Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kesepakatan Ukraina-NATO harus segera dimulai: Perdana Menteri Lithuania di pedalaman

Kesepakatan Ukraina-NATO harus segera dimulai: Perdana Menteri Lithuania di pedalaman

  • Ukraina mendaftar untuk bergabung dengan NATO, tetapi beberapa anggota menyarankannya menunggu sampai perang dengan Rusia berakhir.
  • Perdana Menteri Lithuania mengatakan kepada Insider mengapa menurutnya negosiasi NATO-Ukraina harus segera dimulai.
  • Dia mengatakan bahwa ancaman Rusia bukan alasan untuk menunda, karena Rusia telah membuktikan bahwa tidak perlu alasan untuk meningkat.

Perdana menteri Lithuania mengatakan kepada Insider bahwa negosiasi untuk aksesi Ukraina ke NATO harus segera dimulai.

Dalam sebuah wawancara hari Kamis, Ingrida Simonetti mengatakan argumen yang sering muncul untuk tidak melakukannya—bahwa Vladimir Putin mungkin akan meningkatkan invasinya sebagai tanggapan—tidak berkembang.

Dia mengatakan Putin telah meningkatkan konflik berkali-kali dan tidak membutuhkan alasan dalam tindakan lawan-lawannya untuk melakukannya lagi.

minggu ini Sembilan dari 30 anggota NATOtermasuk Lituania Mereka mendukung keanggotaan terakhir Ukraina dari aliansi.

Tetapi anggota terbesar NATO, termasuk Amerika Serikat dan negara-negara bersenjata nuklir lainnya seperti Inggris dan Prancis, enggan menandatangani. Ada argumen yang sering muncul bahwa langkah seperti itu dapat memperburuk invasi Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, tengah, memegang aplikasi Ukraina untuk keanggotaan NATO di Kyiv pada 30 September 2022.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, tengah, memegang aplikasi Ukraina untuk keanggotaan NATO di Kyiv pada 30 September 2022.

Kantor Pers Kepresidenan Ukraina melalui AP, File



Tetapi imonytė berpendapat bahwa Rusia telah menunjukkan bahwa eskalasinya tidak rasional.

“Ketika kita berbicara tentang Rusia sebagai lift dalam situasi ini, kita harus bertanya pada diri sendiri: Apakah ada kebutuhan untuk alasan nyata untuk meningkatkan Rusia? Jawaban saya adalah tidak,” katanya.

“Maksudku, itu alasan yang mungkin akan mereka gunakan, tapi bahkan tanpa alasan itu, bukan berarti situasinya akan jauh berbeda.”

Keraguan untuk mengizinkan Ukraina bergabung

Presiden Bulgaria Dia berkata Dia tidak bergabung dengan deklarasi sembilan negara karena dia percaya bahwa keputusan keanggotaan Ukraina harus dibuat hanya setelah berakhirnya perang dengan Rusia.

Dia menunjuk pada “bahaya keterlibatan langsung negara-negara NATO dalam perang.”

Begitu sebuah negara menjadi anggota penuh NATO, semua anggota lain berkewajiban untuk menanggapi serangan terhadap anggota seolah-olah itu adalah serangan terhadap dirinya sendiri—membuat perang terhadap satu anggota menjadi perang terhadap mereka semua.

Demikian pula, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan Dia berkata Dia percaya permintaan Ukraina “harus diambil pada waktu yang berbeda”.

Pasukan Ukraina meluncurkan howitzer M777 di Kharkiv

Pasukan Ukraina menembakkan howitzer M777 di wilayah Kharkiv pada 28 Juli 2022.

Vyacheslav Madiyevskyy / Ukrinform / Penerbitan Masa Depan melalui Getty Images



Putin sebelumnya marah dengan prospek pertumbuhan NATO lebih lanjut, dan menyebut ketakutan ini sebagai alasan invasi pada Februari.

Tetapi Shimonetti mengatakan bahwa Rusialah yang memaksa negara-negara seperti miliknya untuk bergabung dengan NATO, menciptakan hasil yang paling dia takuti.

Mereka telah berbohong sepanjang jalan tentang ekspansi NATO dan mengatakan ‘Anda adalah orang-orang yang mendorong perbatasan NATO di dekat Rusia’. Tidak – negara-negara seperti saya ingin bergabung dengan NATO karena Rusia.”

“Ini bukan karena NATO baru saja datang dan berkata ‘Hei, kami ingin berada di sini’.”

Jens Stoltenberg bertemu pasukan NATO

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg berbicara dengan tentara selama latihan “Tanggapan Dingin” NATO di Bardufoss, Norwegia pada 25 Maret 2022.

Annika Birdi / Getty Images



“Utang moral” Ukraina

Tidak jelas bagaimana kinerja Ukraina dalam aplikasi – semua 30 anggota saat ini harus setuju untuk mengizinkan suatu negara bergabung, dan prosesnya dapat memakan waktu bertahun-tahun bahkan untuk negara-negara yang tidak berperang aktif.

Chimonte mengatakan keputusan sebelumnya untuk tidak menerima Ukraina membantu menciptakan perang saat ini. Dia mengatakan jaminan NATO mungkin menghalangi Rusia jika Ukraina menjadi anggota.

Irina Kozhkova, 83, berdiri di apartemennya di gedung yang hancur setelah serangan rudal Rusia lainnya di pusat kota Kharkiv, Ukraina, Senin, 12 September 2022.

Irina Kozhkova, 83, berdiri di apartemennya di gedung yang hancur setelah serangan rudal Rusia lainnya di pusat kota Kharkiv, Ukraina, Senin, 12 September 2022.

Foto AP / Andrii Marienko



Ukraina mencoba untuk untuk bergabung dengan NATO pada tahun 2008, tetapi Rusia bereaksi dengan marah dan menghentikan operasi tersebut.

Shimonetti mengatakan dia yakin ini adalah “kesalahan besar” yang membantu mendorong aneksasi Rusia atas Krimea pada 2014, perang panjangnya di wilayah Donbass, dan perang habis-habisan pada 2022.

Dia mengatakan NATO berutang “semacam hutang moral” untuk kesalahan seperti itu yang menuntut tanggapan yang lebih lengkap daripada memberikan bantuan dan pelatihan militer saat ini.

NATO sebelumnya mengatakan Ukraina membutuhkan reformasi lain untuk mempertimbangkan keanggotaannya – termasuk tanggapan yang lebih kuat terhadap korupsi.

Simonetti mengatakan dia yakin dimulainya negosiasi akan menciptakan “insentif yang sangat kuat” untuk setiap reformasi yang diperlukan, dengan mengatakan itu berhasil di negaranya, yang bergabung pada 2004.

“Apa yang saya ketahui dari pengalaman negara saya adalah bahwa ketika Anda memiliki tujuan yang sangat jelas, itu adalah motivasi yang sangat besar untuk mengubah suatu negara.”

“Apa yang telah ditunjukkan Ukraina adalah bahwa mereka benar-benar mampu, sangat kuat, sangat berkomitmen pada nilai-nilai yang kami bagi sebagai dasar untuk hidup berdampingan kami. Jadi mengapa menolak kemungkinan mereka menjadi bagian dari klub?”

“Tidak ada alasan.”

READ  Dari medali hingga rambu jalan, orang Rusia mencoba menempelkan cap mereka di Mariupol