Januari 31, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kebocoran yang tidak dapat dijelaskan dari pesawat ruang angkasa Soyuz yang berlabuh membatalkan perjalanan ruang angkasa Rusia di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Kebocoran yang tidak dapat dijelaskan dari pesawat ruang angkasa Soyuz yang berlabuh membatalkan perjalanan ruang angkasa Rusia di Stasiun Luar Angkasa Internasional

(Reuters) – Sebuah spacewalk rutin oleh dua kosmonot Rusia di atas Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) telah dibatalkan saat akan dimulai, setelah pengontrol penerbangan melihat semburan cairan dari pesawat ruang angkasa, siaran web NASA menunjukkan. Soyuz tertambat.

Semprotan cairan, yang terlihat di umpan video langsung NASA sebagai semburan partikel seperti es yang berasal dari bagian belakang kapsul Soyuz MS-22, dijelaskan oleh komentator NASA sebagai kebocoran cairan pendingin.

NASA mengatakan bahwa tidak satu pun dari tujuh anggota awak ISS saat ini – tiga astronot Rusia, tiga astronot Amerika, dan seorang astronot Jepang – pernah berada dalam bahaya.

Kecelakaan itu terjadi ketika dua kosmonot, Komandan Kru Sergey Prokopyev dan Insinyur Penerbangan Dmitry Petlin, sedang bersiap-siap dan mempersiapkan perjalanan ruang angkasa yang direncanakan untuk mentransfer pendingin dari satu modul ke modul lainnya di bagian Rusia dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Seorang pejabat untuk operasi kontrol misi Rusia di dekat Moskow terdengar memberi tahu Prokopyev dan Beitlin melalui transmisi radio bahwa perjalanan ruang angkasa mereka telah dibatalkan sementara para insinyur bekerja untuk menentukan sifat dan asal kebocoran.

Disiarkan dari Johnson Space Center NASA di Houston, komentator langsung NASA Rob Navias mengatakan spacewalk dibatalkan karena kebocoran, yang katanya dimulai sekitar pukul 19:45 EDT (0145 GMT Kamis).

Aliran partikel, yang menurut NASA tampak seperti cairan dan mungkin pendingin, mengalir dari pesawat ruang angkasa Soyuz Stasiun Luar Angkasa Internasional, memaksa dua kosmonot Rusia untuk menunda rencana perjalanan ruang angkasa rutin pada 14 Desember 2022 dalam gambar diam yang diambil ini dari sebuah video. NASA/Handout melalui Reuters

Navias mengatakan pesawat Soyuz tiba di stasiun luar angkasa pada bulan September, membawa Prokopyev, Betlin, dan astronot AS Frank Rubio ke ISS, dan tetap berada di sisi laboratorium yang mengorbit yang menghadap Bumi.

Navias mengatakan perjalanan ruang angkasa yang direncanakan pada hari Rabu telah ditunda sekali sebelumnya, pada akhir November, karena pompa pendingin yang rusak pada pakaian astronot.

READ  Ilmuwan mengungkap rahasia awet muda hewan aneh

Itu dijadwalkan menjadi spacewalk ke-12 tahun ini di Stasiun Luar Angkasa Internasional dan yang ke-257 dalam sejarah platform berusia 22 tahun untuk perakitan, pemeliharaan, dan modernisasi, menurut NASA.

Navias mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan apa implikasi kebocoran itu terhadap keselamatan pesawat ruang angkasa itu, dan apakah itu akan menimbulkan kesulitan bagi kru untuk kembali ke Bumi pada akhir misi mereka.

Lima pesawat luar angkasa lainnya diparkir di stasiun luar angkasa—dua kapsul SpaceX (Crew Dragon dan Cargo Dragon), sebuah kapal kargo luar angkasa Northrop Grumman Cygnus, dan dua kapal pemasok Rusia, Progress 81 dan Progress 82.

Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang membentang sepanjang lapangan sepak bola Amerika dan mengorbit sekitar 250 mil di atas Bumi, terus ditempati sejak tahun 2000, dan dioperasikan oleh kemitraan yang dipimpin AS-Rusia yang mencakup Kanada, Jepang, dan 11 negara Eropa.

(Laporan oleh Steve Gorman di Los Angeles). Pelaporan tambahan oleh Joe Roulet di Washington. Diedit oleh Jerry Doyle

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.