Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

iOS 18 dapat menghasilkan pendapatan aplikasi sebesar 0 juta

iOS 18 dapat menghasilkan pendapatan aplikasi sebesar $400 juta

Praktik Apple dalam memanfaatkan ide dari komunitas pengembang pihak ketiga untuk menjadi fitur dan aplikasi baru untuk iOS dan Mac memiliki label harga yang mahal, menurut sebuah laporan baru. Dengan dirilisnya iOS 18 pada musim gugur ini, perubahan Apple dapat berdampak pada aplikasi yang saat ini diperkirakan memiliki pendapatan sekitar $393 juta dan diunduh hampir 58 juta kali selama setahun terakhir, menurut analisis perusahaan intelijen aplikasi. Formulir aplikasi.

Setiap bulan Juni, di Konferensi Pengembang Sedunia Apple, Apple memberikan bocoran tentang rilis perangkat lunak dan sistem operasinya yang akan datang, yang sering kali menyertakan fitur-fitur yang sebelumnya hanya tersedia melalui aplikasi pihak ketiga. Praktik ini sekarang sudah sangat umum sehingga diberi nama: “sherlocking” — mengacu pada aplikasi pencarian Mac tahun 1990-an yang meminjam fitur dari aplikasi pihak ketiga yang dikenal sebagai Watson. Kini, ketika Apple merilis fitur baru yang sebelumnya merupakan domain aplikasi pihak ketiga, dikatakan telah “mengunci” aplikasi tersebut.

Pada tahun-tahun sebelumnya, aplikasi shelocking tidak masuk akal. Lagi pula, apakah senter iPhone benar-benar harus berupa tampilan pihak ketiga, atau lebih baik memiliki fungsi bawaan? Selain itu, Apple mampu merilis fitur-fitur yang membuat perangkat lunaknya dapat beradaptasi lebih baik terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen dengan mempertimbangkan apa yang populer di kalangan komunitas pengembang pihak ketiga.

Tentu saja, praktik ini juga menimbulkan pertanyaan tentang apakah Apple memanfaatkan data kepemilikan untuk mengambil keputusan mengenai apa yang akan dikembangkan selanjutnya, dan apakah aplikasi pesaingnya mendapat peluang yang sama atau tidak. Misalnya, sebelum Apple meluncurkan sistem kontrol orang tuanya, Apple menutup beberapa aplikasi pihak ketiga yang telah membangun bisnis di bidang ini, dengan mengatakan bahwa solusi mereka sekarang tidak mematuhi aturan dan kebijakannya. Aplikasi belum diberikan akses ke API bagi pengembang untuk mengelola kontrol orang tua bawaan Apple selama bertahun-tahun, sehingga memicu penyelidikan antimonopoli.

READ  Mengapa Hellblade 2 lebih dari sekedar video game

Dalam beberapa tahun terakhir, Apple telah melakukan inovasi pihak ketiga dengan meluncurkan fitur seperti Continuity Camera, pelacakan pengobatan, pelacakan tidur, dan pelacakan suasana hati, serta aplikasi seperti Freeform dan Journal. Tahun ini, mereka mengalihkan perhatiannya ke pengelola kata sandi, aplikasi perekaman panggilan dan pengalihan suara, aplikasi yang didedikasikan untuk membuat emoji khusus, alat tulis dan asisten matematika yang didukung AI, aplikasi pelacak, dan banyak lagi.

Dalam analisis terhadap aplikasi pihak ketiga yang menghasilkan lebih dari 1.000 unduhan per tahun, Appfigures menemukan beberapa jenis yang menjadi sasaran Apple pada tahun 2024.

Dalam hal total pendapatan di seluruh dunia, kategori-kategori ini menghasilkan pendapatan yang signifikan selama 12 bulan terakhir, dengan kategori Trail Apps menghasilkan pendapatan terbesar sebesar $307 juta per tahun, dipimpin oleh pemimpin pasar dan ‘App of the Year’ Apple AllTrails Untuk tahun 2023. Aplikasi pendukung tata bahasa , seperti Grammarly dan lainnya, memperoleh $35,7 juta, sementara pembantu matematika, pengelola kata sandi, dan pembantu matematika masing-masing memperoleh $23,4 juta dan $20,3 juta. Aplikasi pembuatan emoji khusus juga menghasilkan $7 juta.

Kredit gambar: Formulir aplikasi

Dari aplikasi-aplikasi tersebut, aplikasi pelacak menyumbang sebagian besar pendapatan yang “berpotensi di-sherlock”, atau 78%, menurut catatan Appfigures, serta 40% dari unduhan aplikasi yang di-sherlock. Pada bulan Mei 2024, total belanja konsumen diperkirakan mencapai $28,8 juta dan 2,5 juta unduhan, untuk memberi Anda gambaran tentang skalanya.

Banyak dari kategori aplikasi ini telah berkembang pesat, dengan pemecah masalah matematika mengalami pertumbuhan pendapatan sebesar 43% dari tahun ke tahun, diikuti oleh tata bahasa (+40%), pengelola kata sandi (+38%), dan aplikasi pelacak (+28%) ). Namun, aplikasi pembuat emoji mengalami penurunan sebesar -17% dari tahun ke tahun.

READ  Nintendo membagikan trek musik baru untuk Splatoon 3, selamat mendengarkan
Kredit gambar: Formulir aplikasi

Berdasarkan jumlah unduhan, aplikasi bantu tata bahasa mendapatkan 9,4 juta pemasangan selama 12 bulan terakhir, diikuti oleh pembuat emoji (10,6 juta), aplikasi penyelesaian matematika (9,5 juta), dan pengelola kata sandi (457 ribu pemasangan).

Meskipun aplikasi-aplikasi ini tentu saja memiliki basis pengguna khusus yang mungkin tidak langsung memilih untuk beralih ke penawaran pihak pertama, kemampuan Apple untuk menawarkan fungsi bawaan serupa dapat merugikan potensi pertumbuhannya. Rata-rata pengguna mungkin puas dengan solusi Apple yang “cukup baik” dan tidak akan mencari alternatif lain.

Namun, aplikasi yang terus mengembangkan fitur-fitur baru dan menambahkan peningkatan di luar apa yang disertakan Apple sambil juga memanfaatkan cara-cara baru lainnya untuk menjangkau pengguna, seperti Siri yang ditingkatkan dari Apple, mungkin memiliki peluang lebih baik dibandingkan aplikasi lain.

Kredit gambar: Formulir aplikasi