Juni 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Hamas mengatakan serangan Israel yang paling intens di Gaza adalah serangan roket: 10 fakta

Hamas mengatakan serangan Israel yang paling intens di Gaza adalah serangan roket: 10 fakta

Pada Jumat malam, serangan intensif Israel mengguncang Jalur Gaza utara. (mengajukan)

New Delhi:
Israel melancarkan serangan besar-besaran di Gaza utara, yang menurut laporan merupakan serangan paling kejam sejak perang dimulai pada 7 Oktober. Hamas mengatakan bahwa Internet terputus di Jalur Gaza. Laporan menyatakan bahwa kontak dengan Gaza terputus.

Inilah lembar contekan 10 poin Anda untuk cerita besar ini

  1. Tentara Israel mengatakan mereka telah mengintensifkan serangannya terhadap Gaza “dengan cara yang sangat signifikan,” sementara rekaman langsung dari Agence France-Presse menunjukkan pemboman intensif di Jalur utara. “Kami akan terus melakukan serangan di dalam dan sekitar Kota Gaza,” kata juru bicara militer Daniel Hagari dalam pidato yang disiarkan televisi.

  2. Pemerintah Hamas mengatakan bahwa Israel “memutus komunikasi dan sebagian besar layanan internet” di seluruh Jalur Gaza hari ini. Kantor media pemerintah menuduh Israel mengambil tindakan ini “untuk melakukan pembantaian dengan serangan balasan berdarah dari udara, darat dan laut” dengan serangan intensif di Gaza utara.

  3. Sirene terdengar di beberapa kota Israel sementara serangan udara terus berlanjut di Jalur Gaza utara. Tel Aviv Tengah menjadi sasaran serangan rudal hari ini.

  4. Hamas hari ini mengumumkan bahwa mereka menembakkan “rentetan” roket ke Israel setelah pemboman intensif Israel di wilayah Palestina. Brigade Izz al-Din al-Qassam, sayap militer gerakan Hamas, mengatakan dalam salurannya di aplikasi Telegram, “Rentetan roket ke wilayah pendudukan (Israel) sebagai respons atas pembantaian warga sipil.”

  5. Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa hari ini memperingatkan bahwa Gaza sedang menghadapi “semburan penderitaan manusia yang belum pernah terjadi sebelumnya” karena kekurangan makanan, air dan listrik. “Saya mengulangi seruan saya untuk gencatan senjata kemanusiaan, pembebasan tanpa syarat semua sandera dan pengiriman pasokan penyelamat jiwa,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam sebuah pernyataan.

  6. Tentara Israel menuduh Hamas mengeksploitasi rumah sakit di Jalur Gaza untuk tujuan militer. Hamas dengan cepat membantah tuduhan tersebut, dan badan utama PBB yang beroperasi di Gaza sebelumnya mengatakan pihaknya memiliki mekanisme untuk mencegah pengalihan bantuan.

  7. Juru bicara militer Daniel Hagari mengatakan kepada wartawan bahwa “Hamas mengobarkan perang dari rumah sakit” di Gaza, dan menambahkan bahwa Hamas juga menggunakan bahan bakar yang disimpan di rumah sakit untuk membantu melaksanakan operasinya.

  8. Pak Hajri secara khusus mengidentifikasi Rumah Sakit Al-Shifa, yang terbesar di Gaza, sebagai rumah sakit tempat anggota Hamas bekerja. Dia menambahkan bahwa “teroris bergerak bebas” di Rumah Sakit Al-Shifa dan rumah sakit lainnya.

  9. “Hamas dan ISIS sedang sakit. Mereka mengubah rumah sakit menjadi markas terorisme mereka. Kami baru saja merilis informasi intelijen yang membuktikan hal ini,” kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah postingan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dan menunjukkan video yang mengklaim bahwa Hamas menggunakan fasilitas terbesar di Gaza. Rumah Sakit untuk keperluan militer.

  10. Izzat al-Rishq, seorang anggota senior biro politik Hamas, dengan cepat menanggapi tuduhan tentara Israel, dan menggambarkannya sebagai tuduhan yang tidak berdasar. Al-Rishq berkata: “Tidak ada dasar kebenaran atas apa yang dikatakan juru bicara militer musuh,” menuduh Israel mengarang tuduhan ini “untuk membuka jalan bagi melakukan pembantaian baru terhadap rakyat kami.”

READ  Zelensky bersumpah untuk memperjuangkan kembalinya orang-orang Amerika yang ditangkap dengan aman

Dengan masukan dari AFP