Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ulasan: Laptop Generasi Berikutnya dari Framework Mengikuti Janjinya yang Dapat Diupgrade

Kernel Linux 5.19.12 dapat menyebabkan kerusakan permanen pada beberapa layar laptop

Perbesar / Ini tidak spesifik untuk Kerangka, tetapi sejumlah penggemar Linux yang memiliki Kerangka telah melihat bahwa kekhasan kernel telah menyebabkan layar mereka berkedip minggu ini, berpotensi menyebabkan kerusakan permanen.

Andrew Cunningham

Untuk pengguna Linux desktop, memperbarui ke kernel Linux baru membawa risiko yang relatif kecil dan dijamin: driver memar, rasa sakit GRUB, dan mungkin penghapusan penuh dan instal ulang. Untuk satu subset pemilik laptop pada distribusi rilis bergulir, kernel 5.19.12 sebenarnya dapat merusak layar LCD.

Insinyur Intel Ville Syrjälä menulis di Diskusi tentang masalah ini. “Saya merekomendasikan pengembalian segera hal-hal ini, dan rilis stabil baru sesegera mungkin. Plus merekomendasikan bahwa siapa pun yang menggunakan laptop dengan GPU Intel 5.19.12 tidak boleh menjalankannya.”

Konflik antara kernel Linux 5.19.12 dan driver GPU Intel, ditangkap oleh Michael Kan.

Sehari kemudian, kernel 5.19.13 dirilis. Tetapi ada rantai distribusi antara kerja kernel dan desktop distribusi, dan beberapa pemilik laptop telah jatuh ke dalamnya.

“Dua hari yang lalu, saya memperbarui ke kernel 5.(19).12, dan layar saya sekarang berkedip cepat,” Pengguna CrepeDragonball menulis di r/framework di subreddit untuk pemilik bingkai laptop, yang memiliki GPU Intel Iris Xe terintegrasi. “Saya dapat melihat kedipan bahkan di UEFI (BIOS), jadi saya pikir ini terkait perangkat keras, bukan terkait OS/driver….berkedip dengan kecepatan tinggi[s] Saya tidak bisa mengambilnya dengan kamera ponsel saya.” Laporan serupa diterima ArchLinux Dan fedora Forum dan subreddit, bersama dengan Forum kerangka kerja resmi.

Beberapa pengguna melaporkan kedipan yang tidak hilang setelah reboot atau setelah beralih ke alat tingkat dasar seperti BIOS atau GRUB. Beberapa dapat mengganti versi kernel mereka dengan menghubungkan ke monitor eksternal dan melihat kedipan secara bertahap memudar seiring waktu. Tetapi urutan daya papan yang miring (yaitu waktu layar) dapat merusak layar secara permanen, terutama layar LCD yang terpasang di laptop. Pada posting ini, poster asli dari subreddit belum memposting kerangka kerja tentang memulihkan layarnya.

Kernel dan distribusi Linux yang merusak desktop secara fisik jarang terjadi tetapi tidak pernah terdengar. Mandrake 9.2 ditemukan pada Oktober 2003 untuk dapat mematikan drive CD LG tertentu. Penyebabnya bisa jadi kode kernel, firmware LG, atau keduanya, menurut pembaruan yang diposting di Linux.com tentang masalah ini. Catatan LWN.net LG Electronics belum mendukung atau menguji perangkat dengan Linux.

Yang paling umum adalah penulisan perangkat keras atau kehabisan spesifikasi; Banyak pemrogram perangkat keras veteran membuktikan tradisi panjang ini dari Thread Quora sangat menarik.

Sebaiknya perbarui kernel Linux Anda di luar 5.19.12 jika memungkinkan atau turunkan versi, bahkan jika Anda tidak langsung melihat masalah grafis.

READ  Sony Mungkin Rilis Game PC Peluncur, File Spider-Man Terungkap