Februari 9, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kebakaran hutan Yunani berkobar di dekat Athena;  Rumah, evakuasi rumah sakit

Kebakaran hutan Yunani berkobar di dekat Athena; Rumah, evakuasi rumah sakit

ATHENS (Reuters) – Kebakaran hutan Yunani yang dipicu oleh angin kencang meletus di wilayah pegunungan Benteli dekat Athena pada Selasa, mendorong pihak berwenang untuk memerintahkan evakuasi setidaknya empat daerah dan sebuah rumah sakit.

Awan asap tebal membubung ke langit di atas Gunung Penteli, tempat kebakaran terjadi pada pukul 14.30 GMT, sekitar 27 km utara Athena tengah.

Foto-foto menunjukkan Parthenon di bukit Acropolis tertutup cahaya merah karena api menyala di latar belakang. Menjelang malam, api terlihat dari pulau Evia, sekitar 50 km jauhnya, menurut saksi mata.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Media lokal melaporkan bahwa api membakar setidaknya satu rumah, tetapi petugas pemadam kebakaran tidak dapat mengkonfirmasi informasi ini. Pemadam kebakaran mengatakan tidak ada laporan korban luka.

Sekitar 420 petugas pemadam kebakaran dengan bantuan 85 mesin berusaha memadamkan api yang berkobar di beberapa titik pada sore hari. Lebih dari dua lusin helikopter dan pesawat sebelumnya menyiramkan air ke api tetapi harus menghentikan operasi pada malam hari untuk alasan keamanan.

Pihak berwenang memerintahkan evakuasi empat distrik: Dravi, Anthusa, Dioni dan Dasmari. Mereka juga menyarankan warga di lebih banyak daerah untuk mempersiapkan evakuasi.

Rumah Sakit dan Observatorium Nasional Athena dievakuasi sebagai tindakan pencegahan. Lalu lintas dihentikan di jalan menuju Bentili dan polisi membantu warga menemukan jalan keluar dari daerah yang dilanda kebakaran.

Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis memimpin panggilan konferensi dengan otoritas perlindungan sipil tentang kebakaran itu.

READ  Presiden mengatakan bahwa pertempuran "brutal" untuk menguasai Severodonetsk Ukraina akan menentukan nasib Donbass

“Hari ini adalah hari yang sulit. Kami berada di puncak musim kebakaran dan kondisi saat ini membuat kebakaran mudah terjadi dan menyebar,” kata juru bicara pemadam kebakaran Yiannis Artubius dalam sebuah pernyataan.

Artubius sebelumnya mengatakan kepada TV pemerintah ERT bahwa kebakaran itu adalah kasus “sulit” dan bahwa 28 petugas pemadam kebakaran dari Rumania membantu petugas pemadam kebakaran setempat.

“Kami melawannya,” kata Artubius, “mencoba mengepung api.”

Angin diperkirakan akan berlanjut hingga Rabu sore.

Lebih dari 200 petugas pemadam kebakaran dan peralatan dari Bulgaria, Prancis, Jerman, Rumania, Norwegia, dan Finlandia akan siaga selama bulan-bulan terpanas Juli dan Agustus di Yunani.

Tahun lalu, kebakaran hutan menghancurkan sekitar 300.000 hektar (121.000 hektar) hutan dan semak belukar di berbagai bagian Yunani saat negara itu mengalami gelombang panas terburuk dalam 30 tahun.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Angelique Kotanto, Carolina Tajares dan Alex Konstantinidis; Ditulis oleh Rene Maltezzo. Diedit oleh Sandra Mahler dan Richard Boleyn

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.