Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Keir Starmer membela pembatalan belanja ramah lingkungan sebesar £28 miliar oleh Partai Buruh

Keir Starmer membela pembatalan belanja ramah lingkungan sebesar £28 miliar oleh Partai Buruh

  • Ditulis oleh Paul Seddon
  • Koresponden politik BBC

Penjelasan video,

Keir Starmer menegaskan Partai Buruh telah mengabaikan komitmen pengeluarannya sebesar £28 miliar.

Sir Keir Starmer bersikeras bahwa dia tidak punya pilihan selain mengabaikan janji investasi hijau Partai Buruh senilai £28 miliar per tahun.

Dia membela peralihan tersebut dengan mengklaim bahwa hal itu tidak lagi terjangkau karena Partai Konservatif telah menyebabkan perekonomian runtuh.

Dia mengatakan kepada BBC bahwa Partai Buruh masih akan menghabiskan lebih banyak uang daripada Partai Konservatif untuk proyek-proyek ramah lingkungan jika mereka memenangkan pemilu, dan bahwa mereka berkomitmen terhadap “energi bersih pada tahun 2030”.

Namun Rishi Sunak mengatakan pemimpin Partai Buruh itu “mengonfirmasi bahwa dia tidak mempunyai rencana untuk Inggris.”

Pengumuman Partai Buruh menunjukkan penurunan yang signifikan dalam jumlah investasi partai tersebut di industri ramah lingkungan jika partai tersebut memenangkan kekuasaan.

Hal ini terjadi setelah berminggu-minggu kebingungan mengenai kebijakan tersebut, yang semakin mendapat serangan dari Partai Konservatif menjelang pemilu, dimana Sunak mengatakan bahwa pinjaman yang diperlukan akan memaksa Partai Buruh untuk mengenakan pajak.

Pemimpin Partai Buruh tersebut mengatakan semua rencana ramah lingkungan yang diumumkan oleh partainya sejauh ini – termasuk pendanaan untuk pabrik baterai dan produksi “baja bersih” – akan tetap berlaku.

Namun hibah dan pinjaman untuk membantu keluarga-keluarga melindungi rumah mereka dengan lebih baik kini akan dipotong.

Paket investasi ini sebagian akan dibiayai oleh pajak atas keuntungan perusahaan energi, namun tidak seluruhnya oleh pinjaman pemerintah lebih lanjut.

Janji pengeluaran sebesar £28 miliar, yang pertama kali diumumkan pada tahun 2021, telah dipermudah secara signifikan oleh Partai Buruh.

Juni lalu, Kanselir Bayangan Rachel Reeves mengumumkan bahwa target pengeluaran tidak akan tercapai sampai setelah tahun 2027, bukan pada tahun pertama pemerintahan Partai Buruh.

Partai tersebut kemudian memasukkan sekitar £10 miliar belanja pemerintah per tahun ke dalam anggarannya, sehingga komitmen belanja tambahan dibandingkan dengan Konservatif mendekati £18 miliar per tahun.

Kini partai tersebut telah mengkonfirmasi bahwa total investasi tambahan dibandingkan dengan rencana pemerintah kini berjumlah sekitar £4,7 miliar per tahun.

Dia juga mengatakan bahwa dia akan membiayainya sebagian dengan mempertahankan usulan pajak “rejeki nomplok” yang tinggi atas keuntungan perusahaan energi selama masa jabatan pertamanya, jika dia memenangkan kekuasaan.

Partai tersebut sekarang mengatakan mereka berharap dana ini akan mengumpulkan £10,8 miliar selama lima tahun untuk mendanai rencana tersebut, sehingga mengurangi ketergantungan pada pinjaman.

Berbicara kepada BBC, Sir Keir mengatakan perubahan rencana belanja “sangat masuk akal”, dan menambahkan bahwa “tidak bertanggung jawab” jika mengabaikan situasi ekonomi.

Dia menambahkan: “Saya tidak bisa mengabaikan fakta bahwa Partai Konservatif telah menyebabkan kerusakan besar pada perekonomian.”

Partai Buruh bersikeras bahwa kemunduran ini diperlukan agar partai dapat memenuhi aturan belanjanya, yang menetapkan bahwa utang harus turun sesuai dengan besarnya perekonomian dalam lima tahun.

“Penyerahan lagi”

Namun, langkah untuk mengabaikan janji belanja tersebut telah dikritik oleh kelompok kampanye sayap kiri Momentum dan Unite, pendukung serikat pekerja terbesar Partai Buruh.

Juru bicara Momentum mengatakan: “Pergeseran terbaru dalam Starmer ini mewakili penyerahan diri terhadap kepentingan sayap kanan.”

Pemimpin serikat pekerja Sharon Graham berkata: “Gerakan Buruh harus menghadapi tuduhan palsu Partai Konservatif mengenai tidak bertanggung jawab fiskal.”

“Ini merupakan kemunduran besar bagi iklim, perekonomian, dan lapangan kerja yang baik,” kata Carla Diener, salah satu pemimpin Partai Hijau.

Sunak mengatakan perubahan dalam pendekatan Partai Buruh adalah sebuah “momen berbahaya” yang menunjukkan bahwa pemimpin Partai Buruh tersebut “tidak memikirkan hal-hal besar, dan tidak bisa mengatakan apa yang akan ia lakukan secara berbeda”.

Dia menambahkan: “Ini adalah elemen utama dari kebijakan ekonomi Partai Buruh, dan sekarang nampaknya mereka berusaha menghindarinya.”

Apa dampaknya terhadap rencana Partai Buruh?

Sumber gambar, Gambar Getty

Sulit untuk menilai dampak pengurangan belanja lingkungan hidup yang dilakukan oleh Partai Buruh, karena partai tersebut tidak pernah menjelaskan secara rinci ke mana seluruh dana tersebut akan disalurkan.

Dia menegaskan bahwa rencananya untuk membiayai hibah bagi keluarga guna meningkatkan isolasi rumah kini hanya akan mencakup lima juta rumah selama lima tahun, bukan 19 juta rumah selama satu dekade.

Pendanaan yang dialokasikan untuk hal ini adalah £13,2 miliar selama lima tahun, sekitar dua kali lipat jumlah yang dijanjikan pemerintah saat ini, namun lebih kecil dari rencana Partai Buruh.

Janji yang tidak diubah termasuk £1,8 miliar untuk sembilan pelabuhan yang “siap untuk diperbarui”.

Remain juga mencakup janji untuk menghabiskan £2 miliar untuk delapan pabrik baterai dan £3 miliar untuk baja “bersih”, angka yang mencakup pengeluaran pemerintah.

Janji untuk menghabiskan £500 juta per tahun untuk hibah kepada perusahaan-perusahaan yang menciptakan lapangan kerja ramah lingkungan juga masih berlaku, tetapi partai tersebut telah menetapkan bahwa hal itu tidak akan dimulai hingga tahun 2026.

Partai tersebut tidak pernah merinci berapa banyak yang akan dibelanjakannya untuk GB Energy, perusahaan pembangkit listrik ramah lingkungan milik publik yang ingin mereka dirikan.

Kini telah dipastikan bahwa dana ini akan menjadi “awal” senilai £8,3 miliar selama lima tahun, termasuk £3,3 miliar untuk dewan dan kelompok masyarakat untuk menjadi “pemegang otoritas lokal”.

READ  KTT BRICS: Xi akan mengunjungi China dan Afrika Selatan untuk perjalanan luar negeri keduanya tahun ini