Mei 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indeks kepercayaan konsumen terhadap perekonomian Indonesia meningkat

Indeks kepercayaan konsumen terhadap perekonomian Indonesia meningkat

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengungkapkan indeks kepercayaan konsumen meningkat pada periode Ramadhan atau Maret 2024 jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Berdasarkan hasil survei nasabah Bank Indonesia (BI), Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Maret 2024 sebesar 123,8, lebih tinggi dibandingkan Februari 2024 sebesar 123,1.

Asisten Gubernur BI Erwin Hariono mengatakan Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang kuat optimis akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada Maret 2024.

IKE mencatatkan kenaikan pada seluruh komponen rumusannya, khususnya indeks pendapatan saat ini.

Sementara IEK tetap kuat terutama didukung oleh indeks ekspektasi laba, kata Erwin dalam keterangan tertulis, Selasa, 16 April.

Penguatan kepercayaan konsumen pada Maret 2024 didorong oleh keyakinan konsumen baik terhadap kondisi perekonomian saat ini maupun ekspektasi optimis ke depan.

Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Maret 2024 masing-masing tercatat sebesar 113,8 dan 133,8.

Pada bulan Maret 2024, kepercayaan konsumen di semua kategori pengeluaran berada pada tingkat optimis. Peningkatan kepercayaan tertinggi terjadi pada responden yang membelanjakan Rp 4,1-5 juta. Dari sisi usia, kepercayaan konsumen pada Maret 2024 juga cukup optimis terutama pada kelompok usia 20-40 tahun.

Secara spasial, IKK meningkat di beberapa kota yang disurvei, yaitu Kota Bandung (6,0 poin), disusul Mataram (5,0 poin), dan Surabaya (2,6 poin). Sementara beberapa kota lainnya mencatatkan penurunan IKK, khususnya Kota Batang (16,4 poin), disusul Manado (8,3 poin), dan Ambon (7,1 poin).

Tag: Pembiayaan Konsumen Bank Indonesia

READ  Pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di Indonesia berkembang hingga 500MW - majalah pv Australia