Juli 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia membangun penyimpanan baterai percontohan 5MW

Perusahaan utilitas milik negara dan pembuat baterai di Indonesia telah memperkenalkan proyek percontohan sistem penyimpanan daya baterai (BESS) 5MW karena berusaha untuk menjauh dari pembangkit listrik tenaga diesel.

PLN, perusahaan utilitas milik negara, telah menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan milik negara lainnya, Indonesia Battery Corporation (IBC), untuk mengembangkan BESS tahun ini, kata PLN.

“Karena pengembangan pembangkit energi terbarukan saat ini didominasi oleh pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga angin, maka diperlukan baterai untuk menyediakan pasokan listrik yang seimbang,” kata Evy Haryadi, Direktur Perencanaan Perusahaan PLN.

Meskipun PLN tidak merinci di mana PESS akan berada atau fungsi spesifiknya, kemungkinan akan berlokasi di lokasi pembangkit listrik berbahan bakar fosil dan terbarukan.

PLN berencana mengkonversi 250 MW listrik yang saat ini berasal dari pembangkit listrik tenaga diesel menjadi energi terbarukan tahun ini.

“Sesuai rencana, peran BESS sangat penting agar masyarakat mendapat listrik 24 jam lagi,” tambah Evy.

Rencana de-dieselisasi PLN akan mencakup 5.200 unit produksi energi baru terbarukan dengan total kapasitas 2GW pada tahun 2024, dan informasi terbaru menunjukkan bahwa ini bisa menjadi utilitas potensial untuk penyimpanan baterai. Presentasi Melalui Think Tank Kebijakan Energi dan Lingkungan Lokal.

Pengumuman PLN tidak masuk ke rincian ini, tetapi menyatakan bahwa teknologi PESS akan digunakan di masa depan untuk semua pembangkit listrik milik Grup PLN, dan ini akan dilakukan melalui usaha patungan (KSO) yang dibentuk oleh perusahaan untuk pengiriman. Percontohan BESS.

Indonesia Battery Corporation (IBC) dibentuk tahun lalu sebagai kemitraan antara empat perusahaan milik negara: kelompok minyak dan gas Bertamina, kelompok pertambangan Aneka Tambang dan Inalum dan PLN.

READ  Proyek Keluar Batubara Indonesia - Majalah PV Australia

Selain MOU, PLN telah bekerja sama dengan dua perusahaan Korea untuk meneliti potensi teknologi untuk memfasilitasi transfer energi terbarukan antara kedua negara. Yang terakhir adalah aplikasi yang paling umum untuk proyek-proyek BESS, yang mengurangi kebutuhan listrik dari fase ke puncak, mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mengurangi biaya listrik.

PLN juga mengatakan sedang berkolaborasi dengan anak perusahaan Sinar Mass Group, perusahaan patungan, untuk memperluas infrastruktur pengisian kendaraan listrik (EV) di negara itu.

Anak perusahaan PLN yang terlibat dalam proyek BESS adalah PT Indonesia Power, pemasok listrik utama, PT Pembang, operator pembangkit, dan Java Poly, unit pendukung pusat pemeliharaan listrik.

BESS terbesar yang diluncurkan Indonesia?

Beberapa proyek besar solar-plus-storage telah muncul di wilayah Indonesia selama setahun terakhir, tetapi ini terutama dikembangkan oleh perusahaan yang berbasis di Singapura dan terutama ditujukan untuk melayani pasar tersebut.

Situs saudara perempuan pv-tech.org Termasuk pengumuman oleh Singapore Renewable Energy Group Pada bulan Oktober, Sanseep menandatangani nota kesepahaman Kepulauan Indonesia terhubung ke tenaga surya 7GWp dengan penyimpanan 12GWh. Namun, proyek tersebut bertujuan untuk mengirim energi ke Singapura melalui kabel bawah laut.

Di bulan yang sama, Energy and Development Group Chemcorp Industries (berbasis di Singapura) Memorandum of Understanding yang diumumkan Membuat proyek solar dan storage di kawasan Badam-Bindan-Pulau Karimun bersama PLN. Pengumuman itu mengatakan kebutuhan energi lokal juga akan dilayani, tetapi juga direncanakan untuk mengirim energi ke negara-kota melalui kabel bawah laut.

Dalam presentasi yang dikutip sebelumnya, proyek solar-plus-storage 100MW di Sumatera Selatan juga direncanakan oleh Indonesia Power, anak perusahaan PLN – tidak jelas apakah ini proyek yang sama dengan pengumuman terbaru PLN, tetapi kecil kemungkinannya.

READ  New York, Seri Forum Investasi Indonesia Seri 2022

Hitachi juga mengembangkan APP Power Grid Microgrid surya dengan penyimpanan 2MWh jauh di dalam perbatasan Indonesia Di tambang batu bara, menurut laporan Hemat energi. Berita Di awal tahun 2021.

Tetangga seperti Filipina tertinggal dalam menerapkan rencana penghematan baterai. Di sana, koordinator organisasi global BESS yang baru-baru ini dioperasikan Fluence terhubung ke jaringan 20MW / 20MWh Sebagai bagian dari portofolio 1.000 MW dalam pengembangan dan konstruksi untuk perusahaan listrik SMC Global Power.

Saat ini di Indonesia Pipa skema penghematan energi sebagian besar dipompa hidroSebanyak 4.063MW menurut IHS Markit.