MUARA BUNGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Prov. Jambi memastikan Suku Anak Dalam (SAD) yang tinggal di kawasan Muara Bungo akan mendapatkan hak pilih nya dalam pemilihan presiden & wakil presiden periode 2019-2024 dan pemilihan anggota legislatif. Suku Anak Dalam dikenal dengan budaya nya selalu berpindah-pindah tempat, hal ini yang membuat KPUD di beberapa daerah kesulitan melakukan pendataan terhadap suku ini.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolres Kab. Bungo, AKBP Januario Jose Morais mengatakan, SAD sudah terdaftar oleh KPU dan dapat menggunakan hak suaranya nanti. Januario juga mengatakan, sudah menyiapkan personel khusus untuk menjemput warga yang rumah atau domisilinya jauh dari lokasi TPS.

 

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mengalami kesulitan dalam melakukan sosialisasi untuk Suku Anak Dalam. Hal ini disebabkan Suku Anak Dalam di Solok Selatan ada di tiga Kecamatan yaitu Sangir Jujuan, Sangir Batang Hari, dan Sangir Balai Janggo. Dedi Fitriadi selaku Komisioner Divisi Hukum KPU Solok Selatan mengatakan untuk melakukan pendataan, KPU memiliki kesulitan karena SAD selalu berpindah-pindah tempat dan tidak memiliki kartu identitas.

LEAVE A REPLY