November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kanada meminta tiga perusahaan China untuk berhenti dari penambangan lithium

Kanada meminta tiga perusahaan China untuk berhenti dari penambangan lithium

  • China mengatakan Kanada telah melanggar aturan perdagangan dan pasar
  • Saham perusahaan China jatuh
  • Perusahaan mengatakan jangan mengharapkan dampak besar pada kinerja

OTTAWA/BEIJING (Reuters) – Kanada pada Rabu memerintahkan tiga perusahaan China untuk melikuidasi investasi mereka di mineral penting Kanada, dengan alasan keamanan nasional.

Sebagai tanggapan, China menuduh Ottawa menggunakan keamanan nasional sebagai alasan dan mengatakan perintah divestasi itu melanggar aturan perdagangan dan pasar internasional.

Ketika negara-negara bersaing untuk menopang cadangan bahan yang dibutuhkan untuk transisi ke ekonomi yang lebih bersih, berita tersebut mendorong saham perusahaan China lebih rendah pada hari Kamis, meskipun mereka mengatakan dalam pengajuan bursa mereka tidak mengharapkan dampak yang signifikan pada kinerja mereka.

Tiga orang yang diperintahkan untuk melikuidasi investasinya adalah Sinomine (Hong Kong) Rare Metals Resources Co Ltd, Chengze Lithium International Ltd yang juga berkantor pusat di Hong Kong, dan Zangge Mining Investment (Chengdu) Co Ltd.

Menteri Perindustrian Kanada Francois-Philippe Champagne mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pemerintah Kanada telah memerintahkan penarikan perusahaan asing setelah “pengawasan ketat” oleh Komunitas Keamanan dan Intelijen Nasional Kanada.

“Sementara Kanada terus menyambut investasi asing langsung, kami akan bertindak tegas ketika investasi mengancam keamanan nasional kami dan rantai pasokan mineral vital kami, baik di dalam maupun luar negeri,” kata Champagne.

Sinomine diminta untuk menjual investasinya di Power Metals Corp (PWM.V)Chengze Lithium diminta untuk menarik investasinya di Lithium Chile Inc (LITH.V) Dan Zangge Mining Ingin Keluar dari Ultra Lithium Inc (ULT.V).

‘tidak logis’

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan pemerintah Kanada menggunakan keamanan nasional sebagai alasan untuk mencegah kerjasama normal antara perusahaan China dan Kanada dan membahayakan rantai pasokan global.

READ  Saham berjangka stabil karena investor bersiap untuk laporan inflasi Juli

“China mendesak Kanada untuk menghentikan penargetan yang tidak masuk akal terhadap perusahaan China (di Kanada) dan memberi mereka lingkungan bisnis yang adil, tidak memihak dan tidak diskriminatif,” kata Zhao pada konferensi pers reguler, menambahkan bahwa Beijing akan dengan tegas membela hak-hak yang sah dan kepentingan perusahaan Cina.

Harga spot lithium naik lebih dari 200% pada tahun lalu, didorong oleh kendala pasokan yang diperkirakan akan terus berlanjut.

Rystad Energy memperkirakan pasokan logam lithium primer menjadi 8,5% lebih sedikit dari total permintaan lithium pada tahun 2025, dibandingkan dengan permintaan sekitar 10% lebih sedikit tahun ini.

“Stand terbaru dari Ottawa menyoroti persaingan global untuk logam bio-baterai sehubungan dengan perkiraan lonjakan permintaan baterai EV,” Susan Zou, analis senior di Rystad Energy, mengatakan tentang keputusan Kanada.

Harga saham Sinomine Resources turun 7,8% menjadi 86,74 yuan ($11,86) Kamis, sementara harga saham Chengxin turun sebanyak 4% tetapi ditutup 0,7% lebih tinggi pada 45,65 yuan. Harga saham Zangge Mining turun 3,7% sehari sebelum naik 1,1% menjadi ditutup pada 28,96 yuan.

Pekan lalu, Ottawa mengatakan harus membangun rantai pasokan mineral vital yang tangguh dengan mitra yang berpikiran sama, karena menguraikan aturan yang bertujuan melindungi sektor mineral vital negara itu dari perusahaan milik negara asing.

“Pemerintah federal bertekad untuk bekerja dengan perusahaan Kanada untuk menarik investasi asing langsung dari mitra yang memiliki minat dan nilai yang sama dengan kami,” kata Champagne.

Kanada memiliki deposit besar mineral penting seperti nikel dan kobalt yang diperlukan untuk energi yang lebih bersih dan teknologi lainnya. Permintaan logam diperkirakan akan meningkat dalam beberapa dekade mendatang.

READ  Buku pedoman Jim Kramer tentang investasi selama ketidakpastian geopolitik

Awal tahun ini, negara-negara termasuk Inggris, Kanada dan Amerika Serikat menjalin kemitraan yang bertujuan untuk mengamankan pasokan mineral penting sambil meningkatkan permintaan global untuk mereka.

(dolar = 7,3163 yuan Tiongkok)

Pelaporan tambahan oleh Ismail Shakeel di Ottawa dan Si Liu di Beijing; Pelaporan tambahan oleh Eduardo Baptista di Beijing; Penyuntingan oleh Chris Reese, Sandra Mahler dan Barbara Lewis

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.