November 30, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kepala pengawas PBB: Serangan terhadap pembangkit nuklir Ukraina ‘mengkhawatirkan’ bagi Ukraina

Badan Energi Atom Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menyerukan penghentian segera semua aksi militer di dekat Ukraina Pembangkit nuklir Zaporizhzhia Setelah dibom, mematikan salah satu reaktor dan menciptakan “risiko bencana nuklir yang sangat nyata”.

Rafael Mariano Grossi, Direktur Jenderal Organisasi Atom Internasional energi Badan itu mengatakan “sangat prihatin” dengan laporan kerusakan pabrik, dan meminta para ahli IAEA untuk mengizinkan inspeksi kerusakan.

“Saya sangat khawatir dengan pengeboman kemarin Pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropayang menggarisbawahi bahaya yang sangat nyata dari bencana nuklir yang dapat mengancam kesehatan masyarakat dan lingkungan di Ukraina dan sekitarnya.

Perusahaan energi nuklir Ukraina Energoatom mengatakan serangan itu merusak kabel listrik dan memaksa salah satu reaktor berhenti bekerja, dan bahwa “masih ada risiko kebocoran hidrogen dan bahan radioaktif, dan risiko kebakaran juga tinggi.” Grossi mengatakan pengeboman itu “menyebabkan risiko besar bagi operasi pabrik yang aman.”

“Tindakan militer yang mengancam keselamatan dan keamanan pembangkit listrik tenaga nuklir benar-benar tidak dapat diterima dan harus dihindari dengan cara apa pun. Setiap senjata militer yang diarahkan ke atau dari fasilitas itu sama saja dengan bermain api, dengan konsekuensi yang berpotensi menimbulkan bencana.”

Berlangganan edisi pertama, buletin harian gratis kami – setiap pagi hari kerja pukul 7 pagi GMT

Kyiv menuduh pasukan Rusia menimbun senjata berat di pabrik, yang mereka sita pada bulan Maret dan masih diduduki. Moskow, pada gilirannya, menuduh pasukan Ukraina menargetkannya.

Grossi meminta tim ahli keselamatan, keamanan, dan perlindungan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk diizinkan memimpin dirinya sendiri mengunjungi pabrik.

Uni Eropa mengkritik Rusia karena “kegiatan militernya” di sekitar stasiun. “Uni Eropa mengutuk kegiatan militer Rusia di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhia,” kata Josep Borrell, pejabat urusan luar negeri Uni Eropa. “Ini adalah pelanggaran serius dan tidak bertanggung jawab terhadap aturan keselamatan nuklir dan contoh lain dari pengabaian Rusia terhadap norma-norma internasional.”

READ  Pembaruan perang Rusia-Ukraina terbaru: Berita langsung