November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia: Buletin Ekonomi dan Harga Pangan, Oktober 2022 – Indonesia

Tautan

berita utama

● Indeks harga pangan global terus menurun setelah mencapai puncaknya pada Maret 2022. Kesepakatan pada 22 Juli untuk menghidupkan kembali perdagangan dari pelabuhan Laut Hitam, termasuk ekspor gandum dan minyak nabati, membantu mengurangi tekanan pada harga pangan global. .

● Namun, kenaikan harga input pertanian, terutama pupuk, tetap menjadi perhatian. Perang di Ukraina telah membawa harga pupuk global kembali ke tingkat krisis 2008/2009. Pada April 2022 (puncak), menunjukkan peningkatan 27% dari Januari.

● Selain itu, dari Mei hingga Agustus, hampir semua negara berpenghasilan rendah dan menengah melaporkan inflasi pangan yang tinggi (lebih dari 5%), menurut Bank Dunia. 94% negara berpenghasilan rendah, 89% menengah ke bawah, 89% menengah ke atas, dan 85% negara berpenghasilan tinggi mengalami inflasi pangan yang tinggi.

● Di tengah gangguan global saat ini yang dipicu oleh efek riak perang di Ukraina, Indonesia telah berhasil mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang stabil, yang menunjukkan setidaknya beberapa pemulihan dari COVID-19.
Pada Q2 2022, PDB tumbuh 5,44% year-on-year (YoY) dan lebih tinggi dari 5,01% quarter-on-quarter (QtQ).

● Namun, Badan Pusat Statistik (BPS) memproyeksikan tingkat inflasi tahunan tertinggi dalam 7 tahun sebesar 5,95% pada September 2022, naik dari 4,69% yang tercatat pada Agustus. Hal ini terutama didorong oleh kenaikan harga BBM setelah pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi sebesar 30% pada 3 September 2022.

● Pada bulan September, harga pangan mulai turun, membantu menahan inflasi tahunan, meskipun beberapa barang (misalnya telur) terus mencatatkan harga yang sangat tinggi.

● Berdasarkan data inflasi September 2022, harga hampir semua bahan pangan strategis mengalami penurunan dibandingkan bulan Agustus. Harga tepung terigu, beras dan telur relatif stabil dibandingkan bulan lalu.
Namun demikian, jika melihat tren tahunan, harga hampir semua bahan makanan mengalami kenaikan signifikan dibandingkan September 2021.

READ  Apa itu 'Koneksi' Sri Ram Bali, Indonesia? Lihat laporan tanah ini