Februari 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Laporan GSMA menyatakan pemerintah Indonesia perlu mempercepat strategi digital untuk mencapai ambisi “10 besar perekonomian global pada tahun 2030”

Laporan GSMA menyatakan pemerintah Indonesia perlu mempercepat strategi digital untuk mencapai ambisi “10 besar perekonomian global pada tahun 2030”

Laporan baru GSMA dirilis pada Indonesia Digital Nations Summit Jakartamengevaluasi Indonesia Merekomendasikan poin-poin tindakan untuk mempercepat kemajuan dan kemajuan menuju bangsa digital

Jakarta, Indonesia, 8 Desember 2023 /PRNewswire/ — Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah tegas untuk menjadi negara digital terkemuka. Laporan Pengumuman tersebut disampaikan hari ini di Indonesia Digital Nations Summit GSMA Jakarta. Namun, negara tersebut harus mengadopsi pendekatan “keseluruhan pemerintahan” dan lebih kompak dalam memenuhi kebutuhan kebijakan yang penting. Indonesia Mencapai tujuan mentransformasikan masyarakat secara digital dan menjadi 10 besar perekonomian global pada tahun 2030.

Dengan melakukan itu, Indonesia Untuk membuka kira-kira $18 miliar Investasi di sektor seluler antara tahun 2024 dan 2030, sebagian besar pada jaringan 5G. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi $41 miliar PDB selama enam tahun ke depan.

Sebagai bagian dari rekomendasi utamanya, laporan GSMA, “Membangun Negara Digital yang Tangguh: Proposal untuk Indonesia masa depan”Analisis Indonesia Perjalanan untuk menjadi negara digital dan menyarankan poin-poin tindakan yang harus dipercepat oleh pemerintah dan industri untuk mencapai transformasi ini. Yang terpenting, laporan ini menguraikan peluang untuk meningkatkan kemajuan dan kemajuan di masing-masing lima pilar, yaitu infrastruktur, inovasi, tata kelola data, keamanan, dan sumber daya manusia.

Negara-negara digital bertujuan untuk mengintegrasikan teknologi dan layanan digital di semua sektor ekonomi untuk meningkatkan produktivitas dan meningkatkan penghidupan warganya. 5G adalah komponen penting dari infrastruktur yang diperlukan untuk memberdayakan negara-negara digital di masa depan, memungkinkan teknologi baru untuk menghadirkan layanan berbasis jaringan yang andal dan membantu membentuk kembali perekonomian lokal dan memodernisasi industri.

Julian GormanKetua APAC di GSMA mengatakan: “Meskipun Indonesia telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam perjalanannya menjadi negara digital, transformasi ekosistem digital di negara ini tidak akan mungkin terjadi tanpa investasi yang diperlukan dari sektor swasta. Untuk mewujudkan hal ini, diperlukan pendekatan seluruh pemerintah untuk memastikan hal tersebut berjalan dengan baik. Ada langkah-langkah untuk mendorong hal ini, termasuk mendorong investasi infrastruktur, menyederhanakan biaya spesifik sektor, dan memotong birokrasi. .”

READ  Persaingan internasional yang ketat di industri furnitur mendorong meningkatnya daya saing Himki Indonesia

Meskipun merupakan negara dengan lebih dari 18.000 pulau, Indonesia Negara ini memiliki akses terhadap jaringan infrastruktur digital yang luas dan 96% populasinya tercakup dalam jaringan 4G. Namun, konektivitas seluler 5G sangat penting untuk mencapai tujuan ekonomi baru dan investasi memerlukan “keharusan kebijakan” untuk mempercepat infrastruktur 5G. Rekomendasi ini meliputi:

Memastikan investasi berkelanjutan dalam jaringan digital

Peluncuran 5G bertujuan untuk meningkatkan permintaan ponsel pintar dan lalu lintas data. Di dalam Indonesia, pengiriman model 5G tumbuh sebesar 54% pada Q3 tahun 2023 dan menyumbang 19% dari total. Namun, kemampuan operator untuk memperluas kapasitas dan jangkauan jaringan sering kali terhambat oleh kendala peraturan, struktur pasar, dan beban pajak yang berlebihan. Hal ini menciptakan kesenjangan investasi dimana kondisi pasar untuk investasi swasta dalam jaringan telekomunikasi tidak cukup untuk memenuhi tujuan kebijakan digital nasional dan regional yang ambisius.

Oleh karena itu, laporan GSMA mengimbau semua bidang pemerintahan untuk bekerja sama dengan pemangku kepentingan industri untuk:

  • Mendorong pembagian infrastruktur secara sukarela (pasif dan aktif) untuk mengurangi biaya keluaran jaringan, terutama di medan yang sulit.
  • Kurangi birokrasi untuk lokasi lokasi sel dan dapatkan izin dan hak jalan (RoW) yang diperlukan untuk penyebaran serat. Untuk memfasilitasi peluncuran jaringan, khususnya kepadatan 5G. Misalnya, amandemen aturan RoW India Bulan-bulan berikutnya ditandai dengan peluncuran pesat infrastruktur 5G dan fiber pada tahun 2022.
  • Pengurangan dan penyederhanaan pajak dan retribusi sektoral (termasuk pajak menara dan biaya izin pembangunan menara, dan berbagai biaya yang dipungut oleh pemerintah kota) meringankan beban biaya peluncuran dan pengoperasian jaringan serta menjamin keberlanjutan finansial sektor seluler.
  • Memberikan insentif kebijakan untuk mendorong investasi di bidang infrastruktur. Di dalam Korea SelatanInsentif pemerintah dalam bentuk keringanan pajak dan pemotongan pajak untuk operator yang diumumkan pada tahun 2020 telah membantu membuka investasi sebesar sekitar. KRW25,7 triliun di jaringan 5G ($22 miliar).
  • Memungkinkan konsolidasi lebih lanjut di sektor telekomunikasi Skala diperlukan untuk memungkinkan sinergi dan paparan infrastruktur yang luas.
READ  Mempersembahkan daftar Prestige Indonesia's 40 Under 40 edisi 2022

Mencapai harga spektrum tetap

Seperti yang diperingatkan GSMA baru-baru ini, Indonesia Resiko selanjutnya adalah a $14 miliar (Rp 216 triliun) hilangnya produktivitas perekonomiannya, kecuali mereka fokus untuk memastikan harga spektrum seluler di masa depan tetap stabil. Oleh karena itu, mereka merekomendasikan:

  • Harga cadangan ditetapkan secara konservatif di bawah perkiraan nilai pasar Untuk memungkinkan penemuan harga dan mengurangi risiko spektrum yang tidak terjual.
  • Pemerintah sedang mengkaji formula penghitungan biaya spektrum tahunan (BHP IPFR) dan mempertimbangkan perubahan parameter untuk memberikan insentif jangka panjang yang tepat dan menghindari meningkatnya ketidakseimbangan belanja yang tidak sejalan dengan kondisi pasar yang terus berkembang.
  • Peta jalan spektrum yang jelas telah disusun Hal ini tidak hanya mempertimbangkan perencanaan jalur saat ini tetapi juga kebutuhan jangka panjang Indonesia, khususnya untuk mid-band pada rentang waktu 2025-2030. Kepastian yang lebih besar mengenai ketersediaan spektrum dan kondisi terkait sangat penting bagi operator untuk mempersiapkan rencana investasi, mengamankan pendanaan, dan mengembangkan strategi untuk penerapan jaringan dan penyampaian layanan.

KTT Bangsa Digital Indonesia

Temuan laporan ini dirilis saat GSMA mengadakan Indonesia Digital Nations Summit di The Westin Jakarta. Klik untuk mengunduh laporan Indonesia Digital Nations Di Sini.

Indonesia telah muncul sebagai pemain kunci dalam komunitas global, dan acara sehari penuh ini menyediakan platform untuk mengeksplorasi lanskap digital negara ini dalam konteks ambisi digitalnya dan mendorong keterlibatan yang bertujuan memanfaatkan potensi ekosistem digitalnya.

GSMA menyambut sejumlah pembicara terkemuka di panggung untuk beberapa ceramah, diskusi api unggun, dan sesi panel tentang topik seperti Vision for Digital. IndonesiaPeran jaringan telekomunikasi dalam mendukung masa depan digital, dan potensi 5G di negara ini.

READ  Indonesia Incar Posisi Puncak di ASEAN Para Games ke-11 | Dunia

Tentang GSMA

GSMA adalah organisasi global yang menyatukan ekosistem seluler untuk menemukan, mengembangkan, dan memberikan inovasi yang mendukung lingkungan bisnis yang positif dan perubahan sosial. Visi kami adalah untuk mewujudkan kekuatan penuh dari konektivitas sehingga masyarakat, industri, dan masyarakat dapat berkembang. Mewakili operator seluler dan perusahaan dalam ekosistem seluler, GSMA melayani anggotanya dalam tiga pilar besar: konektivitas untuk manfaat, layanan dan solusi industri, dan penjangkauan. Proses ini mencakup memajukan kebijakan, mengatasi tantangan sosial terbesar saat ini, memanfaatkan teknologi kerja mobile dan interoperabilitas, serta menyediakan platform terbesar di dunia untuk menyelenggarakan ekosistem seluler di MWC dan rangkaian acara M360.

Kami mengundang Anda untuk mempelajari lebih lanjut gsma.com

Simbol – https://mma.prnewswire.com/media/1882833/GSMA_Logo.jpg

Sumber GSMA