Mei 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia mengejutkan RBI dengan kenaikan RRR yang besar di depan Chipmunk Federer

JAKARTA: Bank sentral Indonesia mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka telah secara dramatis menaikkan rasio permintaan cadangan dasar (RRR) untuk bank-bank sebesar 300 basis poin selama delapan bulan ke depan.

Pada pertemuan kebijakan pertama tahun ini, Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga reverse repurchase 7 hari stabil di 3,50 persen, seperti yang diharapkan dalam jajak pendapat Reuters. Itu tidak mengubah dua tingkat kebijakan utama lainnya. ]

Tetapi Gubernur Perry Vargio mengumumkan tiga kenaikan RRR pada bulan Maret, 100 basis poin, 100 pps dari Juni dan 50 pps lainnya, sebagai tanda bahwa BI mengawasi ketatnya perkiraan dan potensi goncangan Federal Reserve AS dalam keuangan Indonesia. pasar. September untuk mengontrol arus kas.

“Saat ini fokus kami adalah menjaga stabilitas di tengah normalisasi oleh bank sentral, sekaligus mendukung pemulihan ekonomi,” katanya dalam konferensi pers online.

Secara keseluruhan, Vargio mengatakan langkah RRR akan meningkatkan arus kas BI sekitar 200 triliun rupee ($ 13,95 miliar), tetapi dia meyakinkan bahwa bank masih akan cukup untuk meminjamkan dan membeli surat berharga pemerintah.

Dia menambahkan bahwa tingkat likuiditas bank saat ini “sangat longgar” dan bahwa BI adalah yang terbesar di pasar negara berkembang karena pelonggaran dua tahun.

Sejak tahun 2020, BI telah memangkas suku bunga sebesar 150 bps dan membayar total 874,4 triliun rupee ($ 61 miliar) untuk mengurangi kelesuan ekonomi yang disebabkan oleh epidemi Pemerintah-19.

Gubernur mengatakan bahwa sementara BI akan terus mengambil langkah-langkah untuk memastikan stabilitas rupee dan imbal hasil obligasi, beberapa fleksibilitas akan diperlukan.

Mulai Maret tahun ini, kombinasi kebijakan memutuskan bahwa bank sentral akan menaikkan suku bunga empat kali, yang akan mengambil hasil Treasury AS sebesar 2 poin persentase atau lebih, katanya.

READ  EAM S Jaisankar, rekan Indonesia fokus di tim G-20

Sebagai salah satu mata uang yang paling sensitif terhadap risiko di Asia dan rentan terhadap arus keluar modal, BI harus mengubah kebijakannya ketika bank sentral melakukan pengetatan.

“Keputusan untuk menaikkan rasio permintaan cadangan dari Maret menunjukkan bahwa kenaikan suku bunga akan datang lebih cepat dari yang kami harapkan sebelumnya,” kata Capital Economics dalam sebuah pernyataan kepada pelanggan.

“Namun, ketika siklus kenaikan suku bunga dimulai, kami berharap itu bertahap,” kata catatan itu, memprediksi tahun ini BI akan menaikkan suku bunga kebijakan intinya menjadi 25 bps tahun ini dengan kenaikan tajam pada 2023.

Radhika Rao, ekonom DBS, mengatakan bahwa dengan ‘dasar hoki’ BI, pasar bisa maju dan meningkatkan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga tahun ini.

Analis mengatakan ekonomi terbesar Indonesia di Asia Tenggara akan diuntungkan dari kenaikan barang dunia, dibandingkan dengan siklus ketat AS kali ini.

Di dalam negeri, indikator ekonomi utama dipertahankan, termasuk pertumbuhan PDB 2021 sebesar 3,2 persen menjadi 4,0 persen dan pertumbuhan 2022 4,7 persen menjadi 5,5 persen, sementara indikator utama terus membaik.

Pemulihan ekonomi Indonesia terhambat oleh letusan variasi delta pada Juli-Agustus tahun lalu, dengan pertumbuhan melambat menjadi 3,51 persen. Meskipun mereka mencatat bahwa varian Omicron menghadirkan risiko letusan baru, para peneliti mengatakan bahwa laju pertumbuhan ekonomi telah meningkat sejak saat itu.

($ 1 = 14.335 rupee)

(Diedit oleh Gayatri Suroyo, Francisco Nangoi dan Bernadette Christina Munde oleh Ed Davis dan Kim Gokil)