November 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Investigasi Chess.com menuduh 'kemungkinan' penipuan oleh Hans Niemann

Investigasi Chess.com menuduh ‘kemungkinan’ penipuan oleh Hans Niemann

Dalam laporan setebal 72 halaman yang dirilis Selasa malam, sebuah platform catur online utama menemukan bahwa Hans Niemann “mungkin curang” di situsnya lebih sering dan pada usia yang jauh lebih tua daripada yang dia akui di depan umum.

Nieman, seorang guru Amerika berusia 19 tahun, berada di Pusat badai di dunia catur Sejak awal bulan lalu, ketika kejutan kemenangan atas petenis nomor satu dunia Magnus Carlsen menyusul, Carlsen mengisyaratkan bahwa sesuatu yang mengerikan telah terjadi. Nieman nanti Dia berkata Dia curang dalam pertandingan di Chess.com ketika dia berusia 12 dan 16 tahun, tetapi bersikeras dia tidak mengulangi apa yang dia gambarkan sebagai “kesalahan yang sangat, sangat besar”. Neiman menambahkan bahwa dia tidak pernah curang “dalam turnamen dengan hadiah uang.”

Kemudian Carlsen, seorang guru Norwegia yang hebat, mengorganisir protes terhadap Niemann Mundur dari pertandingan ulang Setelah bermain hanya satu gerakan. Akhir bulan lalu, Carlsen menyuarakan tindakannya dan Niemann menuduh dari “kecurangan – baru-baru ini – daripada yang dia akui secara terbuka”. Selasa laporan dari Chess.comyang menyebut dirinya sebagai “platform catur online nomor satu,” menambahkan beberapa dukungan untuk tuduhan Carlsen yang tidak ditentukan.

Mengacu pada sistem deteksi cheat “terbaik di kelasnya”, situs tersebut mengklaim bahwa Niemann “mungkin ditipu” di lebih dari 100 game online, termasuk beberapa yang terjadi setelah ia berusia 17 tahun dan terjadi di acara hadiah uang.

Dalam permainan catur, sejarah panjang kecurangan, penipuan, dan tipuan perang dingin

Sementara itu, Chess.com mengatakan penyelidikannya gagal mengungkap banyak “bukti statistik konkret” bahwa Neiman curang dalam kemenangan besarnya (yaitu, secara langsung) atas Carlsen atau di sejumlah game OTB lainnya. Mainan. Namun, situs tersebut menambahkan bahwa mereka menemukan beberapa aspek “mencurigakan” dari kemenangan ini, yang mematahkan kemenangan beruntun Carlsen dalam 53 pertandingan OTB meskipun Neiman bermain dari posisi hitam yang sedikit tidak menguntungkan dan mencatat bahwa ia “secara statistik luar biasa.” bangkit dalam olahraga.

READ  Skor Villanova vs Houston, Makanan Cepat Saji: Wildcats mengandalkan pertahanan untuk melumpuhkan Cougars, maju ke Final Four

Niemann belum secara terbuka mengomentari hasil Chess.com, yang pertama kali disebutkan Oleh The Wall Street Journal pada hari Selasa. ditugaskan untuk bersaing di Kejuaraan Catur Amerika, yang dimulai Rabu di St. Louis. Louis Chess Club, yang menjadi tuan rumah turnamen OTB, tidak secara khusus berbicara kepada Neiman sebagai tanggapan atas permintaan komentar, tetapi mengungkapkan komitmen klub untuk mencegah kecurangan secara umum.

“Kami bangga dapat menjadi tuan rumah bagi para pemain catur terbaik dari seluruh dunia di St. Louis Chess Club,” kata CEO Tony Rich dalam sebuah pernyataan Rabu pagi. “Seperti halnya semua acara, penting bagi kami untuk mempertahankan standar tinggi dari permainan turnamen yang adil. Kami selalu memiliki – dan akan terus memiliki – tindakan anti-penipuan yang ekstensif.

“Saat kami bersiap untuk Kejuaraan Catur AS mendatang dan Kejuaraan Catur Wanita AS, kami berharap dapat menyelenggarakan acara lain yang sukses, lengkap dengan protokol ketat untuk memastikan bahwa pemain catur terbaik di negara ini dapat terus bersaing di lapangan yang seimbang.”

Jenkins: Ketika catur itu sulit dan curang itu mudah, langkah selanjutnya yang rumit

Chess.com mengatakan telah menghapus Niemann dari platformnya dan melarangnya berpartisipasi dalam kompetisi besar yang diselenggarakannya. Situs tersebut mengatakan bahwa itu berurusan dengan dia dalam kerahasiaan penuh, sambil mengikuti kebijakannya yang biasa, dan tidak mulai mengumumkannya sampai formulasi Tentang situasinya setelah berbicara tentang urusan mereka. Chess.com mengatakan Niemann sebelumnya telah diskors dari situs dan mengaku curang, setelah “program dan tim deteksi cheat mengungkap permainan yang mencurigakan” pada saat itu.

“Kami percaya Hans adalah pemain yang sangat kuat dan individu yang berbakat,” kata Chess.com dalam laporan mereka. “Namun, mengingat sejarahnya di situs kami, kami tidak percaya kami dapat menjamin bahwa dia akan bermain adil di acara online kami sehingga kami dapat mengevaluasi kembali bukti dan protokol kami. Namun, untuk memperjelas, bukan posisi kami yang Hans harus dibatasi atau dilarang bermain catur. OTB”.

READ  Nestor Cortes berkembang pesat di Yankees dengan menjadi dirinya sendiri

Federasi Catur Internasional (FIDE), badan pengatur olahraga, mengumumkan Pada akhir September, ia meluncurkan penyelidikan atas tuduhan kecurangan Carlsen dan komentar Neiman tentang masalah tersebut. FIDE mengatakan penyelidikan akan dipimpin oleh anggota Komite Fair Play dan akan mencakup “kemungkinan mengundang konsultasi dengan pakar eksternal di mana analisis diperlukan”. Chess.com telah menunjukkan kesediaan untuk bekerja sama dengan penyelidikan FIDE jika diminta untuk melakukannya.

Kecurangan yang dilakukan oleh pemain catur, khususnya dalam permainan online, mungkin melibatkan koneksi ke komputer atau mesin catur, yang mampu bermain pada tingkat yang lebih tinggi daripada yang dapat diakses oleh manusia mana pun.

Chess.com mencatat: “Kebanyakan mesin catur menggunakan jaringan saraf yang telah dilatih pada jutaan permainan catur tingkat tinggi untuk mendapatkan pemahaman strategis terdalam tentang catur.” “Mereka juga memiliki perhitungan taktis yang hampir sempurna, di mana mereka dapat melihat lebih dari 40 gerakan jauh ke tengah dan menghitung hasil potensial.”

Niemann diduga menggunakan mesin seperti itu dalam pertandingan OTB, meskipun caranya untuk melakukannya masih dalam ranah spekulasi.

Carlsen mengatakan bahwa selama kekalahannya bulan lalu, dia “memiliki kesan bahwa [Niemann] Dia tidak gugup atau bahkan sepenuhnya fokus pada pertandingan dalam situasi penting, sementara saya hanya memukul-mukul seperti saya hitam dengan cara yang menurut saya hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang.”

Membangkitkan kecurigaan orang lain adalah respon lembut Niemann setelah Carlsen membuat pembukaan yang relatif tidak biasa. Nieman Dia berkata Kemudian “dengan keajaiban” dia menjelajahi kemungkinan urutan itu terjadi pada hari sebelumnya, menambahkan, “Sangat tidak masuk akal sehingga saya memeriksanya.”

Dalam laporannya, Chess.com mencatat komentar pasca-pertandingan lainnya oleh Niemann, di mana ia menyarankan langkah yang akan diambil dan kemudian diminta untuk melihat peringkat mesin untuk langkah tersebut.

READ  Peringkat Kursi Panas MLB: Lima manajer yang mungkin akan segera kehilangan pekerjaan, termasuk Joe Girardi . dari Phillies

“Analisis dan ketergantungan pada mesin ini tampaknya bertentangan dengan tingkat persiapan yang diklaim Hans dalam permainan dan tingkat analisis yang diperlukan untuk mengalahkan juara catur dunia itu,” tulis laporan tersebut.

Chess.com mengklaim bahwa sistem deteksi cheatnya — yang menggunakan perbandingan gerakan yang direkomendasikan mesin dan profil kompetitif pemain tertentu, serta masukan dari “panel analis terlatih” — menghasilkan pengakuan dari empat pemain di FIDE Top 100. Selain itu, sistem tersebut dikatakan telah mengakibatkan penutupan akun online “puluhan” pemain hebat, serta ratusan pemain terkenal lainnya.

Situs itu menegaskan kembali bahwa “tidak mengetahui adanya bukti nyata bahwa Hans curang di dewan direksi atau bahwa dia pernah curang di dewan.” Chess.com menambahkan bahwa sementara beberapa permainan online Niemann baru-baru ini tampak mencurigakan, mereka tidak mengetahui bukti kecurangan setelah Agustus 2020. Chess.com juga mengecilkan potensi kecurangan yang meluas di platformnya, dengan mengatakan bahwa mereka menghargai Kurang dari 0,14% dari pengguna terlibat dalam perilaku tersebut.

“Acara kami sebagian besar bebas dari penipuan,” kata Chess.com dalam laporan tersebut. “Kami sangat percaya bahwa kecurangan catur jarang terjadi, dapat dicegah, dan jauh lebih jarang daripada yang digambarkan saat ini di media.”