Ikut Pileg 2019, Alex Noerdin Resmi Mundur dari Gubernur Sumatera Selatan

(Sumber Foto : Republika.co.id)

Palembang, Semarak.News – Jabatan Gubernur Sumatera Selatan resmi kosong setelah Alex Noerdin mengundurkan diri pada Rapat Paripurna Istimewa XXV DPRD Provinsi Sumatera Selatan. Kini jabatan tersebut diserahkan kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo.

Untuk sementara waktu, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo ditunjuk Mendagri Tjahjo Kumulo menjadi Penjabat (Pj) Gubernur hingga masa bakti Alex Noerdin selesai.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Sumatera Selatan HM Yansuri saat berakhirnya rapat paripurna, Rabu (19/9/2019) pagi.

“Terhitung mulai tanggal 21 September hingga tanggal 7 November 2019 nanti Drs. Hadi Prabowo akan menjadi Pj Gubernur Sumatera Selatan. Ini karena adanya kekosongan kepala daerah, kan Alex Noerdin dan Ishak Mekki sama-sama maju dalam Pileg 2018 sehingga mereka berdua harus mengundurkan diri,” ujar Yansuri.

Meskipun Hadi Prabowo menjabat sebagai Pj Gubernur, wewenang yang dipegang Pj terbatas. Tetapi dalam keadaan tertentu Pj juga bisa mengambil kebijakan penting.

“Kalau kebijakan pasti terbatas. Mudah-mudahan tidak ada yang penting. Pada pembahasan APBD induk tahun depan, kita ingin memasukkan program dari Gubernur terpilih (Herman Deru-red), agar janji-janji politik selama kampanye bisa diwujudkan,” tambahnya. (NA)

TINGGALKAN BALASAN