Maret 4, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

India sekarang bekerja sama dengan penyelidikan Najjar: Badan Keamanan Nasional Kanada |  Berita India

India sekarang bekerja sama dengan penyelidikan Najjar: Badan Keamanan Nasional Kanada | Berita India

NEW DELHI: Mengklaim ada “perkembangan” dalam sikap India terhadap penyelidikan Kanada atas pembunuhan separatis Khalistan Hardeep Singh Nigar, Jody Thomas dari NSA mengatakan kepada Perdana Menteri Justin Trudeau bahwa India sekarang… kerja sama Dengan Investigasi Diskusinya dengan mitranya, Ajit Doval, mengenai masalah ini terbukti membuahkan hasil dan memungkinkan masalah ini untuk dilanjutkan.
Namun, ketika berbicara tentang pentingnya membawa orang yang bersalah ke pengadilan, Thomas juga menekankan pentingnya hubungan antara kedua negara, dengan mengatakan bahwa kemampuan Kanada untuk beroperasi di kawasan Indo-Pasifik bergantung pada hubungan yang sehat dengan India.

Pembunuhan tukang kayu: Seorang ajudan Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan India secara aktif bekerja sama dengan Kanada dalam penyelidikan ini

India sejauh ini secara resmi menyatakan bahwa Kanada tidak pernah membagikan bukti atau informasi apa pun untuk mendukung klaimnya bahwa agen-agen India ada hubungannya dengan pembunuhan tersebut. Meskipun India telah meluncurkan penyelidikan terhadap informasi yang dibagikan oleh AS tentang keterlibatan serupa yang dilakukan pejabat India dalam rencana pembunuhan separatis lainnya di Khalistan, Gurpatwant Panon, India belum mengumumkan penyelidikan apa pun terhadap kasus Kanada tersebut.
Berbicara pada hari pensiunnya, Thomas mengatakan dakwaan AS terhadap seorang warga negara India dalam plot Bannon dan informasi yang terungkap membantu posisi Kanada dalam kasus Najjar.
“Saya tidak akan menganggap mereka tidak kooperatif. Kami telah membuat kemajuan dalam hubungan itu dan mereka memahami apa yang kami yakini terjadi. Investigasi RCMP sedang berlangsung dan kami berharap mereka dapat mengadili mereka yang bertanggung jawab dan meminta pertanggungjawaban mereka,” kata Thomas. Dia melakukan beberapa perjalanan ke India tahun lalu untuk membahas kasus Al-Najjar.
Dalam wawancaranya dengan CTV, Thomas mengatakan bahwa India, khususnya NSA, bekerja sama dengan Kanada untuk menyelesaikan masalah tersebut.

READ  China memberi tahu UE bahwa mereka akan mencari perdamaian di Ukraina dengan caranya sendiri

“Diskusi saya dengan mitra saya di India membuahkan hasil dan saya yakin hal ini membawa kemajuan,” katanya, menggambarkan kerja sama India sebagai suatu perkembangan karena India pada awalnya menolak tuduhan tersebut.
Ketika ditanya apakah perkembangan ini dipicu oleh kasus Bannon di AS, dia menjawab bahwa keduanya pasti ada kaitannya. Thomas berkata: “Sistem peradilan Amerika berbeda dengan kita. Mereka melakukan dakwaan dengan cara yang tidak kita lakukan. Mereka menyelidiki konspirasi dan kami menyelidiki pembunuhan. Informasi yang mereka temukan mendukung posisi dan jaminan kami dengan India.”
Namun, pejabat tersebut menekankan pentingnya hubungan bilateral dengan India dan perlunya kedua negara bekerja sama di kawasan Indo-Pasifik. “Kami pikir penting untuk menyelesaikan apa yang terjadi pada warga negara Kanada, namun kami harus memiliki hubungan antar masyarakat. Kami memiliki komunitas diaspora yang besar. Kami harus memiliki hubungan bisnis. Kemampuan kami untuk beroperasi di Indo-Pasifik bergantung pada kemampuan kami untuk beroperasi di Indo-Pasifik. pada hubungan kami,” tambah Thomas. kesehatan yang sehat dengan India dan kami berupaya untuk mencapainya.”