April 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Israel mengatakan pihaknya terbuka untuk menghentikan pertempuran di Gaza untuk mendapatkan bantuan dan sandera

Israel mengatakan pihaknya terbuka untuk menghentikan pertempuran di Gaza untuk mendapatkan bantuan dan sandera

  • Perkembangan terkini
  • Para pejabat kesehatan mengatakan bahwa setidaknya 23 warga Palestina tewas dalam dua serangan udara Israel yang terpisah pada Selasa pagi di kota Khan Yunis dan Rafah di Jalur Gaza selatan.
  • Tentara Israel mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka telah menguasai benteng militer Hamas di Jalur Gaza utara, di mana dikatakan pasukannya menemukan rudal anti-tank, peluncur, senjata dan berbagai materi intelijen.

GAZA/YERUSALEM (Reuters) – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Israel akan mempertimbangkan “jeda taktis kecil” dalam pertempuran di Jalur Gaza untuk memungkinkan sandera pergi atau bantuan bisa lewat, namun ia kembali menolak seruan gencatan senjata meskipun ada tekanan internasional.

Setelah mengepung kota padat penduduk Gaza di Jalur utara, tempat Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) bermarkas, tentara Israel mengatakan mereka telah menguasai kompleks militan dan bersiap menyerang pejuang yang bersembunyi di terowongan bawah tanah.

Para pejabat kesehatan mengatakan bahwa setidaknya 23 warga Palestina tewas dalam dua serangan udara Israel yang terpisah pada Selasa pagi di kota Khan Yunis dan Rafah di Jalur Gaza selatan.

Di Khan Yunis, seorang pria yang diselamatkan dari reruntuhan sebuah rumah di mana menurut pejabat kesehatan Palestina 11 orang tewas, diperingatkan bahwa Israel akan “memberikan pelajaran yang sangat keras.”

Pria yang mengaku bernama Ahmed Ayesh itu mengatakan kepada wartawan, “Ini adalah keberanian yang disebut Israel. Mereka menunjukkan kekuatan dan kekuasaan mereka terhadap warga sipil, anak-anak di dalam rumah, anak-anak dan orang tua.”

Israel telah membom Jalur Gaza sejak serangan Hamas di Israel selatan satu bulan lalu, ketika para pejuangnya menewaskan 1.400 orang dan menyandera 240 orang.

Pejabat kesehatan Gaza mengatakan serangan Israel menewaskan lebih dari 10.000 warga Palestina, termasuk sekitar 4.100 anak-anak.

READ  Paula Tinubu: Dari Ayah baptis Lagos hingga Presiden terpilih Nigeria

Baik Israel maupun Hamas menolak seruan untuk menghentikan pertempuran. Israel mengatakan para sandera harus dibebaskan terlebih dahulu. Hamas mengatakan pihaknya tidak akan melepaskan mereka atau menghentikan pertempuran saat Gaza diserang.

Netanyahu mengatakan bahwa gencatan senjata secara umum akan menghambat upaya perang negaranya, namun penghentian sementara pertempuran karena alasan kemanusiaan, sebuah gagasan yang didukung oleh Amerika Serikat, sekutu terbesar Israel, akan terus dipertimbangkan berdasarkan keadaan.

“Dalam hal jeda taktis kecil – satu jam di sini, satu jam di sana – kami telah melakukan hal tersebut sebelumnya. Saya pikir kami akan memeriksa kondisinya untuk memungkinkan masuknya barang dan barang kemanusiaan, atau kedatangan sandera kami, atau individu kami.” sandera,” kata Netanyahu kepada ABC News pada hari Senin.

“Tetapi menurut saya tidak akan ada gencatan senjata secara umum.”

Gedung Putih mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden membahas jeda tersebut dan kemungkinan pembebasan sandera dalam panggilan telepon dengan Netanyahu pada hari Senin, menegaskan dukungannya untuk Israel sambil menekankan bahwa Israel harus melindungi warga sipil.

Seperti halnya Israel, Amerika Serikat khawatir Hamas akan memanfaatkan gencatan senjata penuh untuk berkumpul kembali.

Sekretaris Jenderal PBB António Guterres menyerukan gencatan senjata yang mendesak, dan pada hari Senin memperingatkan bahwa Gaza telah menjadi “kuburan bagi anak-anak.”

“Operasi darat dan pemboman terus-menerus oleh Pasukan Pertahanan Israel menghantam warga sipil, rumah sakit, kamp pengungsi, masjid, gereja dan fasilitas PBB – termasuk tempat penampungan. Tidak ada yang aman,” kata Guterres kepada wartawan.

READ  China mengatakan Xi Jinping telah memberikan pukulan terhadap Covid domestik karena berusaha meredakan masalah keamanan vaksin | Virus corona

Dia menambahkan: “Pada saat yang sama, Hamas dan militan lainnya menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia dan terus menembakkan roket tanpa pandang bulu ke Israel.”

Organisasi-organisasi internasional mengatakan rumah sakit tidak dapat menangani korban luka, makanan dan air bersih hampir habis, dan pengiriman bantuan tidak mencukupi.

“Kita memerlukan gencatan senjata segera atas dasar kemanusiaan. 30 hari telah berlalu. Cukup sudah. ​​Ini harus dihentikan sekarang,” kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh para pemimpin beberapa badan PBB pada hari Senin.

Tentara Israel mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka telah menguasai benteng militer Hamas di Jalur Gaza utara, di mana dikatakan pasukannya menemukan rudal anti-tank, peluncur, senjata dan berbagai materi intelijen.

Dia menambahkan, pesawat Israel mengebom sejumlah aktivis Hamas yang bersembunyi di sebuah gedung dekat Rumah Sakit Al-Quds dan berencana melancarkan serangan terhadap pasukan Israel.

Kota Gaza terputus

Pada hari Senin, tentara Israel menerbitkan sebuah video yang menunjukkan tank-tank bergerak melalui jalan-jalan yang dibom dan sekelompok tentara bergerak dengan berjalan kaki. Dikatakan bahwa mereka telah mengepung Kota Gaza, memotong bagian utara jalur pantai sempit tersebut dari bagian selatan.

Dalam konferensi pers, kepala juru bicara militer Laksamana Daniel Hajary mengatakan pasukan sedang mengejar komandan lapangan Hamas untuk melemahkan kemampuan militan dalam “melakukan serangan balik.”

Dewan Keamanan PBB bertemu secara tertutup pada hari Senin. Badan beranggotakan 15 orang tersebut masih berusaha menyepakati keputusan setelah gagal mengambil tindakan sebanyak empat kali dalam dua minggu. Para diplomat mengatakan hambatan utamanya adalah apakah gencatan senjata, penghentian permusuhan atau gencatan senjata kemanusiaan harus dilakukan agar bantuan dapat mencapai Gaza.

READ  Runtuhnya terowongan di India: Tim penyelamat membawa 41 pekerja yang terjebak keluar dari terowongan di India utara

Pada pertemuan para menteri luar negeri G7 di Tokyo, Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa mengatakan kelompok tersebut berencana menyerukan penghentian pertempuran dan mengizinkan bantuan kemanusiaan mencapai Gaza.

Sebuah sumber yang mengetahui rencana tersebut mengatakan pada hari Senin bahwa pemerintahan Biden telah memberi tahu Kongres AS bahwa mereka berencana untuk mentransfer bom berpemandu presisi ke Israel senilai $320 juta.

Israel mengatakan pada hari Senin bahwa mereka mengebom sasaran-sasaran Hizbullah di Lebanon sebagai tanggapan atas rentetan roket yang ditembakkan ke kota-kota di Israel utara. Tentara Israel mengatakan bahwa mereka memantau sekitar 30 peluncuran dari Lebanon dalam waktu satu jam.

Hizbullah yang didukung Iran telah terlibat baku tembak dengan pasukan Israel di seberang perbatasan Lebanon-Israel sejak 7 Oktober, yang merupakan pertempuran terburuk di sana sejak perang antara Hizbullah dan Israel pada tahun 2006.

Hamas mengatakan pihaknya menembakkan 16 roket ke arah Nahariya dan selatan Haifa di Israel.

(Laporan oleh Nidal al-Mughrabi di Gaza, Emily Rose di Gaza, Patricia Zengerle di Washington, dan Michelle Nichols di PBB – Disiapkan oleh Muhammad untuk Buletin Arab – Disiapkan oleh Muhammad Al-Yamani untuk Buletin Arab) Ditulis oleh Daphne Pesta Psalidakis dan Lincoln. Diedit oleh Rami Ayoub, Cynthia Osterman, dan Simon Cameron-Moore

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru

Seorang koresponden senior dengan pengalaman hampir 25 tahun meliput konflik Palestina-Israel, termasuk beberapa perang dan penandatanganan perjanjian perdamaian bersejarah pertama antara kedua belah pihak.