November 30, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kapan itu akan mencapai klimaksnya dan tanggal lunar lainnya?

Ini akan menjadi yang pertama dari tiga piramida musim panas yang hebat.

Dunia dijadwalkan untuk melihat bulan purnama pada bulan Juni, yang dikenal sebagai Strawberry Moon, pada tanggal 14 Juni (Selasa). Pada pukul 07.51 EDT (17.22 PDT) hari itu, bulan akan berada pada titik terdekatnya dalam orbitnya mengelilingi Bumi, yang disebut perihelion, membuatnya tampak seperti “bulan raksasa”.

Satelit raksasa tampak lebih terang dan lebih besar bagi orang-orang di Bumi, memberikan tatapan yang luar biasa di malam hari jika langit cerah.

Pada hari Selasa, itu akan datang 222.238 mil dari Bumi (sekitar 16.000 mil lebih dekat dari jarak rata-rata) dan diharapkan menjadi 10 persen lebih terang daripada bulan purnama biasa.

Apa itu bulan stroberi?

Bulan stroberi tidak terlihat seperti stroberi, juga tidak berwarna merah muda. Nama ini diberikan untuk bulan purnama oleh suku asli Amerika. Menurut Almanak Petani Tua, “nama ini (Bulan Stroberi) digunakan oleh orang-orang Algonquin, Ojibwe, Dakota, dan Lakota, antara lain, untuk merujuk pada pematangan stroberi ‘pembawa bulan Juni’ yang siap untuk dikumpulkan.”

Ini akan menjadi yang pertama dari tiga piramida musim panas yang hebat.

Bulan terendah tahun ini

Menurut space.com, supermoon tahun ini akan menjadi bulan purnama terendah pada tahun 2022, naik hanya 23,3 derajat di atas cakrawala, menurut NASA. Ini akan menjadi yang terendah karena peristiwa itu terjadi sebelum titik balik matahari musim panas pada 21 Juni.

Menurut panduan dari NASA: “Pada titik balik matahari musim panas, matahari muncul tertinggi di langit untuk tahun ini. Bulan purnama berlawanan dengan matahari, jadi bulan purnama di dekat titik balik matahari musim panas akan rendah di langit.”

READ  Ada detail menakjubkan yang mengintai di gambar terbaru Juno tentang Jupiter

Badan antariksa AS juga mengatakan bahwa ini akan memberi orang kesempatan untuk menemukan kawah dan gunung di permukaan bulan dengan teleskop yang bagus.

Bagaimana cara menontonnya secara online?

Proyek teleskop virtual di kota Ceccano Italia akan menjadi tuan rumah siaran langsung gratis bulan purnama pada hari Selasa. Webcast akan dimulai pada 15:15 EST (12:45 Waktu Standar India) dan menampilkan pemandangan bulan secara langsung.

Kalender bulan purnama untuk tahun 2022

Menurut kalender Old Farmers, akan ada enam acara bulan purnama tahun ini:

13 Juli: Pak Mun
11 Agustus: Sturgeon Moon
10 September: Harvest Moon
9 Oktober: Bulan Pemburu
8 November: Bulan Berang-berang
7 Desember: Bulan Dingin

Bulan purnama ini bertepatan dengan Vat Purnima, sebuah festival yang dirayakan oleh umat Hindu di mana wanita yang sudah menikah mengikat benang upacara di sekitar pohon beringin dan berpuasa untuk kehidupan suami mereka.