Juli 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia sedang mempertimbangkan untuk memperpanjang program donasi beras hingga Maret

Indonesia sedang mempertimbangkan untuk memperpanjang program donasi beras hingga Maret

Seorang petani mengumpulkan padi saat hari panen di sawah di Kabupaten Candiburo, Lumajang, Provinsi Jawa Timur. (Foto oleh Reuters)

JAKARTA- Indonesia mungkin memperpanjang rencana pasokan beras hingga Maret 2024 di tengah kekhawatiran gangguan pasokan akibat kekeringan terkait cuaca El Niño, kata Badan Pengadaan Pangan Bullock.

Pulak menyediakan 10 kilogram beras kepada 21,3 juta keluarga berpenghasilan rendah di Indonesia setiap bulannya, dalam sebuah program yang awalnya berlangsung dari bulan September hingga November, untuk membantu mengimbangi kenaikan harga makanan pokok di Indonesia.

Pemerintah baru-baru ini memperpanjang bantuan tersebut hingga bulan Desember dan kini sedang mempertimbangkan perpanjangan kedua.

Bullock mengatakan cadangan berasnya akan mencukupi untuk proyek tersebut karena pihaknya telah menerima pesanan untuk mengimpor tambahan 1,5 juta metrik ton beras di luar kuota impor 2,3 juta ton yang diberikan awal tahun ini, kata kepala badan tersebut, Budi Waseso. Sebuah pernyataan pada Rabu malam.

Stok berasnya kini mencapai 1,48 juta ton, katanya.

“Bulok masih akan mengimpor 1,5 juta ton dan kami sudah kontrak 700.000 ton tahun ini,” tambahnya.

Program distribusi beras telah diperpanjang hingga Desember sebagai bagian dari paket kebijakan Presiden Joko Widodo senilai Rp13,4 triliun ($842,24 juta) yang diluncurkan minggu ini untuk mendukung pertumbuhan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Langkah-langkah lain dalam paket kebijakan ini mencakup keringanan pajak bagi pembeli rumah dan bantuan tunai bagi keluarga miskin.

Produksi beras Indonesia pada tahun 2023 diperkirakan turun 2 persen menjadi 30,90 juta ton, menurut perkiraan Biro Statistik.

Para pejabat telah memperingatkan bahwa musim tanam padi mendatang dapat tertunda karena El Nino menunda awal musim hujan.