Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia menjadi sorotan

Oleh Camelia Huanganalis investasi, Manajemen Modal Aubrey

Indonesia telah terbukti menjadi proposisi investasi yang menarik tahun ini, sekarang mewakili sekitar 10% dari portofolio GEM kami. Alasan utama untuk pandangan positif kami tentang pasar ini adalah penilaian yang terlalu rendah terhadap bisnis pilihan kami yang dikombinasikan dengan penarik makro. Perekonomian diuntungkan oleh peningkatan ekspor, terutama dari produk-produk komoditas yang membantu memperbaiki posisi fiskal pemerintah. Selain itu, PDB diperkirakan akan meningkat sebesar 5% selama beberapa tahun ke depan. Kami berfokus pada perusahaan yang merupakan juara domestik di bidangnya dan mengidentifikasi banyak perusahaan yang dapat berperan sebagai perubahan perilaku konsumen karena peningkatan kemakmuran.

Negara ini memiliki sumber daya alam yang melimpah, termasuk simpanan nikel, menjadikannya pemasok bahan mentah terbesar di dunia. Pada tahun 2021, tambang Indonesia menyumbang lebih dari 35% pasokan global. Tahun ini, produksi meningkat 41%, artinya secara year-to-date Indonesia memasok 47% kebutuhan nikel dunia.

Posisi dominan di pasar ini adalah pada tahun 2020, pemerintah Indonesia memutuskan untuk memanfaatkan pertumbuhan permintaan yang diciptakan oleh produsen kendaraan listrik dan melarang ekspor nikel mentah. Akibatnya, produsen baterai dan EV seperti CATL dan Tesla telah menjalin kemitraan dengan perusahaan domestik (melalui perjanjian pembelian nikel senilai USD 5 miliar dari Tesla) untuk membangun fasilitas pemurnian dan pemrosesan domestik. Hal ini menyebabkan pekerjaan yang stabil dan penciptaan kekayaan daripada pendapatan sederhana dari ekspor.

Naiknya harga komoditas menguntungkan neraca perdagangan dan posisi fiskal Indonesia. Hal ini pada gilirannya memungkinkan pemerintah untuk meningkatkan anggaran infrastruktur 2023 sebesar 8% dan c. Target investasi 90 miliar USD tahun depan. Inisiatif lain seperti melonggarkan peraturan untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja, menaikkan upah minimum sebesar 7% dan meningkatkan dukungan untuk Program Asuransi Kesehatan Nasional akan membantu kepercayaan konsumen di antara populasi lebih dari 270 juta (di mana Gen Z dan milenial merupakan setengahnya) .

READ  Pasar smartphone Indonesia akan mencatat rekor ekspor pada 2021

Secara historis, Indonesia sangat rentan terhadap siklus komoditas dan risiko depresiasi mata uang. Pasca-Covid, pemerintah telah menunjukkan kebijakan fiskal yang sehat. Perekonomian Indonesia berjalan lancar dan KTT G20 bulan ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan stabilitas tersebut kepada khalayak global. Selain itu, pemerintah berhasil secara efektif mengelola pengurangan subsidi BBM sebagai respons terhadap kenaikan harga minyak dunia. Biaya secara bertahap diteruskan ke konsumen, sehingga biaya yang dirasakan dan nyata relatif kuat. Kami mengambil ini sebagai peluang untuk berinvestasi di perusahaan konsumen yang telah berada di daftar pantauan kami selama beberapa waktu.

Bank Rakyat Bank terbesar di Indonesia berdasarkan aset dan diakui sebagai salah satu lembaga keuangan mikro terkemuka di dunia. Ini memiliki jaringan pedesaan sekitar 10.000 cabang dan lima lakh agen yang menjangkau kota-kota kecil di seluruh nusantara dan basis pelanggan yang kuat 30m, banyak dari mereka lebih memilih tatap muka daripada komunikasi online.

Telkom Indonesia Ini adalah operator telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan 175 juta pelanggan. Perusahaan mendapat manfaat dari konsolidasi di sektor ini karena lima operator telah dikurangi menjadi tiga. Kami yakin Indonesia berada di posisi yang tepat untuk adopsi data konsumen dengan ponsel dan akselerasi telekomunikasi yang stabil.

Sambar Alfaria Ini adalah pemain terkemuka di sektor minimarket yang berkembang dengan merek Alfamart yang menarik 6 juta pelanggan ke tokonya setiap minggu. Jumlah ini akan meningkat seiring dengan transisi masyarakat Indonesia dari pasar basah tradisional ke pengalaman berbelanja minimart modern. Pertumbuhan PDB yang berkelanjutan akan mendukung pertumbuhan pendapatan yang dapat dibelanjakan dan, pada gilirannya, meningkatkan penjualan.

Kalpe Pharma Sebuah perusahaan farmasi di pasar yang terfragmentasi melayani lebih dari dua ratus ribu outlet secara nasional. Penawarannya mencakup produk nutrisi seperti susu bubuk, obat-obatan, dan layanan kesehatan konsumen. Pemerintah telah menyarankan agar dukungan untuk Skema Jaminan Kesehatan Nasional Indonesia akan ditingkatkan dan Kalpe Pharma akan menjadi penerima manfaat utama dari perkembangan ini.

READ  Harimau Sumatera Langka Ditemukan Mati di Jebakan Hewan Indonesia: The Tribune India

Dengan mempertimbangkan pemilu 2024, presiden Indonesia, Joko Widodo, akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan kemakmuran di garis depan upaya menopang popularitasnya untuk pemilihan ulang ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tindakan tambahan untuk efek ini akan menguntungkan juara domestik kita dalam jangka menengah dan panjang.