Juli 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Israel mengatakan bahwa Houthi menyita sebuah kapal di Laut Merah, dan tidak ada orang Israel di antara pemilik atau awak kapal tersebut

Israel mengatakan bahwa Houthi menyita sebuah kapal di Laut Merah, dan tidak ada orang Israel di antara pemilik atau awak kapal tersebut

JERUSALEM (Reuters) – Israel pada Minggu mengatakan bahwa kelompok Houthi Yaman telah menyita sebuah kapal kargo milik Inggris dan dioperasikan Jepang di Laut Merah bagian selatan, dan menggambarkan insiden itu sebagai “aksi teroris Iran” yang memiliki konsekuensi terhadap keamanan maritim internasional. .

Kelompok Houthi mengatakan mereka menyita sebuah kapal di daerah itu, tetapi menggambarkan kapal itu milik Israel. Juru bicara kelompok tersebut mengatakan: “Kami memperlakukan awak kapal sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai Islam,” tanpa mengacu pada versi Israel.

Houthi, sekutu Teheran, meluncurkan rudal jarak jauh dan drone ke Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap gerakan Hamas Palestina yang bertempur di Jalur Gaza.

Pekan lalu, pemimpin Houthi mengatakan pasukannya akan melancarkan lebih banyak serangan terhadap Israel dan dapat menargetkan kapal-kapal Israel di Laut Merah dan Selat Bab al-Mandab.

Seorang pejabat Departemen Pertahanan AS mengatakan, “Kami menyadari situasi ini dan memantaunya dengan cermat.”

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa sebuah kapal – yang namanya tidak disebutkan – disita. “Tidak ada orang Israel di atas kapal tersebut,” dan Israel tidak memiliki peran dalam kepemilikan atau pengoperasian kapal tersebut.

Dia menambahkan, “Ini adalah tindakan teroris Iran lainnya yang mewakili peningkatan agresi Iran terhadap warga dunia bebas, yang disertai dengan dampak internasional terhadap keamanan rute pelayaran global.”

Sebelumnya pada hari Minggu, kelompok Houthi mengatakan bahwa semua kapal yang dimiliki atau dioperasikan oleh perusahaan Israel, atau yang mengibarkan bendera Israel, dapat menjadi sasaran.

Ditulis oleh Dan Williams. Laporan tambahan oleh Mohammed Al-Ghobari di Aden – Disiapkan oleh Mohammed untuk Penyuntingan Buletin Arab oleh Jane Merriman, Hugh Lawson dan Andrew Heavens

READ  Mengumumkan program "Union for Ukraina" untuk mengizinkan pengungsi masuk ke Amerika Serikat atas dasar kemanusiaan

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru