September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Lebih banyak penjual rumah menurunkan harga permintaan karena pasar perumahan melambat

Lebih banyak penjual rumah menurunkan harga permintaan karena pasar perumahan melambat

Daniel Acker | Bloomberg | Gambar Getty

Penjual rumah menjadi gugup, karena pasar perumahan mendingin dengan cepat.

Menurut Realtor.com, 1 dari 5 penjual di bulan Agustus menurunkan harga yang diminta. Setahun lalu, persentase itu hanya 11%.

Rata-rata rumah terjual di bawah harga jual untuk pertama kalinya dalam lebih dari 17 bulan selama periode empat minggu yang berakhir 28 Agustus, menurut laporan Redfin.

Rumah tidak dijual dengan kecepatan tinggi seperti yang mereka lakukan enam bulan lalu, ketika permintaan yang kuat bersatu melawan kurangnya pasokan, perang penawaran adalah norma, dan penjual sering kali bisa mendapatkan kontrak yang ditandatangani selama akhir pekan. Rumah di pasar pada bulan Agustus bertahan rata-rata lima hari lebih lama daripada tahun lalu — peningkatan tahunan pertama dalam waktu di pasar dalam lebih dari dua tahun.

Pasokan rumah untuk dijual juga meningkat pesat, naik hampir 27% dari tahun lalu, bahkan ketika lebih sedikit penjual yang memutuskan untuk mendaftar. Penjualan tertunda pada bulan Juli, yang mewakili kontrak yang ditandatangani pada rumah yang ada dan merupakan data penjualan terbaru yang tersedia, sekitar 20% lebih rendah dari Juli 2021, menurut National Association of Realtors.

“Bagi banyak pembeli saat ini, sedikit peningkatan dalam opsi rumah untuk dijual menghilangkan rasa urgensi yang mereka rasakan selama dua tahun terakhir, ketika persediaan langka,” kata Danielle Hill, kepala ekonom di Realtor.com. “Sebagai akibat dari pergeseran ini, seiring dengan kenaikan suku bunga KPR, persaingan terus mereda di bulan Agustus, dengan masuknya tren harga yang menunjukkan bahwa pembeli rumah memperketat batasan keuangan mereka.”

Rata-rata harga listing di bulan Agustus turun menjadi $435.000 dari $449.000 di bulan Juli, menurut Realtor.com.

READ  Minyak naik karena kekuatan dolar mereda, tetapi Fed menekan

Tingkat hipotek telah meningkat sejak Januari, mencapai tertinggi baru-baru ini pada bulan Juni dan kemudian sedikit menurun pada bulan Juli dan sebagian besar Agustus. Namun, naik lagi dan sekarang mendekati level tertinggi di bulan Juni.

Redfin melaporkan bahwa permintaan tur rumah dan layanan pembelian rumah lainnya dari agennya pada akhir Agustus turun 16% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Aktivitas tur juga turun 9% dari awal tahun, dibandingkan dengan peningkatan 11% pada waktu yang sama tahun lalu, menurut perusahaan teknologi tur rumah ShowTime.

“Perlambatan setelah Hari Buruh kemungkinan akan sedikit lebih parah tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya ketika pasar sangat ketat,” kata Daryl Fairweather, kepala ekonom di Redfin. “Berharap rumah tetap di pasar, yang dapat menyebabkan sedikit peningkatan lain dalam pangsa penjual yang menurunkan harga mereka.”