Jappa Jokka Tutup Tahun Baru Imlek di Makassar

Jappa Jokka Makassar 2018

Makassar, Semarak.news – Pentupan perayaan Tahun Baru Imlek 2569 atau perayaan Cap Go Meh kota Makassar ditutup dengan Jappa Jokka.

Jappa dalam bahasa Makassar yang artinya pasar malam ini sengaja diadakan oleh masyarakat Cina di Makassar untuk menutup tahun baru Imlek 2018. Perayaan ini di kenal dengan Cap Go Meh. Cap Go Meh sendiri berarti pentupan malam ke 15, Cap artinya sepuluh, Go artinya lima, dan Meh artinya malam.

Prosesi perayaan Cap Go Meh di mulai sejak pukul 06.00 – 24.00 WITA. Sejak pagi hingga malam hari masyarakat Cina yang menganut kepercayaan Konghuchu mendatangi Klenteng yang berada di Jalan Sulawesi Kota Makassar untuk berdoa.

Mulai pukul 17.00 WITA jalan Sulawesi ditutup untuk kendaran bermotor. Hal ini karena sepanjang jalan itu akan digunakan sebagai area pasar malam. Pasar malam atau Jappa Jokka ini tidak hanya untuk masyarakat Cina, tapi juga untuk seluruh masyarakat kota Makassar.

Warga Makassar mulai mendatangai Jappa Jokka

Ribuan masyarakat memenuhi jalan Sulawesi sejak pukul 18.00 WITA. Perayaan ini semakin dimeriahkan dengan pertunjukkan Barongsai. Selain itu ada juga puluhan tenant bazar dan kuliner, hiburan seni, serta pemandangan lampion yang indah juga tersedia di perayan Cap Go Meh. DHA.

TINGGALKAN BALASAN