Alor, Semarak.News | ANGGOTA DPR RI Komisi IX Fraksi Partai Golkar, Dr. Imanuel Ekadianus Blegur,M.Si membuka kegiatan sosialisasi Pangan Aman dari Bahan Berbahaya di Resto Mama Kalabahi Kelurahan Kalabahi Timur Kecamatan Teluk Mutiara-Alor Sabtu, (6/4/19). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi NTT.

Pada kesempatan itu, Ima Blegur didampingi dua petugas BPOM Tanti Labovia.S.Si.A.pt.M.Si dan Ruth Laiskodat.

Ima Blegur mengatakan, BPOM itu ada pada tingkat pusat dan balai pengawas obat dan makanan itu juga ada pada tingkat propinsi. Lanjutnya, dengan digelarnya sosialisasi kegiatan ini adalah sebagai bagian dari program pemerintah pusat untuk membangun masyarakat yang sehat baik yang jasmani maupun rohani.

Kegiatan sosialisasi BPOM di Resto Mama Kalabahi

Ima Blegur menjelaskan, Presiden RI Joko Widodo dalam program nawacita, pada program yang kelima yaitu membangun masyarakat Indonesia yang sehat baik jasmani maupun rohani. Presiden Joko Widodo berkeyakinan bahwa apabila masyarakat sehat maka negara menjadi kuat. “Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat,” ucap Ima Blegur.

Ima mengatakan, BPOM adalah lembaga pemerintah non kementerian bukan salah satu dari lembaga kementerian tetapi lembaga pemerintah non kementerian. BPOM diberikan 4 tugas pokok yakni; menilai suatu produk makanan, obat-obatan maupun kosmetik, sebelum produk tersebut dijual kepada masyarakat.

Melakukan pengawasan terhadap jual beli obat yang ada didalam masyarakat. pengawasan terhadap jual beli, peredaran makanan, kosmetik, yang ada dalam masyarakat. Mendorong agar produksi makanan, obat-obatan dan kosmetik sesuai dengan standar yang diijinkan dan lain sebagainya.

Serta melakukan penindakan hukum jika ditemukan bahan makanan, obat-obatan dan kosmetik yang tidak sesuai standar.

Ima berharap kepada seluruh masyarakat peserta kegiatan yang hadir dapat mengikuti materi dengan baik. Seusai kegiatan sosialisasi BPOM, dilanjutkan dengan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan.

Penulis: Dako
Edit      : Joka

LEAVE A REPLY