah karena berat air. Polisi mengatakan tidak ada bukti bahwa kecelakaan itu adalah hasil dari permainan curang.

Polisi mengatakan sekitar 300 tamu dan staf dievakuasi dari hotel di sekitar baskom.

Sandra Weisser, seorang anggota parlemen Jerman yang menginap di hotel tersebut, mengatakan dia terbangun oleh ledakan besar dan berpikir mungkin akan terjadi gempa bumi.

“Pecahan (kaca) berserakan di mana-mana. Furnitur, semuanya, kebanjiran,” katanya. Ini terlihat seperti zona perang.”

Polisi mengatakan toko cokelat Lindt dan beberapa restoran di kompleks gedung yang sama, serta garasi parkir bawah tanah di sebelah hotel, mengalami kerusakan. Seorang juru bicara dinas pemadam kebakaran mengatakan pakar keselamatan bangunan sedang menilai kerusakan struktural hotel.

Beberapa jam setelah kecelakaan itu, truk mulai membersihkan puing-puing yang tumpah ke jalan di depan hotel. Bungkus cokelat Lindt berwarna cerah berserakan di depan gedung tempat toko cokelat itu rusak. Sekelompok kecil turis dan penonton mengambil gambar dari belakang garis polisi di seberang jalan.

Akuarium yang terakhir diperbarui pada tahun 2020 ini merupakan daya tarik wisata utama di Berlin. Salah satu daya tarik yang menarik adalah perjalanan lift selama 10 menit melalui reservoir tropis.

READ  Xi dan Putin diperkirakan akan bertemu untuk pertama kalinya sejak perang Ukraina | Bisnis dan Ekonomi

Kelompok hak-hak hewan PETA tweeted Kamis bahwa akuarium telah menjadi “jebakan maut” bagi ikan di dalamnya. “Tragedi buatan manusia ini menunjukkan bahwa akuarium bukanlah tempat yang aman bagi ikan dan kehidupan laut lainnya,” tulis mereka.

Eva Yudinsky, seorang turis Israel yang menginap di hotel tersebut, mengaku terkejut dengan kejadian tersebut

Dia berkata, “Baru kemarin kami melihatnya dan sangat kagum dengan kecantikannya. Tiba-tiba semuanya hilang. Semuanya berantakan, benar-benar berantakan.”