KPU NTB Tetapkan DPS Pilkada Gub dan Wagub 2018

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Pilkada NTB Tahun 2018

Mataram, Semarak.news – Lalu Askar Anshori, SP (Ketua KPU Provinsi NTB) sudah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 dalam Rapat Pleno Terbuka. Penetapan DPS dilakukan bersama dengan Komisioner KPU NTB dan Bawaslu Provinsi NTB dan dihadiri oleh Ketua KPU dan jajarannya se-NTB di Hotel Lombok Astoria, Selaparang, Kota Mataram (16/3/2018).

Rapat Pleno Terbuka menghasilkan keputusan 1.742.829 pemilih laki-laki, 1.802.277 pemilih perempuan, dan total pemilih 3.545.106 dari 116 kecamatan, 1.137 desa, dan 8.336 TPS yang ada di 10 kabupaten/kota di Provinsi NTB.

Namun masih terdapat 319.530 pemilih potensial karena belum memiliki KTP-Elektronik. Yang terdiri dari 159.398 pemilih laki-laki dan 160.132 pemilih perempuan.

“Kami menemukan ada perbedaan jumlah pemilih potensial antara KPU dengan Disdukcapil. Oleh karenanya Bawaslu akan menyurati Dukcapil dan KPU terkait pemilih potensial untuk disinkronkan agar by name by address. Kalau KPU itu melihatnya dari sisi pemilih yang potensial, kalau Dukcapil melihatnya sebagai penduduk yang belum melakukan perekaman.” ujar Ketua Bawaslu Provinsi NTB, Muhammad Khuwailid, S.Ag., MH. sesaat setelah rapat selesai.

KPU NTB memberikan waktu kepada KPU kabupaten dan kota untuk menyelesaikan masalah pemilih potensial agar dapat menyalurkan suaranya.

“Memang ada perbedaan jumlah pemilih potensial dengan Dukcapil. Kami akan kirim by name by address kepada Dukcapil untuk dituntaskan. Jika memang belum melakukan perekaman agar segera dituntaskan paling lambat bulan April nanti sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Itu harapan kami. Kalaupun juga pemerintah belum bisa selesai sampai April. Kami masih minta sampai 27 Juni 2018. Sehingga mereka meskipun nantinya tidak terdaftar dalam data pemilih, dia bisa menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan KTP pada hari pemungutan suara.” kata Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Anshori, SP.

Terakhir, Ketua KPU menghimbau kepada masyarakat NTB yang belum melakukan perekaman data KTP-Elektronik untuk segera menyelesaikan perekaman ke Dukcapil setempat. (TYA)

TINGGALKAN BALASAN