Oktober 5, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ibukota baru Indonesia bernama Nusantara, Jakarta yang tenggelam | Indonesia

Indonesia berencana untuk menamai ibu kota barunya, Nusantara, yang akan diterjemahkan sebagai “kepulauan” ketika kantor-kantor pemerintah dipindahkan dari Jakarta di pulau Jawa ke provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo pertama kali mengumumkan Ia berencana untuk memindahkan ibu kotanya ke Indonesia pada 2019, Dalam upaya untuk mengatasi tantangan lingkungan yang sangat besar yang dihadapi Jakarta, dan untuk mendistribusikan kembali kekayaan. Langkah itu tertunda karena wabah, tetapi dapat berlanjut hingga 2024.

Pemerintah berharap dapat meringankan beban Jakarta, kota berpenduduk 10 juta orang, yang merupakan salah satu kota yang paling cepat tenggelam di dunia karena kemacetan yang terkenal, banjir rutin, dan pemisahan air tanah yang berlebihan. Sebagian wilayah Jakarta Utara mengalami penurunan 25 cm per tahun akibat ambruknya – termasuk dasar laut yang didesain sebagai penyangga masyarakat.

Nama baru itu dipilih Jokowi dari lebih dari 80 pilihan dan dipilih karena mencerminkan geografi Indonesia, dan merupakan simbol internasional, kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharto Monorfa.

Beberapa orang mengatakan bahwa pilihannya bisa membingungkan, karena Nusandra digunakan untuk merujuk ke seluruh nusantara. Yang lain mempertanyakan mengapa kata Jawa kuno Nusantara dipilih ketika ibu kota baru sedang dibangun di Kalimantan.

Konstruksi bisa dimulai tahun ini setelah parlemen menyetujui RUU ibu kota baru pada Selasa.

Pemerintah juga berharap untuk mendistribusikan kembali kekayaan dengan mentransfer modal. 60% penduduk Jawa dan lebih dari setengah kegiatan ekonominya – meskipun Kalimantan hampir empat kali lebih besar.

Berdasarkan rencana, Jakarta akan menjadi pusat komersial dan keuangan negara, tetapi fungsi administrasi pemerintah akan bergerak sekitar 2.000 km (1.250 mil) timur laut Jakarta ke Kalimantan timur. Ibu kota baru akan berlokasi di utara Benazir Basar dan daerah Kudai Kardanekara.

Aktivis lingkungan telah memperingatkan bahwa langkah tersebut dapat mempercepat polusi di Kalimantan timur dan berkontribusi pada perusakan hutan hujan, rumah bagi orangutan, beruang madu, dan monyet berhidung panjang.

READ  Media, Berita Energi, ED Dunia Energi