April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kaduna, Nigeria: 137 pelajar yang diculik oleh orang-orang bersenjata telah dibebaskan, menurut gubernur negara bagian

Kaduna, Nigeria: 137 pelajar yang diculik oleh orang-orang bersenjata telah dibebaskan, menurut gubernur negara bagian

Minggu Alamba/AP

Para orang tua menunggu kabar penculikan siswa Sekolah Dasar dan Menengah Korija di Korija, Kaduna, Nigeria, pada 9 Maret 2024.



CNN

Orang-orang bersenjata menculik sedikitnya 137 anak sekolah Nigeria Mereka dibebaskan awal bulan ini, kata gubernur negara bagian Kaduna Nigeria, Oba Sani, dalam sebuah wawancara televisi yang disiarkan pada hari Minggu.

Dalam wawancara yang disiarkan Nigeria Television, Sani mengaku bertemu dengan keluarga anak-anak tersebut.

Dia mengatakan kepada radio: “Saya bahagia, keluarga-keluarga bahagia, kami semua bahagia karena anak-anak terselamatkan.”

Namun, Sani mengatakan salah satu guru meninggal setelah mengalami “beberapa komplikasi” saat berada di penangkaran, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pada tanggal 7 Maret, bandit bersenjata dengan sepeda motor menculik lebih dari 300 siswa dan menyerbu Sekolah Dasar dan Menengah LEA di desa Korega, di distrik Chikun di Kaduna, kata polisi negara bagian kepada CNN pada saat itu.

Negara Bagian Kaduna, yang berbatasan dengan ibu kota Nigeria, Abuja, di barat daya, sering menjadi saksi insiden penculikan oleh bandit untuk mendapatkan uang tebusan, dan telah menyaksikan beberapa penculikan massal dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam postingan sebelumnya di situs X, Sani terlihat berbicara kepada puluhan anak-anak dan menulis bahwa dia “senang melihat anak-anak kami yang dibebaskan dengan semangat yang tinggi pada Minggu malam.”

Mereka akan terus “menjalani konseling psikososial” dan menerima “pengawasan medis yang sesuai,” tulisnya.

Mantan militan Dia menuntut uang tebusan sebesar satu miliar naira ($620.000) dan mengancam akan membunuh semua siswa jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, menurut seorang anggota masyarakat.

Sani mengatakan Penasihat Keamanan Nasional Nigeria, Nuhu Ribadu, mengoordinasikan “operasi badan keamanan, yang pada akhirnya membuahkan hasil yang sukses.”

READ  Lebih dari 4.300 ditangkap dalam protes anti-perang di Rusia

“Angkatan Darat Nigeria juga pantas mendapat pujian khusus karena menunjukkan bahwa dengan keberanian, tekad dan komitmen, unsur-unsur kriminal dapat dikurangi dan keamanan dipulihkan di komunitas kita,” kata Sani.

Dia juga berterima kasih kepada Presiden Nigeria Bola Tinubu karena “bekerja sepanjang waktu” untuk memastikan anak-anak tersebut kembali dengan selamat.

Dengan pemberitaan sebelumnya dari Nimi Princewale CNN di Abuja dan Maria Knight.