Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia: Operasi Pembakaran Gunung Semeru, Laporan Akhir Operasi DREF n° MDRID023 – Indonesia

Tautan

Deskripsi bencana

Pada tanggal 4 Desember 2021, pukul 14.50 Waktu Indonesia Barat – WIB (GMT+7)),
Pos Pengamatan Gunung Semeru di Posko Gunung Sawur melaporkan adanya gempa vulkano banjir atau guguran awan panas di Gunung Semeru yang terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang Provinsi Jawa Timur.

Badan Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB) melaporkan 27 luka-luka (18 serius dan 9 ringan), 9 hilang, 62 meninggal dan 9.417 mengungsi ke 125 lokasi pengungsian. Untuk menghadapi situasi tersebut, penguasa Lumajang mengumumkan keadaan darurat untuk wilayah tersebut dari 4 hingga 18 Desember 2021, yang kemudian diperpanjang hingga 25 Desember 2021.

Hingga 21 Desember 2021, total 125 pusat evakuasi telah teridentifikasi di Kabupaten Lumajang. Sebagian besar pusat evakuasi didirikan di ruang terbuka, namun beberapa kantor pejabat publik dan pusat komunitas juga berfungsi sebagai pusat evakuasi. BPBD mengelola semua pusat evakuasi.

Sebagian besar keluarga pengungsi berasal dari Kecamatan Pronojiwo dan Candiburo yang berada di jalur longsoran/aliran lahar dingin. Karena kedua kecamatan tersebut berada di daerah rawan bencana, pemerintah tidak mengizinkan masyarakat dari tujuh desa di dua kabupaten tersebut untuk kembali ke rumah masing-masing. Sebaliknya, diputuskan untuk memberi mereka akomodasi permanen dengan fasilitas infrastruktur sebagai kompensasi pemerintah. Sebanyak 1.951 hunian permanen telah dibangun dan ditempati oleh masyarakat.

READ  Ketersediaan bek internasional Indonesia Elkan Bagot untuk Kejuaraan AFF antara Gillingham, klub induk Ipswich Town dan pemain