November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Intel: 'Hukum Moore tidak mati' karena GPU Arc A770 seharga $ 329

Intel: ‘Hukum Moore tidak mati’ karena GPU Arc A770 seharga $ 329

Perbesar / GPU Arc A770, datang dari Intel pada 12 Oktober, mulai dari $329.

Perusahaan Intel

Setelah satu minggu kemajuan Nvidia dengan Beberapa harga tertinggi untuk kartu grafisIntel telah keluar dengan kabar baik: harga kartu grafis 2023-nya semakin mendekati harga dasar.

Pat Gelsinger, CEO Intel Corporation, memberikan keynote pada hari Selasa di Acara inovasi terbaru Intel Untuk mengonfirmasi harga mulai dan tanggal rilis untuk GPU Arc A770 mendatang: $329 pada 12 Oktober.

Harga itu jauh di bawah GPU Nvidia teratas akhir pekan lalu, tetapi seharusnya berkorelasi erat dengan GPU AMD dan Nvidia saat ini di kisaran $300. Yang terpenting, Intel mengklaim bahwa A770, produk kelas atas dari kartu grafis gelombang pertama perusahaan, akan membandingkan atau bahkan melampaui NVIDIA RTX 3060 Tiyang memulai debutnya tahun lalu dengan harga $399 dan terus mempertahankan titik harga ini di sebagian besar pasar.

Meskipun kami belum menguji secara pribadi pasangan GPU seri 700 Intel, kisah mereka menyebutkan perangkat keras yang serupa, dengan 4.096 shader (dibandingkan dengan 3060 Ti 4864 CUDA core), dan RAM 16GB.RAM GDDR6 (dibandingkan dengan 3060 Ti 8 GB GDDR6) ), boost clock 2,1 GHz (dibandingkan dengan 3060 Ti 1,67 GHz). Sejauh ini, masukan awal Intel kepada Ars Technica menunjukkan kinerja yang lebih tinggi dalam game modern yang berjalan di DirectX 12 — dan bahkan meningkatkan kinerja ray tracing berkat beberapa fitur yang berfokus pada perangkat keras untuk membuat kinerja tersebut efektif dalam game DX12 RT saat ini. Namun, Intel juga menyarankan kepada Ars bahwa dalam jangka pendek, perangkat lunak 3D yang berjalan di API lawas kemungkinan akan mengalami kombinasi driver GPU Intel awal dan peningkatan kinerja minimal.

READ  Huawei memasuki e-reader dengan Kertas MatePad 10,3 inci

Intel belum mengumumkan harga atau jendela rilis untuk GPU seri 700 lainnya, Arc A750. Sejauh ini, perusahaan telah menyarankan bahwa GPU ini, yang memiliki spesifikasi lebih rendah di seluruh papan tetapi lebih terjangkau daripada A770, akan Bandingkan langsung dengan RTX 3060 Nvidia (bukan Ti).

CEO Intel Pat Gelsinger menunjukkan grafik harga GPU Nvidia dalam kisaran tertentu sejak peluncuran GTX 650 Ti.
Perbesar / CEO Intel Pat Gelsinger menunjukkan grafik harga GPU Nvidia dalam kisaran tertentu sejak peluncuran GTX 650 Ti.

Perusahaan Intel

Sebelum mengumumkan harga dan tanggal rilis 770, Gelsinger merujuk pada bagan “harga chip kinerja GPU” yang memetakan peluncuran GPU kelas menengah Nvidia sejak GTX 650 Ti. “Kami bersama para gamer dan kami mendengar keluhan tentang kenaikan harga,” kata Gelsinger, mengacu pada harga model RTX 3060 dan 3060 Ti saat ini di pasaran. “Anda pasti frustrasi, karena Anda kehilangan komunitas game. Hari ini, kami sedang memperbaikinya.”

Pertunjukan Gelsinger mencakup beberapa pernyataan bahwa “Hukum Moore tidak mati”, tampaknya mengacu pada Komentar dibuat oleh CEO Nvidia Jensen Huang minggu lalu Mengingat pengumuman perusahaannya tentang RTX 4090 dan RTX 4080. Gelsinger bahkan mengambil slide tentang seluruh jalur produksi berbagai chip, dengan mengatakan, “Hukum Moore: Hidup dan Baik.” “Kami akan tetap setia pada Hukum Moore,” tambahnya.