September 23, 2021

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia muncul sebagai pasar terbesar Mitsubishi di Q1

Jakarta. Produsen mobil Jepang Mitsubishi Motors Corporation (MMC) baru-baru ini mengumumkan bahwa Indonesia telah menjadi pasar terbesar pada kuartal pertama tahun fiskal 2021 karena pendanaan pemerintah untuk epidemi Kovit-19.

Menurut anak perusahaan lokal, Mitsubishi menjual 26.397 unit di Indonesia pada kuartal April-Juni 2021.
Mitsubishi Motors Grama Yuda Sales Indonesia (MMKSI).

X-Ponder tujuh tempat duduk mendominasi penjualan di Indonesia dengan 49 persen, diikuti oleh model SUV Pajero Sport (20 persen) dan pikap yang lebih kecil L-300 (23 persen).

Menurut hasil keuangan kuartal pertama MMC yang dilihat oleh Jakarta Globe, X-Pander menikmati keringanan pajak barang mewah yang diberikan pemerintah Indonesia selama epidemi untuk membantu meningkatkan industri otomotif negara di tengah permintaan global yang lesu.

Akibatnya, Indonesia menyumbang 54 persen dari penjualan X-Ponder global selama periode ini.

“Pencapaian positif ini mendorong MMKSI untuk terus memberikan produk dan layanan yang lebih baik kepada konsumen di seluruh proses pemilik kendaraan,” kata Ketua-Direktur MMKSI Navoya Nagamura dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Keuangan telah membebaskan pajak penjualan barang mewah selama tiga bulan mulai 1 Maret, membantu meningkatkan penjualan mobil dan menambah 0,9 hingga 1 persen pada tingkat pertumbuhan ekonomi negara tahun ini.

Menurut laporan tersebut, Indonesia adalah pasar terbesar untuk Pajero Sport, yang menyumbang 38 persen dari volume penjualan global model dan 50 persen dari pangsa pasar SUV Indonesia.

Pabrik Mitsubishi di Indonesia memulai produksi X-Pander dan Pajero Sport pada 2017.

Penjualan global Mitsubishi adalah 230.000 unit pada kuartal pertama, naik 91 persen dari periode yang sama pada tahun fiskal 2020.

Penjualan bersih naik 202 persen menjadi 431,9 miliar yen, menurut hasil keuangan.

READ  J&T Express Indonesia Bidik IPO dari AS ke Hong Kong

Di ASEAN, Indonesia kini melampaui Thailand, di mana Mitsubishi menjual sekitar 11.000 mobil selama periode April-Juni.

Penjualan mobil di Indonesia meningkat 387.873 unit atau 33,5% pada semester I tahun ini, menurut Gabungan Produsen Mobil Indonesia (Gaikindo).

Toyota adalah pemimpin pasar terkemuka di Asia Tenggara, dengan pangsa pasar 120.717 atau 31,1 persen dari penjualan.

Sister company Daihatsu berada di urutan kedua dengan 17,3 persen, diikuti oleh Honda (12,7 persen), Mitsubishi (12,3 persen) dan Suzuki (10,6 persen).