Oktober 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Inflasi inti Indonesia naik ke level tertinggi tiga tahun karena permintaan melonjak

JAKARTA, 3 Sept (Bloomberg): Inflasi inti Indonesia naik ke level terendah hampir tiga tahun di bulan Agustus, mengkonfirmasikan peringatan bank sentral bahwa putaran kedua tekanan harga menyebar ke seluruh perekonomian.

Inflasi inti, yang menghilangkan dampak harga pangan yang bergejolak dan barang-barang bersubsidi pemerintah seperti listrik dan bahan bakar, mencapai 3,04% bulan lalu, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

“Inflasi inti terus dalam tren naik, mencerminkan permintaan domestik yang kuat dan daya beli karena mencakup lebih dari 700 item,” kepala kantor statistik, Marco Uono, mengatakan pada briefing pada hari Kamis.

Inflasi utama turun ke 4,69% di bulan Agustus dari 4,94% di bulan Juli di tengah terkendalinya kenaikan harga makanan dan minuman dan transportasi. Pemerintah terus mencermati kenaikan harga, dengan harga beras dan telur tinggi dalam inflasi pangan.

Bank Indonesia menyampaikan kenaikan suku bunga yang mengejutkan bulan lalu, mengatakan inflasi inti dan inti akan melebihi target 2% -4% tahun ini.

Para ekonom telah memperingatkan bahwa kedua metrik dapat meningkat lebih lanjut jika pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga bahan bakar bersubsidi. – Bloomberg

READ  Laporan Pertumbuhan Cloud dan Data Center Indonesia 2021 hingga 2025