Mei 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Jaringan 100 Gbps untuk pendidikan diluncurkan pada video conference 8K uncompressed pertama di Indonesia di UB-Universitas Brawijaya

Jaringan 100 Gbps untuk pendidikan diluncurkan pada video conference 8K uncompressed pertama di Indonesia di UB-Universitas Brawijaya

Malang, Jawa Timur, Indonesia, 11 Agustus 2023 – (ACN Newswire) – Universitas Prawijaya (UB), Arterial Research and Education Network (IDREN) in Asia Pacific (ARENA-PAC) dan Indonesia Research and Education Network (IDREN) merayakan Diadakan 9 Agustus di UB di Malang, Jawa Timur untuk menandai aktivasi jaringan kecepatan tinggi 100 Gbps untuk pendidikan di Indonesia.

Universitas Brawijaya (UB), Arterial Research and Education Network in Asia Pacific (ARENA-PAC) dan Indonesia Research and Education Network (IDREN) mengadakan seremoni di bulan Agustus untuk menandai pengaktifan jaringan berkecepatan tinggi 100 Gbps untuk pendidikan di Indonesia. 9, 2023.

Menggunakan konferensi video 8K tanpa kompresi, festival ini terhubung ke lokasi terpencil di Universitas Keio Jepang, menandai konferensi video beresolusi sangat tinggi pertama di Indonesia, menunjukkan kapasitas tinggi dan latensi rendah dari jaringan penelitian dan pendidikan. Di seberang Pasifik.

Perwakilan ketiga organisasi, Prof. Widodo dari UB, Prof. Jun Murai dari ARENA-PAC dan Dr. Ahmat Afandi dari IDREN menghadiri upacara di UB. Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Heri Ahmadi, dan Wakil Presiden Keio University, Prof. Eiji Okada, berpartisipasi secara jarak jauh dari Jepang. Di antara hadirin di kedua tempat tersebut, para siswa menyaksikan upacara yang berkesan ini dan menikmati perbincangan.

Prof. Widodo, Rektor UB, mengatakan peresmian tersebut merupakan kelanjutan dari MoU yang telah ditandatangani antara ketiga institusi pada tahun 2022 lalu. Menekankan bahwa jaringan ini adalah tentang kolaborasi, beliau berkata, “Infrastruktur jaringan ini bukan hanya pertukaran data tetapi juga saluran. Bersiaplah untuk berkolaborasi dan berinovasi dengan cepat di era digital yang didedikasikan untuk pendidikan dan penelitian.”

Di Auditorium Algoritma Fakultas Ilmu Komputer Malang, Jawa Timur, Profesor Widodo mengatakan IDREN menghubungkan UB sebagai pintu gerbang ke Guam dan Tokyo dan banyak tempat lainnya. Selain itu, kerjasama ini merupakan lompatan besar bagi Indonesia untuk terhubung dengan jaringan penelitian dan pendidikan global saat ini.

READ  Keunggulan nikel Indonesia belum terlihat pada kendaraan listriknya

“Kami mengirimkan pesan kepada para pemimpin global bahwa jaringan penelitian dan pendidikan itu penting,” kata Profesor Jun Murai dari ARENA-PAC dalam pidato utamanya. Dia menekankan perlunya berkolaborasi dengan penyedia layanan Internet komersial, orang-orang teknologi dan aplikasi untuk fase selanjutnya dari Internet global dari sudut pandang jaringan penelitian dan pendidikan untuk banyak tujuan ilmiah seperti fisika energi tinggi, kedokteran, dan astronomi.

Ia memuji perguruan tinggi di Indonesia dan mekanisme IDREN yang menurutnya unik karena perguruan tinggi bekerja sama dengan penyedia layanan Internet yang mendukung IDREN.

Tentang UB
Universitas Brawijaya (UB) didirikan pada tanggal 11 Juli 1961 oleh Presiden Republik Indonesia. Saat ini UB merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia dengan program khusus. Pelajari lebih lanjut di https://ub.ac.id.

Tentang ARENA-PAC
Arterial Research and Education Network in the Asia Pacific (ARENA-PAC) adalah jaringan tulang punggung penelitian dan pendidikan yang didirikan pada jaringan bawah laut internasional yang dibangun untuk memperluas Internet di Asia Pasifik. ARENA-PAC mencakup beberapa sirkuit IRU 10 dan 100Gbps jarak jauh antara titik pertukaran pusat di Guam dan lokasi di Tokyo, Filipina, dan Indonesia. Melihat www.arena-pac.net.

Tentang IDREN
Indonesian Research and Education Network (IDREN) adalah infrastruktur jaringan khusus yang menghubungkan lembaga penelitian dan pendidikan serta komunitas di Indonesia. Jaringan ini didedikasikan untuk konektivitas komunikasi data yang diperlukan oleh komunitas peneliti, pendidik, dan pengembang untuk bekerja sama. https://idren.id.

Ditulis oleh Malik Ibrahim; Penulis: Fiqh Urbani; (c) Antara 2023.

Sumber: Universitas Prawijaya

Hak Cipta 2023 ACN Newswire. Seluruh hak cipta.