Agustus 13, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia turunkan harga minyak goreng, berikan subsidi untuk memastikan pasokan

Pejabat senior mengatakan pada hari Selasa bahwa Indonesia akan menghapus batas harga eceran untuk minyak goreng kemasan dan memberikan subsidi grosir untuk memastikan pasokan di pasar eceran, menyusul kekurangan kontrol harga sebelumnya.

Harga global minyak sawit mentah yang digunakan untuk minyak goreng Indonesia telah melonjak ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini, di tengah meningkatnya permintaan dan produsen utama Indonesia dan produksi yang lebih lemah. Malaysia.

Perang di Ukraina menekan pasokan minyak nabati lainnya dan mendorong harga minyak sawit.

Indonesia juga telah melarang ekspor minyak sawit untuk memastikan pasokan domestik, yang selanjutnya memicu kenaikan harga. Baca cerita lengkapnya

Berdasarkan langkah terbaru, Indonesia akan mengizinkan harga minyak goreng sesuai dengan harga pasar untuk minyak kemasan, kata Kepala Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi virtual.

Dia menambahkan, pemerintah akan menaikkan harga grosir minyak goreng dari Rp 11.500 menjadi Rp 14.000 per liter dan memberikan subsidi.

“Dengan nilai ekonomi ini, kami berharap Palmyra akan tersedia di pasar modern dan tradisional,” kata Airlanga.

Langkah baru ini akan secara efektif menghapus batas harga Rs 14.000 untuk minyak goreng kemasan premium dan plafon Rs 13.500 untuk minyak kualitas tingkat kedua.

Mereka diperkenalkan pada bulan Januari ketika pihak berwenang bergegas untuk mengendalikan kenaikan 40% harga minyak goreng.

Namun, ombudsman Indonesia mengatakan batasan harga itu tidak menenangkan pembeli dan malah menyebabkan kekurangan pengecer modern, dengan toko-toko membatasi pembeli masing-masing dua liter. Di pasar tradisional, minyak goreng dijual dengan harga yang diatur.

Pemerintah mengatakan awal tahun ini akan menyisihkan 3,6 triliun rupee ($ 251,31 juta) untuk mensubsidi minyak goreng, tetapi rencana itu dibatalkan ketika memperkenalkan pembatasan ekspor.

READ  Indonesia Kirim 35 Pemain ke Asian Youth Para Games ke-4

Airlangga mengatakan para pejabat mengembalikan subsidi di tengah kenaikan harga komoditas tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

PPDPKS, lembaga negara yang bertanggung jawab untuk memungut pajak ekspor minyak sawit, akan ditugaskan untuk mendanainya, katanya.

BPDPKS masih menunggu pemerintah menghitung besaran subsidi, kata Direktur Kabul Vijayanto.

($ 1 = 14,325.0000 rupee) – Reuters