Juli 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia menargetkan ekspor durian senilai  miliar ke Tiongkok

Indonesia menargetkan ekspor durian senilai $8 miliar ke Tiongkok

VNA 1 Juli 2024 | 05:30 PT

Indonesia berencana meningkatkan ekspor durian ke China Ilustrasi dari Pixabay

Indonesia, salah satu produsen dan eksportir durian terbesar di dunia, berencana untuk memperluas produksi buah tersebut, yang bertujuan untuk meningkatkan ekspor durian ke Tiongkok hingga US$8 miliar.

kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan

Menyinggung beberapa langkah yang dilakukan untuk mencapai target ekspor, ia mengatakan pemerintah Indonesia telah membuat kesepakatan yang melibatkan Beijing Genomics Institute untuk melakukan kajian guna memastikan ekspor durian berkualitas tinggi.

Mereka telah membangun sekitar 100 hektar perkebunan durian di provinsi Sumatera Utara dan Papua Barat, dan berencana membangun lebih banyak lagi di provinsi lain, termasuk Sulawesi Tengah. Pejabat tersebut menambahkan, pohon yang dapat menghasilkan buah durian yang diminati pasar Tiongkok dapat ditanam di lokasi tersebut.

Tahun lalu, nusantara memproduksi durian sebanyak 1,85 juta ton, 50% di antaranya berasal dari Pulau Jawa. Menurut statistik Indonesia, provinsi Jawa Timur dikatakan sebagai penghasil durian terbesar di negara ini, dengan produksi lebih dari 480.000 ton pada tahun 2023.

READ  Tiga pasangan Inggris di Bali untuk master Indonesia