April 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia sedang menjajaki mendirikan peternakan di Batam untuk mengekspor ayam segar ke S’pore

Indonesia sedang menjajaki mendirikan peternakan di Batam untuk mengekspor ayam segar ke S’pore

SINGAPURA – Peternakan baru untuk memasok ayam segar ke Singapura akan dibuka di Batam jika ada permintaan yang sehat di tahun depan.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Prathomo mengatakan pada hari Kamis (21 Juli) bahwa ia telah berbicara dengan beberapa produsen di Indonesia tentang pendirian peternakan.

Mereka berharap dapat memahami permintaan Singapura pada tahun depan sehingga mereka dapat memutuskan apakah akan mendirikan peternakan, katanya. Isu-isu seperti ukuran pertanian perlu diputuskan.

Kalau peternakan bisa didirikan di Batam, tidak butuh waktu lama untuk mendatangkan ayam hidup ke Singapura,” imbuhnya.

Bulan lalu, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Indonesia, Dr Nasrullah, mengatakan kepada The Straits Times bahwa tim dari Badan Pangan Singapura (SFA) berada di Indonesia pada 14 Juni untuk menilai beberapa peternakan, rumah potong hewan, dan fasilitas pemrosesan. .

Berbicara kepada wartawan di gudang Leong Hub Distribution yang sepenuhnya otomatis di Fishery Port Road, Suryo mengatakan, Pengiriman pertama ayam beku dari Indonesia tiba pada hari Minggu.

Suryo mengatakan pengiriman ayam beku sebanyak 50 ton telah tiba dari Jakarta. The Straits Times memahami bahwa mereka sudah terjual habis, dengan warung nasi ayam menjadi pembeli terbesar.

Pengiriman akan tiba dalam beberapa minggu.

Suryo mengatakan dia mengharapkan total 1.000 ton ayam beku tiba di Singapura pada akhir tahun ini.

Sebagai perbandingan, Singapura mengimpor 73.000 ton ayam dari Malaysia pada tahun 2021.

Pada 30 Juni, S.F.A Indonesia diakui sebagai sumber baru daging unggas beku, dingin dan olahan Untuk Singapura, bergabung dengan daftar lebih dari 20 negara terakreditasi seperti Brasil, Thailand dan Australia. Sebelumnya, Indonesia hanya mengekspor telur asin ke Singapura.

READ  Bisquad memberikan penghormatan kepada para pahlawan sepak bola tanpa tanda jasa di Indonesia dalam film inspiratif

Itu datang setelah Malaysia Larangan ekspor ayam utuh mulai 1 Juni, dalam upaya menstabilkan harga dan pasokan di dalam negeri. Penjual ayam pasar basah di Singapura harus kembali menjual ayam beku.

Sebelum pelarangan, 34 persen pasokan ayam Singapura berasal dari Malaysia, dengan sebagian besar ayam diimpor dan dipotong langsung di sini.

Sementara Malaysia telah mengizinkan ekspor ayam kampung dan ayam hitam, ayam broiler yang lebih umum dan terjangkau – yang merupakan sebagian besar impor Singapura dari Malaysia – dilarang.

Menteri Senior untuk Keberlanjutan dan Lingkungan dan Sumber Daya Manusia Dr Koh Bo Koon mengatakan pihak berwenang sedang memantau permintaan ayam beku Indonesia dan akan meningkatkan impor jika perlu, di stasiun distribusi Leong Hub.