Juni 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Iron Sheik, legenda gulat profesional dan Hall of Famer, telah meninggal dunia pada usia 81 tahun

Iron Sheik, legenda gulat profesional dan Hall of Famer, telah meninggal dunia pada usia 81 tahun

Mark RaimondiPenulis staf ESPN7 Juni 2023, 12:15 ET3 menit untuk membaca

Iron Sheik, pegulat Yunani-Romawi terkemuka dari Iran yang mendapatkan ketenaran di seluruh dunia dalam gulat profesional dengan persaingannya pada 1980-an melawan orang-orang seperti Hulk Hogan, meninggal pada hari Rabu di usia 81 tahun, menurut akun Twitter resminya.

Sheik, yang nama aslinya adalah Hussain Khosrow Ali Waziri, adalah mantan Juara Dunia Kelas Berat WWF yang dilantik ke dalam WWE Hall of Fame pada tahun 2005. Sebagai tumit yang dibenci, ia bertarung dalam pertarungan legendaris pada 1980-an melawan Hogan, Bob Backlund, dan Sgt . . pembantaian. Waziri mengalahkan Backlund untuk Gelar WWF pada bulan Desember 1983, dan satu bulan kemudian, Hogan mengalahkan Waziri di depan lebih dari 20.000 penonton di Madison Square Garden di New York untuk memenangkan sabuk tersebut untuk pertama kalinya. Pertandingan tersebut membantu melontarkan Hulkamania menjadi fenomena yang menyebabkan WrestleMania pertama satu tahun kemudian.

“Dengan kepribadiannya yang luar biasa, karisma yang luar biasa, dan keterampilan yang tak tertandingi di atas ring, dia telah memikat penonton di seluruh dunia,” kata pernyataan itu dari akun Twitternya. “Dia adalah seorang perintis, mendobrak hambatan dan membuka jalan bagi berbagai pegulat yang mengikuti jejaknya.”

Sebelum memulai gulat profesional, Waziri adalah pengawal Shah terakhir Iran, Mohammad Reza Pahlavi. Dia adalah pegulat Yunani-Romawi di negara asalnya, dan hampir masuk tim Olimpiade 1968. Vaziri kemudian pindah ke Amerika Serikat, di mana dia memenangkan kejuaraan gulat AAU Yunani-Romawi dengan berat 180,5 pound, dan menjadi asisten pelatih AS. tim gulat, termasuk tim Olimpiade pada tahun 1972.

Sekitar waktu itu, dia terlibat dengan gulat profesional di Minnesota dengan promotor AWA Verne Gagne di bawah pelatih kepala dan menangkap legenda gulat Billy Robinson. Vaziri diberi persona yang diambil dari warisan Irannya (terinspirasi oleh awal Revolusi Iran) dan membungkuk padanya, mencukur kepalanya, menumbuhkan kumis stang, dan memakai sepatu peep-toe, yang menjadi tampilan ikonik. . Dia pertama kali bergabung dengan WWF pada tahun 1979, memenangkan kerajaan pertempuran pertamanya di Madison Square Garden dan bertanding dengan orang-orang seperti Bruno Sammartino dan Chief Jay Strongbow.

READ  Batman 2 mendapat tanggal rilis karena DCU mengungkapkan rencana Batman yang lebih besar

Setelah menjatuhkan gelar WWF ke Hogan pada tahun 1984, Waziri menjalani serangkaian pertandingan yang tak terlupakan Sersan. Slaughter, seorang tokoh militer Amerika. Sengketa itu menyebabkan ketegangan nyata antara Amerika Serikat dan tanah air Iran Waziri. Waziri dan Slaughter mengadakan pertandingan “kamp pelatihan” yang penuh kekerasan dan berdarah pada bulan Juni 1984 di Madison Square Garden yang sangat terkenal dan masih bertahan sampai sekarang.

Dalam beberapa tahun terakhir, Waziri telah mengembangkan pengikut kultus di Twitter, bahkan dari orang-orang yang belum pernah menonton pertarungan legendarisnya di dalam lingkaran persegi.

Waziri meninggalkan istrinya, Karel, yang dinikahinya selama 47 tahun, dan putra-putranya, Tanya dan Nikki, serta menantunya, Eddie, menurut akun Twitter-nya.

“Di luar kemewahan dan kemewahan lingkaran persegi, The Iron Sheik adalah pria yang memiliki hasrat dan dedikasi yang besar,” bunyi pernyataan Twitter. “Dia mempersonifikasikan ketahanan. Dia mengatasi tantangan yang tak terhitung jumlahnya dalam hidupnya, baik di dalam maupun di luar ring gulat. Perjalanannya dari sebuah desa kecil di Iran menjadi salah satu tokoh paling dikenal di dunia gulat adalah bukti dedikasinya yang tak tergoyahkan. ”