Juni 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Jokowi dari Indonesia memicu kontroversi lebih lanjut dengan menyatakan bahwa ia mungkin 'berpihak' dalam pemilihan presiden

Jokowi dari Indonesia memicu kontroversi lebih lanjut dengan menyatakan bahwa ia mungkin 'berpihak' dalam pemilihan presiden

“[Campaigning] Itu adalah hak demokratis. Setiap menteri [has] Sama [right]. Presiden bisa berkampanye. Presiden bisa dikesampingkan. Tapi yang terpenting adalah saat kampanye [we] Fasilitas pemerintah tidak boleh digunakan,” kata Widodo kepada wartawan saat upacara serah terima pesawat angkut militer baru kepada TNI AU di Pangkalan Udara Halim Pertanakusuma di Jakarta.

Calon presiden sekaligus Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) dan putra Presiden Joko Widodo sekaligus Wali Kota Surakarta saat ini Gibran Rakabuming Raka memegang spanduk di Jakarta. Foto: AFP
Widodo belum secara resmi menyatakan dukungannya terhadap salah satu calon presiden yang maju dalam pemilu kali ini pemilu 14 Februari. Namun, ia diketahui secara luas memberikan dukungan diam-diam kepada kampanye Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang merupakan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Widodo.

Prabowo berdiri di samping Widodo ketika ia menyampaikan komentarnya pada hari Rabu.

Devi Dharmawan, seorang analis politik di Badan Riset dan Inovasi Nasional yang berbasis di Jakarta, mengatakan pernyataan Widodo dapat semakin merusak hubungannya dengan mantan presiden Indonesia dan pemimpin Partai Demokrasi Indonesia (PDI-P) Megawati Sukarnoputri. Milik resmi.

Hubungan keduanya retak sejak Widodo enggan mendukung calon presiden PTI-P, Kanjar Branowo. Widodo jelas-jelas absen dari konferensi tahunan partai tersebut bulan ini. Megawati mempertimbangkan banyak gagasan secara luas. Serangan terhadap Widodo.

Mantan Presiden Indonesia Megawati Jokowi mengatakan bahwa 'kekuasaan tidak akan bertahan lama'.

“Pemilu bukanlah alat bagi elit politik untuk mempertahankan kekuasaannya dengan cara apa pun. Dalam pemilu, moral dan etika harus dijunjung tinggi,” kata Megawati kepada anggota partai yang berkumpul saat konvensi. “Kekuasaan tidak bertahan lama… Tidak peduli di posisi apa Anda berada, kekuasaan akan berakhir.”

“Di antara semua pimpinan partai politik, Megawati adalah yang paling keras mengkritik merosotnya demokrasi kita. [under Jokowi]. Beliau pernah mengatakan bahwa pemilu saat ini mirip dengan pemilu pada masa Orde Baru,” kata Devi, mengacu pada 32 tahun kediktatoran Suharto yang mana pemilu dimanipulasi untuk mempertahankan cengkeraman orang kuat tersebut.

Dalam pidatonya baru-baru ini, Megawati berulang kali menyatakan keprihatinannya atas kurangnya netralitas di kalangan pejabat negara, pegawai negeri sipil, polisi, dan angkatan bersenjata.

“Konflik ideologis antara upaya memajukan demokrasi dan upaya menghancurkan demokrasi ini dimainkan dengan sangat licik oleh Jokowi,” kata Devi, menggunakan nama panggilan populer Widodo. “Ada [Jokowi’s statement] Serangan pribadi terhadap Megawati? Entahlah, tapi yang jelas dampak konflik internal ini akan sangat besar bagi bangsa kita.

Kanchar di Indonesia menghadapi 'keseimbangan yang rumit' dalam perjalanannya menuju kekuasaan yang didukung oleh Megawati

Pernyataan yang salah

Ari Twipayana, koordinator staf khusus presiden, mengklarifikasi pernyataan Widodo pada hari Kamis, dengan mengatakan bahwa undang-undang tersebut tidak melarang presiden Indonesia untuk memiliki kandidat favorit atau berkampanye untuk mereka. Dia mencontohkan, mantan presiden termasuk Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono berpartisipasi dalam kampanye untuk partainya masing-masing saat memegang jabatan publik.

Namun, Devi berargumen bahwa Megawati dan Yudhoyono saat itu adalah pimpinan partai dan hanya diperbolehkan berkampanye dalam kapasitas tersebut, bukan sebagai presiden.

“Jokowi bukan pemimpin partai mana pun, sehingga tidak bertanggung jawab atas arah dan perkembangan politik partai mana pun. Dia tidak berpartisipasi dalam pemilu mendatang. Jadi, kepentingan politik apa yang dia miliki dalam menyatakan bias? kata Devi.

Calon wakil presiden Gibran Rakabuming tiba di Kantor Pengawasan Pemilu di Raqqa Jakarta untuk dimintai keterangan. Foto: EPA-EFE
Widodo telah dituduh melakukan penyalahgunaan kekuasaan sejak Mahkamah Konstitusi, yang diawasi oleh saudara iparnya, mengeluarkan keputusan kontroversial pada bulan Oktober yang secara konstitusional mengizinkan siapa pun yang berusia di bawah 40 tahun untuk mencalonkan diri sebagai presiden selama mereka sudah melakukannya. Terpilihnya seorang pemimpin daerah memberi Gibran, 36 tahun, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, jalur yang sah untuk ikut serta dalam pemilu. Kakak iparnya nanti Diperintahkan untuk mengundurkan diri karena pelanggaran prosedur, namun putusan tetap dibiarkan.

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu bahwa pernyataan terbaru Widodo adalah “pendekatan yang berbahaya dan salah arah yang merusak demokrasi dan supremasi hukum kita”.

Yayasan tersebut mengutip sebuah pasal dalam undang-undang pemilu yang menyatakan “pejabat publik … dilarang mengambil keputusan dan/atau melakukan tindakan yang dapat menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu selama masa kampanye”.

Asosiasi untuk Pemilu dan Demokrasi, sebuah organisasi nirlaba pengawas pemilu, mendesak Badan Pengawas Pemilu untuk “secara tegas dan bertanggung jawab mengatasi segala bentuk netralitas dan bias yang dilakukan oleh aparatur negara dan pejabat pemerintah.”

07:00

Mengapa istri Jokowi berperan sebagai penjahat dalam pencalonan putranya sebagai wakil presiden Indonesia?

Mengapa istri Jokowi berperan sebagai penjahat dalam pencalonan putranya sebagai wakil presiden Indonesia?

Tanggapan juga datang dari kubu saingan Prabowo, calon presiden Anis Baswedan, mantan gubernur Jakarta yang memposisikan dirinya sebagai kandidat oposisi, mengatakan bahwa ia siap menghadapi tantangan apa pun yang ditimbulkan oleh Widodo jika ia ikut serta dalam kampanye politik. .

“Saya rasa publik akan bisa mencerna adegan-adegan ini dan mempertimbangkannya nanti, karena itu adalah hal yang sudah kita dengar sebelumnya [that the president would remain] Netral, dia melindungi semua [candidates’ campaign activities]kata Anis, Rabu.

Cicco Hakeem, juru bicara kampanye Kanjar, mengatakan pejabat negara tidak netral dalam siklus pemilu ini.

“Beberapa menteri berpindah-pindah menggunakan fasilitas pemerintah. Mereka [politicise] Asisten sosial [for the poor]. “Banyak pejabat yang terang-terangan netral,” katanya, memberikan contoh bagaimana Menteri Badan Usaha Milik Negara Eric Dohir hanya mengundang Prabowo, dan bukan menteri lainnya, ke perayaan Natal internal kementeriannya.

Tohir Widodo dari Indonesia berbicara tentang 'kontinuitas dalam politik' untuk melestarikan warisan

Menteri mengundurkan diri?

Kontroversi seputar komentar Widodo menunjukkan keretakan yang semakin besar di dalam kabinetnya, dengan spekulasi tersebar luas di Jakarta bahwa beberapa menterinya sedang mempertimbangkan untuk mengundurkan diri karena campur tangan dalam pemilihan presiden, Bloomberg melaporkan pada hari Kamis, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Mereka antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani Indravati, Menteri Luar Negeri Redno Marsudi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Mahfoud MD, wakil Kanjar, mengatakan pada hari Selasa bahwa dia berencana mengundurkan diri sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, dengan mengatakan akan lebih etis baginya untuk “memiliki lebih banyak kebebasan untuk mempublikasikan data sebenarnya”. Jadi kalau dia bukan bagian dari pemerintahan saat ini.

Dari India hingga india, tahun 2024 adalah tahun pemilu di Asia. Tapi apakah semuanya akan berubah?

Kabinet kini terpecah “berdasarkan kesetiaan politik mereka,” lapor Bloomberg.

“Para menteri yang tidak mendukung Prabowo berbalik menentang presiden karena pendiriannya, sementara yang lain khawatir bahwa upaya Jokowi untuk memperluas pengaruhnya dapat mengancam demokrasi.”

Pekan lalu, Sri Mulyani tidak membenarkan atau membantah rumor pengunduran dirinya, hanya mengatakan kepada wartawan bahwa “dia sedang bekerja”. Moltogo, kepala kantor kepresidenan, menepis rumor tersebut pekan lalu, dengan mengatakan, “Semua menteri bekerja dengan baik dan kami di kabinet bertekad untuk melanjutkan pembangunan. [agenda]”.

READ  Indonesia mengalokasikan subsidi sebesar $455 juta untuk penjualan sepeda motor listrik