Juni 14, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Impian Tesla Indonesia menjadi nyata setelah bertemu dengan menteri senior Elon Musk

Impian Tesla Indonesia menjadi nyata setelah bertemu dengan menteri senior Elon Musk

Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut Pinsar Pondicherry bertemu dengan CEO Tesla Elon Musk di Austin, Texas pada Selasa untuk membahas kemungkinan bergabung dengan perusahaan mobil listrik AS di sektor nikel dan baterai listrik di Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Luhut dan Musk bergabung dengan beberapa pengusaha utama Indonesia, termasuk Anintya Bakri, ketua dewan penasihat Gabungan Industri dan Perdagangan Indonesia (GADIN). Anindia adalah penerus Grup Bakri, yang memiliki minat mulai dari pertambangan dan media hingga bus listrik.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh menantu Luhut, Pandu Zahrir, direktur penambang batu bara Toba Para Sehzadera, dan ketua perusahaan internet Sea Group Indonesia. Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosen Roslani menghadiri pertemuan dengan delegasi Indonesia.

“Ini adalah hari yang baik bagi saya untuk bertemu Elon Musk di Austin, Texas,” kata Bond dalam sebuah posting Instagram pada hari Selasa.

“Kami tim yang dipimpin oleh Luhut Pondijitan yang berbicara tentang kendaraan listrik, energi terbarukan dan B20,” kata Pandu. Dia mengacu pada Grup Bisnis Penjangkauan G20.

“Elon sangat tertarik untuk membahas kemajuan Indonesia dan industri kendaraan listrik dan nikel Indonesia. Pertemuan ini dapat membawa lebih banyak investasi teknologi tinggi ke Indonesia dan menjadi komponen kunci dari rantai pasokan industri kendaraan listrik global Indonesia,” katanya. Dikatakan.

Negara ini ingin membangun industri manufaktur baterai mobil kelas dunia dan menggunakan kapasitas cadangan nikel terbesar di dunia untuk memantapkan dirinya sebagai mitra utama dalam rantai pasokan kendaraan listrik.

Indonesia telah menjalin kontak dengan produsen mobil terbesar di dunia melalui kapitalisasi pasar selama dua tahun untuk mendirikan pabrik aki mobil dan sistem penyimpanan energi.

READ  Binaragawan Indonesia beralih ke rawa-rawa karena permintaan untuk pewarna lingkungan tumbuh

Tapi itu adalah perusahaan Cina, Ningbo Contemporary Brunp Lygend (CBL) dan perusahaan Korea Selatan LG Energy Solution Itu mengambil langkah pertama Pabrik baterai harus dibangun di sini.

Kesepakatan Tesla ditunda setelah perusahaan menuntut lebih banyak dan menolak untuk mematuhi persyaratan Indonesia, kata Luhut kepada media lokal bulan lalu, menimbulkan keraguan tentang investasi Tesla di Indonesia.

Undangan perusahaan

Namun, kedua belah pihak tampaknya siap untuk memulai diskusi. Anindia mengatakan perwakilan Indonesia berusaha membujuk Musk untuk berinvestasi di sektor baterai listrik Indonesia.

“Tujuan kami meyakinkan Tesla untuk menjajaki kerja sama dengan Indonesia terkait pasokan dan pengolahan nikel untuk membangun sel baterai berbasis lingkungan, komunitas, dan manajemen yang baik dan stabil,” kata Aninditya dalam unggahan Instagram.

Anindia juga menyampaikan bahwa delegasi Indonesia menyampaikan agenda G20 dan B20. Tahun ini, negara itu menuju G20 dan menjadi tuan rumah KTT G20 di Bali pada November.

“Pada kesempatan yang baik ini, kami juga menawarkan program G20/B20, di mana kami mengundang beliau untuk bergabung dengan International Advisory Council B20 dan menghadiri acara B20 pada pertengahan November,” kata Anindia.