Januari 31, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia menjanjikan awal yang bagus untuk Piala Dunia FIFA U20

Jakarta. Indonesia telah berjanji untuk mendukung upacara pembukaan Piala Dunia U20 pada bulan Mei, setelah sebelumnya menyatakan keraguan bahwa badan sepak bola dunia FIFA akan mengizinkan perayaan besar di awal acara dua tahunan tersebut.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali mengatakan pada hari Kamis bahwa ia telah mendapat izin dari Presiden FIFA Gianni Infantino untuk menjadi tuan rumah upacara pembukaan turnamen FIFA pertama di negara itu.

“Upacara pembukaan turnamen U20 biasanya berbeda dengan tim senior. Tapi aku berkata [Infantino] Kalau bisa, itu permintaan Presiden Joko Widodo untuk acara pembukaan yang meriah,” kata Zainuddin dalam talk show larut malam BTV.

“Yang mengejutkan saya, dia menerima permintaan itu. Di turnamen sebelumnya sebelum Indonesia, pertandingan pembukaan menandai dimulainya turnamen,” katanya kepada presenter BTV Fristian Griek, yang bertemu dengan Infantino menjelang putaran final Piala Dunia bulan lalu di Qatar. .

Presiden Joko Widodo menerima kaos sepak bola dari Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Negara di Jakarta Pusat pada 18 Oktober 2022. (Biro Pers Kepresidenan/Agus Suberto)

Pejabat yang sama mengatakan turnamen U20 pada bulan November tidak mungkin dimulai dengan awal yang berkelas.

Piala Dunia U20 edisi ke-23 akan digelar mulai 20 Mei hingga 11 Juni, tertunda dua tahun karena pandemi Covid.

Sebagai tuan rumah, Indonesia otomatis lolos ke turnamen dengan total 24 tim yang berpartisipasi.

Zainuddin mengatakan pemerintah telah bertekad untuk menjadikan Indonesia “salah satu hub” sepak bola Asia sejak Joko Widodo menjabat pada 2015.

Pada tahun 2019, Presiden mengeluarkan keputusan tentang percepatan pembangunan sepak bola nasional.

“[Football] Ini satu-satunya event olahraga yang mendapat amanah dari Presiden,” kata Zainuddin.

Menurut data, lebih dari 70 persen masyarakat Indonesia menyukai sepak bola. Itu berarti menjaga sepak bola seperti menjaga mata pencaharian banyak orang di sini.”

READ  Indonesia c.bank menurunkan prospek PDB menjadi 3,8% pada tahun 2021

Baca selengkapnya:

Namun Zainuddin mengatakan ada garis tipis antara upaya pemerintah untuk memajukan sepak bola nasional dan kebijakan FIFA yang melarang keras campur tangan pemerintah dalam federasi sepak bola Tanah Air.

“Bertahun-tahun yang lalu kami terkena larangan FIFA karena campur tangan yang berlebihan dari pemerintah [in the national football confederation],” kenang Zainuddin.

Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 berantakan setelah runtuhnya stadion 1 Oktober yang menewaskan lebih dari 130 orang ketika polisi menembakkan gas air mata ke penonton setelah kerusuhan pasca pertandingan di kota Malang Jawa Timur.

Pemerintah mengadakan serangkaian negosiasi dengan FIFA untuk mempertahankan penghargaan tuan rumah, dengan janji untuk meningkatkan keamanan stadion, etika polisi, dan keterlibatan penggemar.

Infantino bertemu dengan presiden pada bulan Oktober untuk memastikan dukungan FIFA bagi pemerintah Indonesia untuk mengembangkan kebijakan keamanan dan mencegah terulangnya tragedi tersebut.

“Ini adalah negara sepak bola, negara di mana sepak bola menjadi hasrat bagi lebih dari 150 juta orang. Kami berhutang kepada mereka bahwa mereka aman dan terlindungi saat menonton pertandingan,” kata Infantino saat itu.

“FIFA hadir untuk rakyat Indonesia – FIFA hadir untuk bertahan dan bekerja untuk mengubah sepak bola Indonesia.”